Langsung ke konten utama

Mengenal Dunia Bookstagram dan Pengaruhnya dalam Industri Perbukuan

Apa itu Bookstagram?


Pernahkah kamu mendengar tentang bookstagramer? Apa itu bookstagramer? Bookstagramer adalah sebutan bagi seseorang yang mempromosikan dan mengulas buku melalui media sosial Instagram. Kegiatan ini tumbuh menjadi trend baru di dunia media sosial.


Kebutuhan akan media sosial di dunia saat ini tidak diragukan lagi. Selain membantu kita tetap terhubung dengan teman dan keluarga, media sosial juga membantu kita menemukan minat dan kegiatan baru yang menarik. 


Baca juga : 5 Tips Membuat Akun Bookstagram yang Keren


Salah satu hal yang populer saat ini adalah bookstagraming. Bookstagraming adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan membagikan foto buku yang diposting di akun media sosial, terutama Instagram.





Fenomena bookstagram dan pengaruhnya dalam penjualan buku


Fenomena bookstagram adalah sebuah gerakan di media sosial yang telah mengubah cara orang membaca dan berbagi buku. 


Bookstagram adalah sebuah istilah yang diciptakan untuk menggambarkan akun Instagram yang berfokus pada buku dan bacaan. Mereka yang mengikuti gerakan ini menggunakan media sosial untuk mempromosikan dan menggalakkan bacaan, dan membagikan konten berkaitan dengan buku.


Bookstagram digunakan untuk menggambarkan pemasaran buku di Instagram. Hal ini terutama mencakup posting foto yang ditujukan untuk mempromosikan buku atau memperkenalkan buku baru. 


Bookstagram telah menjadi fenomena yang sangat populer di kalangan pengikut Instagram dan telah memberikan dampak besar dalam penjualan buku. Bookstagram memungkinkan para penulis untuk mencapai audiens yang lebih luas dan mempromosikan buku mereka dengan cara yang menarik perhatian. 




Pengguna instagram tidak hanya dapat mengunggah foto buku mereka, tetapi juga dapat mengunggah foto-foto yang terkait dengan buku, seperti sampul, kutipan(quotes book), dan banyak lagi. Ini membantu para penulis untuk menciptakan tren dalam dunia perbukuan. 


Baca juga : Literarybase : Wadah Bagi Pecinta Literasi dan Booktwit di Twitter


Bookstagram telah mengubah cara orang mempublikasikan bacaan mereka dan melakukan diskusi tentang buku yang mereka baca. 


Dengan menggunakan hashtag yang berhubungan dengan judul buku dan penulis, mereka dapat berbagi konten yang mempromosikan bacaan dan berinteraksi dengan pengguna lain yang juga suka membaca.





Manfaat menjadi Bookstagramer : 


Mengapa seseorang harus menjadi bookstagramer? Berikut beberapa manfaat menjadi bookstagramer:


1. Menjadi bagian dari komunitas buku


Bookstagramer adalah bagian dari komunitas yang semakin besar. Menjadi bookstagramer memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berbagi minat yang sama. Ini adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan berbagi pengalaman baca kamu.


2. Membuat Hubungan dengan Penulis dan Perusahaan Buku


Sebagai seorang bookstagramer, kamu akan dapat membangun hubungan dengan berbagai penulis dan penerbit buku. Hal ini dapat membantumu mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan konten tentang buku di media khusus, menerima bukti cetak buku untuk direview gratis, dan mengikuti acara yang berhubungan dengan buku (bookish).


3. Mendapatkan banyak pengetahuan

 

Menjadi bookstagramer dapat memberi kamu banyak pengetahuan tentang berbagai jenis buku. Kamu juga bisa mendapatkan wawasan tentang berbagai jenis tulisan, mulai dari novel fiksi hingga biografi. Ini akan membantumu mengetahui lebih banyak tentang dunia buku dan membuatmu menjadi seorang ahli di bidang ini.


4. Memperoleh pengakuan 


Jika kamu menjadi bookstagramer yang sukses, kamu akan mendapatkan banyak pengakuan dari orang lain. Orang akan menghargai kamu karena menyebarkan informasi tentang berbagai jenis buku dan menarik perhatian orang lain untuk membaca buku.


5. Menjadi Penulis


Menjadi bookstagramer dapat memberi kamu pengalaman menulis yang menyenangkan. Kamu dapat berbagi buku yang kamu baca dan pendapat kamu tentang buku-buku tersebut dengan orang lain.


6. Mendapat Penghasilan Tambahan


Kamu dapat menghasilkan uang tambahan dengan menjadi bookstagramer. Kamu dapat mendapatkan komisi dari toko buku online atau dari toko buku fisik jika kamu mengiklankan buku mereka di akun Instagram milikmu.


7. Memperluas Jaringan (Networking)


Menjadi bookstagramer akan membantu kamu memperluas jaringan sosial dengan orang lain yang juga menyukai buku. Kamu dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dan berkolaborasi dengan mereka.


8. Menjadi inspirasi bagi orang lain


Dengan menjadi bookstagramer, kamu dapat menginspirasi orang lain untuk membaca buku dan menggali lebih dalam tentang topik yang mereka sukai.


Baca juga : Cara Membuat Anotasi Buku Dengan Mudah


Novel detektif Sherlock Holmes


❤️❤️❤️


Inilah Istilah dalam Dunia Bookstagram dan Artinya


1. TBR (To-Be-Read) - Daftar buku yang akan dibaca.

2. ARC (advance reader copy) - Salinan pembaca awal / Buku yang dikirim kepada pembaca terpilih sebelum perilisannya.

3. Booktuber - Seorang yang membuat video tentang buku

4. Bookstagrammer - Seorang yang memposting tentang buku di Instagram. 

5. Bookstagram - Akun Instagram yang berisi foto buku.

6. Bookhaul - Serangkaian buku yang dibeli/ Buku-buku yang dibeli dalam jumlah besar.

7. Bookstack - Kumpulan buku yang dapat digunakan untuk dekorasi

8. Bookworm - Seorang yang menyukai membaca

9. Shelfie (Shelf + Selfie) - Foto diri yang diambil di rak buku / Foto rak buku

10. Bookmarking - Menandai halaman saat sedang membaca

11. Unboxing - Proses membuka paket yang diterima.

12. Bookstafari - Perjalanan untuk mengunjungi toko buku atau tempat lain yang berhubungan dengan buku.

13. Booktube - Konten video di YouTube yang berisi ulasan buku 

14. Bookish - Berkenaan dengan buku, menunjukkan minat buku.

15. Bookstagram Challenge - Tantangan yang diberikan kepada para bookstagrammers.

16. Tag - Tugas yang harus dilakukan oleh pemilik akun untuk mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama. 

17. Book Tag - Salah satu cara untuk mempromosikan dan berbagi buku dengan orang lain.

18. Literary Fiction - Fiksi yang membuat seseorang berpikir tentang tema-tema moral, etika, dan filosofis.

19. Wrap Up - Rangkuman atau tinjauan tentang buku yang telah dibaca selama periode waktu tertentu.

20. Foto Buku - Foto yang diambil dari karya seni buku atau buku itu sendiri.

21. FOTD - Foto of the Day (Foto Harian)

22. UOTD - Unboxing of the Day (Unboxing Harian)

23. WL - Wishlist (Daftar Keinginan)

24. OWL - Ongoing Wishlist (Daftar Keinginan Berkelanjutan)

25. Spine Poetry - Puisi yang disusun dari judul buku.

26. #Bookstagrammers - Hashtag untuk mempromosikan foto buku di Instagram.

27. Bookstagram Community - Komunitas bookstagram yang terdiri dari para bookstagrammers yang saling berbagi foto, informasi, dan pengalaman tentang buku.


Nah, semoga bermanfaat ya! ❤️


Komentar

  1. Salah satu manfaat bergabung di komunitas pecinta buku adalah dapat banyak referensi bacaan dari segala genre. Yang tadinya males mbaca setelah ngbrol dan dikasi kisi-kisi bukunya jadi tertarik.

    Tapi sudah berapa lama jadi anggota komunitas belum satu pun dari 27 istilah itu saya dengar mbk, hihii...

    Terimakasih informasinya :)

    BalasHapus
  2. Oh ternyataaaaa aku baru tau klo ada istilah2 cem gini.
    Jadi nambah wawasaan
    Makasi mbaaaa

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya istilah dalam dunia bookstagram. Bagi yang suka baca buku, bisa juga nih melirik peluang untuk manjdi bookstagram. Bisa juga follow akun para bookstagramer buat dapat info bacaan bagus

    BalasHapus
  4. Saya sudah 2 tahun belakangan ini menjadi bookstagram. Menyenangkan banget. Selain membuat review buku, mempromosikan buku lewat IG tuh menjadikan pekerjaan review tersebut semakin sempurna.

    BalasHapus
  5. wah, aku baru tahu nih belum gabung komunitasnya, pastinya kalau ada tantangan baca buku bisa makin seru ya dan saling baca hasil review buku-nya

    BalasHapus
  6. wah baru tahu, catat ah istilah2nya
    juga harus cari nih untuk follow karena berguna banget untuk cari buku bagus

    BalasHapus
  7. Daku bisa masuk ke poin 4 dan 5 nih, asiikk.
    Memang seru sih membuat konten tentang buku lalu ulasannya dibagikan ke akun IG, walau tetep ada ulasan lengkapnya juga di blog hehe. Jadi dapat 2

    BalasHapus
  8. Aku suak ngintipin juga beberapa akun bookstagram. Menarik-menarik. Kadang kalau pun gak jadi beli bukunya, setidaknya sudah baca versi flash reviewnya. Kadang malah tertarik beli bukunya.

    BalasHapus
  9. Nah ini penting banget nih..
    Memposting buku yang sudah dibaca bukan hanya semata-mata "pamer" tetapi menjadi catatan tersendiri sehingga ketika ada tawaran dengan pihak penerbit atau penulis, kita memiliki portofolio yang terukur dengan sejumlah postingan yang menarik.

    BalasHapus
  10. Baru tau kalau ada istilah2itu di dunia bookstagram. Seru sih mendokumentasikan buku2 yang dibaca sembari menginfokan buku2 itu ke org lain.
    Jd pengen masukin resolusi rajin bac buku di tahun mendatang :D

    BalasHapus
  11. Banyak yaa istilahnya baru tau aku .kalo bookstagram aku sering lihatnya fanny, ada niat juga aku jad i bookstagram tapi baca bukunya nggak sempat

    BalasHapus
  12. Baca blog ini, aku jadi tau banyak tentang istilah-istilah salam bookstagram ni mbak. Hehe.. Aku suka kalo liat buku yang difoto dengan estetik lalu di upload ke medsos dengan berbagai angle yang tentunya menarik. Bikin pengen cepat-cepat milikin bukunya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com