Langsung ke konten utama

Literarybase : Wadah Bagi Pecinta Literasi dan Booktwit di Twitter


Ada yang pernah dengar Litbase atau Literary Base? Yups, ini menfess di twitter yang dikhususkan untuk berbagi informasi seputar dunia literasi dan buku. Kalau mau ngegosipin buku yang baru dibaca bisa banget nanya di sini. 


Buat yang mau gabung di twitter @LiteraryBase (Litbase), sering-sering aja kamu komen seputar dunia perbukuan di setiap twitnya, pasti bakalan difolbek deh sama admin. 


Kadang juga ada aturan harus Retweet twit sponsor biar difollback. Tapi nggak papa kok. Selama twitnya masih wajar dan nyambung dengan buku ya nggak papa dibantu RT ya. Cara kirim menfess di Litbase tuh gampang banget. Tinggal DM aja @literarybase pakai kata awalan /lt biar masuk dm nya. 


Misal : 


/lt hai gaes, gimana pendapatmu tentang novel Penaka? Aku baru mau beli tapi maju mundur cantik. Share di komen ya



Aturan di Menfess Litbase twitter @Literarybase 


Btw, ada beberapa kata yang nggak boleh dikirim ke Litbase. Biasanya bakal ada notifikasi kalau kita salah nulis kosakata yang dilarang di DM. Meski sebenernya sama aja sih, tetep aja ada yang ngirim menfess kayak gitu juga. 


Misal mau jualan buku, nggak bisa langsung nyebut buku bekasnya dijual di Tokopedia atau Shopee, tapi nulisnya jadi di ijo atau oren. Pakai simbol emoticon apel hijau 🍏 atau jeruk oren 🍊. 




Ini daftar kosakata terlarang di Litbase :


[Litbase Security]


Ups... DM kamu mengandung kata-kata terlarang di bawah ini: 

➖➖➖➖➖➖➖➖➖

⛔ Kata Terlarang

➖➖➖➖➖➖➖➖➖

⛔ 1) bukupelajaran

⛔ 2) dokter

⛔ 3) ebook

⛔ 4) faggot!

⛔ 5) jual

⛔ 6) kedokteran

⛔ 7) kill

⛔ 8) libby

⛔ 9) nazi

⛔ 10) over

⛔ 11) overrated

⛔ 12) pdf

⛔ 13) rated

⛔ 14) retard

⛔ 15) shopee

⛔ 16) tokopedia

⛔ 17) under

⛔ 18) underrated

⛔ 19) usm

⛔ 20) wtb

⛔ 21) wts


Silakan resend dengan alternatif kata lain ya!


πŸ“πŸ“πŸ“



Menurutku:


Hmm... aku nggak tahu alasan kenapa nggak boleh nulis kata "bukupelajaran". Apa karena Litbase tuh basisnya buku fiksi dan nggak boleh bahas pelajaran? Ya, mungkin aja sih. πŸ˜…


Hmm... atau Litbase nggak mau rekomenin buku pelajaran terbaik karena udah ada menfess sendiri yang khusus college atau school atau yang basisnya per kampus perkuliahan. Kayak ITB fess gitu deh.😁


Waktu kapan hari aku pernah ngepost tentang novel yang underrated, aku langsung dapet peringatan kosakata yang harus diganti itu. πŸ₯Ί


Aku pikir, "Ooh, apa mungkin biar nggak menjatuhkan judul buku tertentu ya. Tapi kan ada juga buku yang emang bagus, tapi di sana tuh nggak pernah dibahas atau ratingnya turun banget di Goodreads. Padahal isi novelnya tuh nggak kalah jauh dibanding buku populer lainnya." 


Yaaa, lagi-lagi ini soal selera sih. 


Ada buku yang ngehits karena dibahas sama orang berkali-kali, ada juga yang emang anaknya FOMO aja. Jadi penasaran bukan karena isi novelnya, tapi karena temennya ada yang punya bukunya, trus jadi pengin punya juga. Wkwk. Yaudahlah, apapun itu yang penting bukunya dibaca yaa. Nggak ditimbun aja. Hehe


Ini kejadian kan waktu ada novel dari Ziggy yang dibahas mulu di Litbase, tapi ternyata hanya gara-gara bukunya tuh disebutin di salah satu Alternate Universe (AU) yang bilang salah satu tokohnya suka dengan buku tersebut. 


Jadi, bukan karena bukunya bagus. Iya, emang bagus sih. Tapi pemicunya orang pada ngewar harga sampe lelang jutaan rupiah itu justru karena berawal dari cerita AU yang pake face claim si idol artis korea itu. 


Buku Jakarta Sebelum Pagi adalah sebuah novel karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Buku ini merupakan pemenang sayembara Dewan Kesenian Jakarta di tahun 2014. Novel ini udah pernah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2016 dan dicetak ulang tahun 2022. (Sumber : Wikipedia)


Jadi, apakah pengaruh Litbase sebegitu besar? Aku rasa iya. Dari mulut ke mulut dibahas, akhirnya dibahas terus. Jadinya ada bola salju yang menggelinding dan menjadi besar. Awalnya mungkin cuma dibahas sama satu orang, tapi kemudian dibahas mulu hampir setiap hari. 


Ada beberapa novel lain yang dibahas terus di Litbase, antara lain Laut Bercerita, Notasi, dan Cantik itu Luka. 


Fyi, aku mau bahas 3 novel rekomendasi Litbase ini yah


3 Novel Rekomendasi Twitter @LiteraryBase (Litbase) :


1. Laut Bercerita - Leila Chudori


Yap, bisa dibilang Laut Bercerita ini novel sejarah yang disajikan dalam sudut pandang berbeda karena tidak pernah dituliskan dalam sejarah. Ada mahasiswa yang mendemo pemerintah, tapi justru hilang dan dibungkam aparat. Biru Laut meninggal setelah disiksa dan ditenggelamkan dengan menggunakan tong besar, dan kakinya diberi pemberat besi. Lalu jasadnya ditenggelamkan di laut sekitar Jakarta. 


Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori


Novel Laut Bercerita ini bikin kejadian tragedi Mei 1998 jadi keinget terus. Mungkin aku juga nggak akan tahu detail pemicu kejadian kerusuhannya kalau nggak baca novel ini. Meski novelnya fiksi, tapi ada karakter tokohnya yang terinspirasi dari tokoh asli di dunia nyata.


Tahun 1998 tuh, aku baru berumur 10 tahun lho. Pas itu seingetku, ada peringatan untuk nggak keluar rumah karena ada pendemo yang merusak fasilitas toko milik etnis China. Di kota Tegal juga terjadi hal ini, jadi nggak hanya terjadi di Jakarta dan sekitarnya. 


Surat Biru Laut untuk Anjani di novel Laut Bercerita

Overall, aku rekomendasiin buku ini, tapi ada trigger warning ya, dan harap bijak karena yang baca harusnya udah usia minimal 21 lah, soalnya ada adegan 'begituan' juga. Sedangkan yang baca menfess bisa jadi anaknya masih sekolah dan belum usia mature. 


2. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan


Sebelum rame dibahas di Litbase, temenku udah pernah review buku ini di blog klub buku Milana yang dulu pernah kami bikin. Btw, waktu itu karena aku nggak gitu suka sastra, jadi nggak tahu isinya gimana. Tapi abis baca bukunya jadi mikir sih....


Sastra itu nggak bisa dipahami hanya dalam sekali baca. Seringkali bahasan di novel sastra tidak secara eksplisit menjelaskan makna ceritanya, jadi lebih ke perumpamaan. Ya, sama kayak novel Cantik itu Luka ini. 


Cerita novel Cantik Itu Luka dibuka dengan kejadian bangkitnya mayat Nyai Dewi yang cantik banget. Dia meninggal dan dikubur, tapi bangkit lagi. Ternyata, novel ini berhubungan dengan tragedi yang terjadi di tahun penjajahan Jepang dan komunis (PKI) di mana banyak perempuan yang dijadikan pemuas nafsu. 


Yaaah.. Bahkan, si ibu ini ketemu dengan anaknya yang dikasih nama Cantik, padahal aslinya wajah itu buruk rupa mirip babi gosong gitu. 


Novel sastra indonesia
Novel cantik itu Luka (dokpri ig @ilarizky)


Nah, silsilah lahirnya tokoh bernama "Cantik" ini yang bikin aku melongo, saking absurd banget. Ibunya entah kawin sama siapa aja. Udahlah campur aduh nggak jelas. Bahkan, ada tokoh yang kawin incest juga. Hadeehh


Aduh, level ngerinya susah diungkapkan. Tapi, novel ini disturbing banget. Jadi, bakalan bikin jijik dan ngeri buat pembaca. Cukup sekali deh baca novelnya. 


3. Notasi - Morra Quatro


Aku lupa baca novel ini kapan yaa. Udah lama banget sih. Sekitar 2016 an. Waktu itu adekku yang saranin baca novel Notasi. Ceritanya ya mirip dengan Laut Bercerita, tentang kerusuhan 98 itu. Hanya saja, ini terjadi di UGM dan berdasarkan cerita nyata. Baca resensi novel Notasi karya Morra Quatro di sini ya. (Klik linknya)


Denger-denger sih buku Notasi ini dicetak ulang lagi setelah ada banyak permintaan cetak ulang. Meskipun dicetak dalam edisi terbatas, tapi ada tambahan surat dari tokoh dalam novelnya. 


Resensi buku notasi karya Morra Quatro

Menurutku, novel Notasi ini bagus. Aku juga beli 1 pcs lagi pas ada bazar di Gramedia. Untungnya dapet harga murah. Eh, nggak nyangka ternyata novel Notasi malah dibikin versi terbarunya yang pakai cover warna merah. 


Overall, segitu aja deh aku cerita tentang lika liku dunia Litbase. Semoga bermanfaat ya! 


Yang mau temenan di twitter bisa follow akunku @ila_rizky. Okey? ❤️


Foto : 

Dokpri ig @ilarizky dan twitter @literarybase


Komentar

  1. Aku udah baca cantik itu luka. Jujur gak suka karena banyak adegan mesumnya. Pingin baca buku laut bercerita, tapi gak mau baca adegan itunya.

    BalasHapus
  2. Aku baru tau tentang akun litbase ini, dan baru nyambung kenapa beberapa waktu lalu sempet banyak yg DM aku di IG apakah buku Jakarta Sebelum Pagi dan Notasi yg aku punya mau dilepas. Ternyata ini toh pencetusnya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital