Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Perjalanan Obi by Sayidah Rohmah



Judul Buku : Perjalanan Obi

Penulis : Sayidah Rohmah

Penerbit : Tiga Ananda

Terbit : November 2018

Genre : buku anak/pictorial book

Tebal : 36 halaman

ISBN : 978-602-366-646-1

Rating : 5/5 🌟


Baca ebook di aplikasi Ipusnas



❤️❤️❤️


[Sinopsis Buku Anak] Perjalanan Obi by Sayidah Rohmah : 


Obi adalah mobil besi mainan yang telah rusak dan dibuang. Dia tetap ingin dapat dimainkan oleh anak-anak. Melalui proses daur ulang, itu dapat terjadi. 


Yuk, ikuti perjalanan daur ulang sampah besi melalui cerita dalam buku ini.





❤️❤️❤️


[Resensi Buku Anak] Perjalanan Obi by Sayidah Rohmah : 


Buku anak berjudul Perjalanan Obi ini berkisah tentang Obi yang merupakan mobil besi mainan. Dulu, ia merupakan mobil kesayangan. Sayang, ia kini sudah rusak dan dibuang di tempat yang kotor. 


Ibu menemukan Obi dan menyimpannya di kardus. Setelah itu, ibu memberikan kardus berisi barang bekas pada petugas sortir sampah. 


Di tempat pembuangan sampah inilah barang-barang disortir untuk bisa didaur ulang sehingga menghasilkan barang yang lebih bermanfaat lagi.Salah satunya adalah Obi. 


Obi dihancurkan menjadi serbuk besi, lalu didaur ulang untuk menjadi barang yang lebih bermanfaat lagi. Proses daur ulang inilah yang dikisahkan oleh penulis dalam buku anak ini. 


Menariknya, penulis tidak hanya bercerita menggunakan narasi, tapi ilustrasinya juga menunjukkan bagaimana proses daur ulang tersebut. Sehingga, anak-anak lebih paham seperti apa proses daur ulang dari barang-barang bekas yang dulu pernah ada di rumah mereka.


Cerita dalam buku anak ini menggunakan konsep cerita berima yang artinya di belakang setiap kalimat hurufnya sama.


Misal : 


Di sana, Obi dimasukkan dalam mesin pencacah. 

Air disemprotkan, membuat tubuhnya basah

Ketika keluar, Obi telah menjadi potongan kecil. 

Ia tak lagi terlihat dekil.


Ada lagi nih :


Apapun bentuknya, Obi tetap bersemangat.

Ia senang dapat kembali bermanfaat. 

Bermain bersamamu terasa semakin nikmat.


Nah, di akhir cerita, penulis pun juga menyisipkan pesan dan tips mengelola sampah besi agar bisa didaur ulang.


Pembaca anak bisa lebih paham bagaimana caranya memilah sampah dengan bijak setelah membaca buku anak ini.




Menurut saya, buku anak ini sangat bermanfaat karena cara berceritanya unik dengan menggunakan rima yaitu irama yang sama dalam satu kalimat. Jadi, satu paragraf cerita itu, huruf belakangnya membentuk rima.


Yups, yang menarik adalah ketika kalimat dalam buku dibaca dengan nyaring, pembaca anak akan merasa cerita ini seru dan asyik. 😁


Overall, rating buku 5 🌟 untuk buku Perjalanan Obi.


Nah, selamat membaca ya! ❤️


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com