Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Teenlit] Brisbane - Leyla Hana



Judul buku : Brisbane - Pesan Cinta Terhalang

Penulis : Leyla Hana

Penerbit : Dar! Mizan

Terbit : cetakan pertama, 2014

Tebal : 207 halaman

ISBN : 978-602-242-492-5

Genre : novel teenlit

Rating : 3/5 🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku Brisbane - Leyla Hana : 


Sejak kecil, Raka tak pernah bisa lepas dari Anggia, adik kembarnya. Dia selalu ingin bersama Anggia, ke mana pun mereka pergi. Bagaimana bila Anggia melanjutkan kuliah di Brisbane? Raka akan berpisah dengan Anggia untuk waktu yang tak sebentar.


Raka dan Anggia memang bersaudara kembar, tetapi mereka merasa aneh mengapa orang-orang selalu meragukan bahwa keduanya bersaudara? 


Raka juga heran dengan dirinya yang begitu menyayangi Anggia, dan menjadi sangat bergantung. Begitu juga Anggia. 


Secara tak sadar, dia tak ingin Raka berhubungan dengan gadis mana pun. Namun, untuk berpikir bahwa mereka punya rasa selain kasih sayang kakak beradik, sungguh tak mungkin.


❤️❤️❤️


Resensi Buku Brisbane - Leyla Hana : 


Pernahkah kamu melihat 2 orang anak kembar yang tidak identik? 


Novel Brisbane ini mengisahkan tentang Raka dan Anggia, dua anak kembar dari pasangan Rahman dan Lidya. Keduanya saling bergantung satu sama lain. Namun  perbedaannya adalah Anggia lebih mandiri dan Raka lebih manja pada ibunya. 


Lidya tidak pernah melepas Raka ke luar rumah tanpa pengawasan darinya. Segala hal tentang Raka dikontrol oleh Lidya. Sedangkan Anggia dibiarkan bertumbuh tanpa intervensi ibunya. Seolah, Ibunya memberikan kasih sayang yang timpang dam tidak adil pada kedua anaknya.


Baca juga : [Review] Aku Juliet : Kisah Cinta Terhalang Dendam


Awalnya, Lidya melahirkan di sebuah rumah sakit. Bayi laki-laki yang dilahirkannya sangat sehat. Ada sebuah kejadian yang membuat Lidya iba pada bayi perempuan yang dilahirkan di RS itu tanpa ibunya. 


Katanya, bayi itu ditinggalkan begitu saja di rumah sakit. Karena itulah, Lidya meminta ijin suaminya untuk mengadopsi anak itu. 


Selang beberapa bulan, tak ada kabar dari RS. Bayi itu pun menjadi keluarga dan anak adopsi resmi. 


Sejak itu, Anggia dianggap anak kandung oleh pasangan tersebut. Sayangnya, hingga SMA, Lidya dan Rahman tak pernah memberitahu rahasia kelahiran Anggia. 


Novel Brisbane karya Leyla Hana

Raka dan Anggia selalu dikenalkan sebagai anak kembar tidak identik. Masalahnya, wajah Anggia sama sekali berbeda dari ayah, ibu, dan juga Raka. 😨


Selain itu, Raka juga tidak secerdas Anggia dalam hal prestasi akademik. Anggia cerdas di bidang akademik, sedangkan Raka lebih suka musik dan olahraga. Sayang ortunya tidak mengizinkan dia memilih jalur itu.🥺


Saat kelulusan SMA, Anggia ingin meneruskan kuliah di Australia. Setelah melewati pemberkasan beasiswa, Anggia pun dinyatakan lulus dan mendapat beasiswa di Brisbane. Namun, Raka justru belum mendapatkan kampus yang diinginkan. 


Nilai Raka sangat pas-pasan sehingga membuat ibu dan ayahnya khawatir dengan masa depannya. Apalagi masuk kuliah harus lewat tes, dan Raka sangat santai menghadapi itu.


Alih-alih memikirkan tentang kampus yang akan dimasuki, Raka malah menyusul Anggia 2 bulan kemudian. Hah, kok bisa? 😮😨


💟💟💟


CITA-CITA


Memandangmu di bawah sinar bulan. Kutemukan dua keindahan; wajah rembulan dan wajahmu.

Entah mengapa kurasakan gejolak hati ini. Aku tidak tahu sejak kapan adanya.

Hati pun tidak bisa berbohong. Keterikatan di antara kita sudah lama.

Bagiku kau adalah separuh ragaku. Tak akan mungkin raga ini terpisahkan.


Novel Brisbane, hlm 21






💟💟💟


Di Brisbane, Anggia dan Raka mulai menyadari ada masalah besar yang menghadang. Bukan soal pendidikan, melainkan kenyataan bahwa Anggia bukanlah anak kandung, melainkan anak adopsi. Artinya, keduanya bukanlah anak kembar. Tak ada ikatan darah. 


Getar-getar perasaan yang dirasakan Raka dan Anggia selama ini terjawab sudah. Bukankah memang tidak ada ikatan darah di antara Anggia dan Raka.


Lalu, bagaimana akhir dari kerumitan kisah ini? 


Baca juga : [Resensi Buku] Jangan Diklik #1: Rahasia Ayu - Lexie Xu


❤️❤️❤️


Menurut saya : 


Novel Brisbane karya Leyla Hana ini kisahnya sangat simple. Bahkan saya bisa menghabiskan baca novelnya dalam waktu beberapa jam saja. 


Saya baca novel Brisbane di aplikasi Ipusnas. Memang, novel remaja ini terbilang novel lama sih. Terbitan tahun 2014. Kalau kamu mau cari di perpus mungkin ada buku fisiknya yah. 😁


Novel Brisbane terbilang ringan, dan konfliknya bisa ditebak di awal cerita. Jadi, nggak terlalu banyak kejutan, kecuali siapa ayah dan ibu kandung Anggia. 


Well... Ternyata adegan ini bikin saya kaget juga. Kok bisa ada ayah kayak dia. Ededeh. Haha. Antara gemes campur kesel sih pas Anggia ketemu sama ayah kandungnya di Australia. 


Pesan bunda : "tidak boleh saling bersentuhan"


Kesannya kayak gampang banget ketemu sama dia. Ditambah lagi, alasan nggak mau mengakui sebagai anak kandung. Duh, bikin emosik dah. 😡


Yang bikin saya sebel lagi, karakter Raka yang beneran anak bunda banget. Wkwk. Dia tuh nggak pernah kemana-mana, sekalinya pergi keluar negeri langsung jauh pula. Pantesan Anggia sebel banget pas tahu tujuan Raka ke Brisbane mau ngapain. 


"Hah? Kakak buang-buang duit ayah cuma ingin mencari jati diri?" 


Yaaa, kalau dipikir-pikir Raka nih gabut banget ya. Haha. Bisa-bisanya merajuk ke ayahnya sampe mau dibayarin buat ke Brisbane. 


Anyway, endingnya lumayan sih. Meski udah ketebak juga bakalan kayak gimana. 


Oh iya, Cover novelnya mirip series STPC dari Penerbit Gagas. Hanya saja, baru separuh novel settingnya pindah ke Brisbane. Pembaca jadi serasa ikut diajak jalan-jalan di Brisbane dan Gold Coast. 


Hmm... Saya malah ngerasa kedatangan ayah kandung Anggia terlalu terburu-buru, trus juga kayak nggak guna juga dia ada di dunia ini. Lol. Ayah yang cuma ngasih nafkah lahir aja buat anaknya, tanpa diakui. Diih, laki macam apa itu. Haha


Ketakutan Lidya tentang anaknya yang jatuh cinta sama Anggia ini agak meresahkan ya, bund. Kalau dipikir-pikir kok bisa suaminya menyimpan rahasia siapa ayah kandung Anggia ke istri sendiri. Padahal kalau dijadiin anak adopsi, harusnya sih tahu siapa keluarga kandungnya biar hati tentram. Paling nggak, nggak suudzon itu anak haram. Padahal aslinya kan enggak. Haddehh


Intinya sih Rahman dan Lidya juga saling menyimpan rahasia satu sama lain. Jadi, kalau dipikir-pikir, semua masalah ini berawal dari komunikasi. 


Kalau saja Rahman dengan jujur minta istrinya ikut mengurus anak yang ditinggal ibunya, pasti nggak perlu ada drama. Ya, namanya juga novel sih. Hehe


Untungnya cara bercerita mb Leyla sangat lancar sampai ending, meski ada beberapa typo di novelnya yang harus diperbaiki.


Baca juga : [Resensi Buku] Hujan karya Tere Liye


Novel Brisbane karya mba Leyla Hana ini sekilas seperti kisah-kisah ala sinetron FTV, meskipun begitu masih worth it buat dibaca kok. Hehe


Hanya saja, di bab awal saya merasa penceritaan babnya agak datar dan nggak ada konflik yang meruncing. Barulah menjelang ending konfliknya memanas. 


Overall, rating novel Brisbane : 3/5 🌟


Nah, kalau kamu gimana? Pernah lihat ada kembar tidak identik, atau pernah tau anak adopsi yang bermasalah karena asal usulnya yang rumit? 


Share dong di komentar yah. Thank youu~ ❤️


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital