Langsung ke konten utama

Rekomendasi 5 Novel Romance Yang Bisa Dipinjam di Aplikasi Ipusnas



Halo teman-teman, gimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia yaa. Kali ini aku akan bahas rekomendasi 5 novel romance yang bisa dibaca di aplikasi Ipusnas.

Aplikasi Ipusnas ini punya Perpustakaan Nasional ya. Buku yang bisa kita pinjam sebanyak 10 buku dan masa peminjaman hingga 5 hari. Jadi, kamu bisa punya waktu 5 hari untuk menghabiskan bacaanmu.

Jika dalam waktu 5 hari belum selesai, kamu bisa perpanjang. Nah, kali ini aku mau langsung bahas apa aja buku yang masuk list! 

Rekomendasi 5 Novel Romance Yang Bisa Dipinjam di Aplikasi Ipusnas


1. Gloomy Gift - Rhein Fathia


Aku pertama kali baca novel Gloomy Gift ini pas bukunya perdana terbit. Rasanya seneng banget bisa nemu buku ini lagi, mengingat novel Gloomy Gift udah nggak dicetak ulang. 


Kalau kamu suka romance dengan bumbu thriller yang ada adegan kejar-kejaran dan tembak-tembakan, kamu bisa baca buku ini. Dijamin bikin merinding sekaligus terharu. Keknya kenapa menjelang nikah tuh ada aja masalahnya yaa. Wkwk. 


Aku malah bayangin novel ini difilmkan, pasti seru deh! Semoga ada PH yang kontak penulisnya dan deal yaa. 🤩




Sinopsis Buku Gloomy Gift - Rhein Fathia:


Kupandangi kamu dengan wajah memelas. Berharap kamu mau menyingkap apa yang sedang kita alami sekarang. Kamu tetap pada pendirianmu, bungkam. Pura-pura tak ada hal besar yang baru saja terjadi.

Bagaimana mungkin semua baik-baik saja? Di hari pertunangan kita, segerombolan orang menyerbu rumah. Tembakkan diletuskan. Peluru. Jeritan orang-orang. Dan, kamu membawaku kabur masih dengan kebaya impian yang kini terasa menyiksa dipakai di saat yang tak sepantasnya.

Hari yang seharusnya bahagia, menjelma tegang dan penuh tanya. Kenapa kita harus lari? Belum cukupkah aku mengenalmu sejauh ini?

Aku tak siap menyambut kenyataan. Tak siap jika harus kehilangan. Tak kuat menahan rasa takut yang berkepanjangan.


2. Rent a Boyfriend (Pacar Pura-Pura) - Gloria Chao


Novel Rent a Boyfriend ini hampir mirip dengan kisah di film dan novel Love For Sale. Wkwk. 


Ceritanya tentang seorang cewek yang desperate sama kisah cintanya. 


Trus, biar ortunya nggak nanyain lagi siapa pacarnya, yaudah deh... dia sewa pacar buat datang rumahnya. Yaaa... sekadar pura-pura jadi kekasih sementara. Hahaha


Lha... kok malah pas pertemuan perdana, ortu si cewek udah takjub dengan sederet fakta yang dijabarkan sama anaknya tentang siapa calon menantunya. 


Katanya... cowok itu anak yang memenuhi kriteria ortu si cewek. Termasuk paham juga dengan adat dan budaya ala keluarga China. 


Novelnya lucu dan menggemaskan. Yang suka novel ala romansa komedi, pasti bakal suka sama kisahnya. 


Penasaran dong gimana kisahnya? Capcus baca di aplikasi Ipusnas!



Sinopsis Buku Rent a Boyfriend - Gloria Chao : 


Chloe Wang gugup karena harus memperkenalkan sang pacar ke orangtuanya, karena sesungguhnya, dia bahkan belum pernah bertemu cowok itu. Chloe menyewa jasanya dari Rent for Your ‘Rents, perusahaan yang bergerak di bidang jasa pacar bohongan yang dilatih khusus untuk mengambil hati para orangtua Asia yang paling tradisional.

Ketertarikan Drew Chan sesungguhnya adalah pada dunia seni, tapi setelah dibuang orangtuanya karena meninggalkan kuliah demi mengejar mimpi, ia menjadi karyawan Rent for Your ‘Rents demi bertahan hidup. Untungnya, mempelajari protokol seperti “Orangtua Tipe C lebih suka sikap yang tenang, baik hati, dan sama sekali tak boleh ada pamer kemesraan di depan orang banyak” dapat ia terapkan secara natural.

Saat Chloe mempekerjakan Drew, misinya sederhana: meyakinkan orangtuanya bahwa Drew-palsu layak mendapat restu supaya mereka berhenti menekannya untuk menerima lamaran Hongbo, bujangan paling kaya dan muda dalam komunitas Asia Amerika mereka.

Tetapi ketika Chloe mulai jatuh cinta pada Drew-asli—yang, tidak seperti persona palsunya, sama sekali tidak bakal direstui orangtuanya—kehidupannya yang sangat tertata mulai terurai. Apa yang harus ia lakukan sebelum ia kehilangan segalanya?


3. Love & Gelato - Jenna Evans Welch


Novel Love & Gelato ini bahas tentang Lina, seorang cewek yang terpaksa tinggal sama ayahnya di sebuah kuburan tua. Yups, kamu nggak salah baca. Wkwk. 


Jadi si cewe baru tahu kalo dia punya ayah yang masih hidup waktu ibunya mau meninggal. Ibunya cerita dia dulu punya kekasih (yups... mereka tuh nggak nikah, tapi ibunya ternyata sampe hamidun)


Si cewe dikasih tiket buat ke rumah ayahnya. Nggak tahunya, ayahnya kerja sebagai penjaga kuburan tua korban Perang Dunia II. 


Nah, di negara yang baru ini, dia kenalan sama Ren, teman barunya dan saling jatuh cinta. 


Adegan paling memorable tuh pas awal-awal Lina kenal sama ayahnya. Beneran kayak orang asing. Huhu 


Trus, ni cewek kok malah nyambung ngobrol sama seorang cowok asing yang ngajak kenalan. 😆


Yang seru, gambaran rumah si cowo yang di lokasinya dekat bukit belakang itu nyentrik banget. Haha. Selain itu, dia deket juga sama ibunya. Jadi berasa bestie. Haha




Sinopsis Buku Love & Gelato - Jenna Evans Welch : 


Carolina Emerson (Lina) akhirnya tiba di Italia dan tinggal di rumah ayahnya, Howard. Rumah yang ditinggalinya pun lokasinya tidak biasa. Lebih tepatnya berada di area pemakaman. Wah kok bisa lokasinya di tengah pemakaman? Howard bekerja sebagai pengurus pemakaman Florence American Cemetery & Memorial. Memang bukan pemakaman yang masih 'aktif' tapi tetap saja bikin merinding bila tinggal di rumah yang sekelilingnya dipenuhi dengan jajaran batu nisan.


Setelah kematian ibunya, Lina dilanda duka yang sangat mendalam. Sesuai dengan permintaan terakhir ibunya dan dorongan dari neneknya, Lina akhirnya mengiyakan untuk terbang ke Italia dan tinggal bersama Howard di Florence. Setidaknya selama musim panas ini saja.


Awal pertemuan Lina dan Howard terbilang cukup canggung. Selama 16 tahun masa hidupnya, ini pertama kalinya bagi Lina mengetahui sosok Howard. Tapi kenapa Howard tidak pernah mengunjunginya? Kenapa Howard tak pernah menghubunginya? Kenapa baru sekarang setelah ibunya meninggal, Lina dipertemukan dengan Howard?


Love & Gelato ini novel yang manis. Kita akan diajak jalan-jalan di Florence, mengunjungi sejumlah tempat menarik seperti Duomo, dan Ponte Vecchio. Sampai menguak tempat yang disebut sebagai toko roti rahasia. Juga membahas berbagai cerita sejarah, seperti Florence yang disebut sebagai tempat lahirnya Renaissance dan Rape of the Sabine Women. Petualangan Lina dan Ren benar-benar seru dan berkesan.


Jurnal Hadley menjadi penghubung untuk Lina bisa menjelajahi banyak tempat menarik. Sekaligus bisa menemukan jawaban akan sosok Howard yang sebenarnya. Ada yang disebut dengan X. Ada kejadian-kejadian yang selama ini tak pernah diceritakan Hadley semasa hidup pada Lina.


4. Gadis Jeruk - Jostein Gaarder


Novel Gadis Jeruk karya Jostein Gaarder ini ringan, tapi tetep padet sih. Kisahnya tentang Georg, anak cowok yang nemu diary dan surat dari ayahnya yang udah meninggal. 


Diary ini membahas tentang seorang gadis yang ditemui ayahnya waktu masih muda. Jadi ayahnya cerita pertemuan dengan si gadis jeruk ini. 


Gadis yang bikin dia penasaran banget dan terobsesi. Ibaratnya tuh kayak love at first sight gitu. 


Mereka ketemu pertama kali pas keduanya naik kendaraan umum (seingetku naik trem), trus jeruk yang dibawa si gadis itu berhamburan. Jadi, si cowok bantuin ambil. Tapi malah dijutekin sama gadis ini. Wkwk


Novelnya bagus dan detail kejadiannya tuh seru. Berasa diajak menelusuri jejak kenangan lewat tulisan si ayah ini.



Sinopsis Buku Gadis Jeruk - Jostein Gaarder : 


Aku mesti mengajukan pertanyaan serius kepadamu, Georg, dan itulah sebabnya aku menulis. Akan tetapi, agar mampu mengajukan pertanyaan ini, pertama-tama aku harus menyampaikan cerita sedih yang telah kujanjikan kepadamu tadi.


Aku sudah berniat untuk menceritakan kepadamu kisah Gadis Jeruk suatu waktu nanti, semasa kau hidup.


Bagaimana perasaan Anda jika mendapat surat seperti di atas dari ayah Anda yang meninggal sebelas tahun yang lalu? Bingung, tentunya.


Itulah yang dialami Georg pada usianya yang ke-15 tahun. Dia tak habis pikir mengapa ayahnya, di kala menjelang wafat, memutuskan untuk menuliskan kisah cintanya dengan seorang gadis misterius. Si Gadis Jeruk, demikian ayahnya menyebut gadis tersebut. Siapa sebenarnya si Gadis Jeruk itu? Dan mengapa pula ayahnya menanyakan kabar Teleskop Ruang Angkasa Hubble?


Sepanjang isi buku ini, bersama Georg, Anda akan diajak menjelajahi sebuah dunia yang di dalamnya kehidupan nyata dijalani seperti dalam dongeng. Dari sebuah kisah cinta, beralih ke perenungan tentang alam semesta, sampai pada pertanyaan filosofis tentang hidup, akhirnya mungkin Anda pun bisa menjawab pertanyaan ayah Georg: sebuah pertanyaan yang sangat penting bagi hidup kita.


5. Jodoh - Fahd Pahdepie


Aku bingung mau bahas novel Jodoh karya Fahd Pahdepie ini gimana. Haha. Intinya sih aku pernah baca cerita buku ini sebelum jadi buku. 


Baca buku Jodoh ini emang sangat personal buatku,  karena merasa related dengan tulisannya. Mungkin buat orang lain buku ini biasa aja, well... namanya juga selera ya. Yang jelas buku ini cocok dibaca saat sedang jatuh cinta. *uhuk 😝


Aku takjub masih bisa nemu versi ebooknya di aplikasi Ipusnas. Seingatku, buku ini udah masuk list buku murah Mizan Grup, jadi kemungkinan nggak cetak ulang. Hehe


Dulu Fahd Pahdepie sering nulis potongan artikel di blog dan fanpagenya. Nah, buku ini semacam kumpulan kisah dari blog itu, tapi punya satu benang merah yang sama yaitu tentang jodoh. 


Jadi, buat kamu yang penasaran kek gimana sih perkara jodoh bisa dibahas dalam 1 buku yang padet gini? Mending kepoin aja deh isi bukunya kayak apa. 😛




Sinopsis Buku Jodoh - Fahd Pahdepie : 


Apa itu jodoh? Barangkali kau sering bertanya-tanya tentangnya.

Barangkali imajinasimu tentang belahan jiwa begitu sederhana: di tepi pantai, kau mengandaikan ada orang di seberang sana, yang tengah menunggumu untuk berlayar. Namun di saat yang sama, terkadang kau justru meragu, sehingga seringkali hanya bisa menunggu, mendambakan orang yang kau nantikan itu akan lebih dulu merakit sampannya, mengayun dayungnya, dan mengarahkan kompasnya untuk menjemputmu.

Tetapi laut, ombak, dan isinya selalu menjadi misteri yang tak terduga-duga, bukan? Orang yang kau sangka belahan jiwa sering kali hanyalah perantara, atau justru pengalih perhatian dari belahan jiwamu yang sesungguhnya.

Lalu, kepada siapakah seharusnya kita menambatkan sauh? Di manakah semestinya kita meninggalkan kompas? Kapankah kita perlu menantang nasib, garis tangan, dan rasi bintang?

Ini adalah kisah tentang seorang laki-laki dan perempuan, yang memutuskan untuk berlayar—jauh sebelum mereka mengenal ketakutan; jauh sebelum mereka bisa membaca arah atau menebak cuaca; bahkan jauh sebelum mereka disibukkan dengan pertanyaan-pertanyaan tentang waktu, takdir, cinta, dan jodoh itu sendiri.


Nah, kalau kamu gimana? Pernah baca buku romance apa aja di aplikasi Ipusnas? Share dong rekomendasi novel favoritmu di komentar. 🤩


❤️❤️❤️


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com