Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

30 January 2014

Resensi Buku : Summer in London (Kumcer)


Judul : Summer in London
Penulis : Erna Fitrini, dkk
Terbit : November 2012
Penerbit : Dar! Mizan
Tebal : 92 halaman
ISBN : 978-602-242-117-7
Rating : 3/5

Sinopsis Buku :

Musim panas kali ini, Minmie mengunjungi John dan Daisy. Mereka adalah sepupu Minmie yang tinggal di London. Minmie dan John sebaya. Sementara Daisy berusia sekitar lima tahun. Minmie, John dan Daisy berencana pergi ke London Zoo Mereka pergi dengan menggunakan mobil Paman Henry, ayah John.

Waaah… bagaimana ya perjalanan Minmie selama di London? Peristiwa apa saja yang Minmie alami? Eit, jangan lewatkan delapan catatan perjalanan Minmie lainnya. Seru, lho!

Resensi Buku :

Beberapa tahun lalu saya pernah melihat seorang teman sharing cover bukunya yang bergambar Minmie, saat itu saya belum tau siapa Minmie. Saat ke Bandung, seorang teman membahas lagi tentang buku bercover Minmie ini. Saya jadi penasaran. Namun, seiring waktu saya lupa dengan rasa penasaran saya. Saat saya sudah lupa, justru seorang teman lainnya mengirimkan buku ini karena saya menang kuis di Rumah Riang. Jujur, saya masih belum tahu apa dan siapa Minmie. Secara garis besar seperti yang diceritakan teman yang di Bandung, yang saya tahu Minmie adalah karakter anak perempuan, salah satu yang difrancisekan, hingga mirip seperti Hello Kitty atau tokoh kartun lainnya, souvenir dan segala hal berbau Minmie tak luput dijual dan dipasarkan di toko-toko di Indonesia. Minmie seperti princess, lengkap dengan senyum manis dan pita berwarna pink. Rambut panjangnya yang ikal pun tergerai indah.

Saat saya membuka satu persatu halaman buku ini, saya jadi tahu, Minmie adalah salah satu karakter yang diadaptasi oleh beberapa teman untuk dituliskan kisahnya. Ada 9 catatan perjalanan dengan tokoh Minmie sebagai tokoh utamanya. Tagline yang diusung adalah : Minmie around the world. Bersama sahabat dan sepupunya, Minmie melakukan perjalanan keliling dunia dan mengalami banyak yang menarik.

Minmie pergi ke London, menara Petronas, jembatan Bosporus, tembok raksasa di China, Kuta, dll. Setiap kisah petualangan Minmie, penulisnya berusaha menyisipkan informasi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh anak-anak. Juga, pengalaman seru seperti menjadi detektif, membersihkan luka karena gigitan ubur-ubur, dll. Dengan membaca buku ini, anak-anak akan mendapatkan informasi yang menarik dan juga petualangan seru keliling dunia bersama Minmie. Yang saya amati, huruf di buku ini terlalu besar, atau memang mungkin karena target pembacanya adalah anak usia 6-9 tahun ya? Biasanya kalo novel anak, ukuran hurufnya tidak sebesar di buku ini. 

Buku kumpulan cerita ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang berwarna warni. Penulis mengajak pembaca menemani Minmie menyusuri Venesia dengan Gondola sambil bernyanyi di atasnya ataupun naik Skybridge. Kamu juga bisa sedikit belajar bahasa asing seperti Minmie. Pasti seru ya!

4 comments:

  1. wahaha langsung ngebayangin naik gondola :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah menuliskan tentang buku ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mba Erna. Senang bisa baca buku ini.:)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^