Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

25 January 2014

Resensi Buku : Syarah Hadits Arba’in An-Nawawiyyah - Ibnu Aththar





Judul : Syarah Hadits Arba’i An-Nawawiyyah
Penulis : Ibnu Aththar
Terbit : Juli 2013
Penerbit : Tiga Serangkai
ISBN : 978-602-9211-82-5
Tebal : 196 halm


Resensi Buku :
Islam agama yang mulia mempunyai dua sumber utama dalam mengarungi kehidupan yaitu al quran dan hadits. Rasulullah mengatakan bahwa umat islam yang memegang erat kedua sumber ini dan mengamalkannya akan menjadi manusia yang mulia dunia dan akhirat. Bukankah memang ini yang dicari oleh kita?

Al Quran adalah pedoman hidup yang utama, lalu yang kedua adalah hadits. Hadits memiliki beberapa versi yang diriwayatkan oleh para perawi di zaman Nabi Muhammad masih hidup. Versinya ada banyak, dari yang sanadnya kuat hingga lemah semuanya ada, namun ada 42 hadits utama yang merupakan inti dari ajaran Islam. Saat itulah, hadits digunakan untuk menguatkan penjelasan yang sudah ada dalam al Quran. Betapa mulia keutamaan orang yang belajar hadits, lalu menyampaikannya kepada orang-orang di sekitarnya. Hidupnya di dunia bermanfaat bagi orang lain dan di akhirat sangat mulia di hadapan Allah. Setiap muslim pasti mengidamkan kemuliaan seperti itu. Tentu saja itu tidak mudah dilakukan tetapi jangan pesimis dulu.

Nah, mengapa harus 42 hadits? Karena seperti yang sudah dikatakan di awal, inilah inti ajaran Islam. Apa saja? Ini dia salah satunya : pentingnya niat dalam ibadah, islam, iman, ihsan dan hari kiamat, rukun islam proses penciptaan dan takdir manusia perkara bid’ah, halal, haram dan syubhat, komitmen orang beriman, dll. Kesemuanya adalah inti ajaran Islam yang rahmatallilalamin, memberikan rahmat bagi seluruh umat manusia. 

Sekarang sudah ada buku  syarah hadits arbain An-Nawawiyyah yang berisi 42 hadits Rasulullah saw. Dengan adanya buku ini, Insya Allah kita akan dipermudah untuk mendapat keutamaan tersebut. Sebab, hadits-hadits yang disampaikan dalam buku ini dilengkapi dengan terjemah tiap-tiap hadist, penjelasan makna kata atau kalimat yang sulit, dan penjelasan kandungan tiap-tiap hadits secara keseluruhan.

Dengan begitu kita bisa dengan mudah memahami makna yang ada dalam hadits tersebut. Sudah siap membaca hadits ini dan menelaahnya? Yuk perkaya imanmu dengan mengkajinya sekarang juga.  ;)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^