Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

30 April 2017

[Resensi Buku] I For You by Orizuka


Judul Buku : I For You
Pengarang : Orizuka
Penerbit : Gagas Media
Terbit : 2012
Tebal : 380 hlm.
ISBN : 979-780-554-9
Rating : 3,5/5 bintang


Suatu hari dalam hidupku, kau dan aku bertemu. Masih jelas di ingatanku sosokmu yang memukauku. Lidahku jadi kelu, mulutku terkatup rapat karena malu. Setiap malam, bayangmu menari-nari dalam benakku.

Ada sejuta alasan mengapa aku begitu memujamu. Kau menyinari relung gelap hatiku. Kau satu-satunya orang yang ingin kurengkuh. Kau yang bertanggungjawab atas segala rindu. Kau adalah yang teristimewa bagiku.

Tanda-tandanya sudah jelas, aku menyukaimu. Tetapi, bagaimana caranya untuk mendekatimu? Kau begitu jauh, sulit kuraih dengan jari-jemariku.
Dan semakin lama, aku mulai menyadari satu hal. Bahwa kau dan aku mungkin ditakdirkan tak bisa bersatu.

Resensi Buku :


Benji dan Chessa, kedua siswa yang merupakan anak dari donatur di sekolah elite, menggemparkan kelas mereka. Pasalnya hari itu, pak Herman, guru biologi meminta Benji dan Chessa dipasangkan dengan orang lain. Benji dengan Shasha, dan Chessa dengan Surya. Tak disangka, awal perkenalan yang menyebalkan berubah menjadi hal yang manis saat Chessa ditolong oleh Surya. Chessa jatuh cinta dengan Surya, cowok kutu buku yang sedang berusaha mengejar beasiswa impiannya.

Bagi Chessa yang terbiasa dilindungi oleh Benji, cowok seperti Surya membuat matanya terbuka. Bahwa ada dunia di luar dirinya dan Benji yang selama ini hanya diketahuinya dari film disney yang ditonton. Chessa sangat rapuh terhadap apapun yang membahayakannya, seperti saat ia tersenggol Friska di pertandingan basket maupun saat ia tertekan dan menangis, ia akan mengeluarkan air mata darah. Chessa menganggap bahwa ia bisa menjaga dirinya sendiri selama bersama Surya. Namun, ia salah. Benji harus berjibaku saat menemukan Chessa terjatuh dengan luka dan darah yang membanjiri kepalanya.

Surya yang menganggap Benji berlebihan bersikap membuat keduanya bersitegang. Surya ingin Chessa hanya dilindungi olehnya, bukan oleh Benji. Jika Surya sudah menjadi kekasih Chessa, mengapa gadis itu masih bergantung pada Benji sebagai penolongnya? Mengapa Benji harus selalu ada di sisinya saat gadis itu membutuhkannya? Padahal Benji sudah mulai dekat dengan adik Surya, Bulan. Jika demikian, apa artinya Surya bagi Chessa dan Bulan bagi Benji jika Benji dan Chessa masih terus saling bergantung satu sama lain? Lalu bagaimana kisah keempat anak remaja saat Chessa kehilangan sebagian ingatannya itu?

***

Ini kali kesekian saya membaca novel Orizuka. Sebelumnya saya membaca series The Chronicles of Audy, Meet The Sennas dan Infinitely Yours. Saat membaca kisah remaja seperti Benji dan Chessa saya terkaget dengan deskripsi tentang penyakit yang dimiliki Chessa. Rasanya seperti nggak percaya membaca deskripsi Chessa yang bisa mengeluarkan air mata darah saat ia tertekan dan stress. Benji khawatir hal itu akan membuat Chessa dijauhi teman-temannya karena penyakitnya yang langka. Penyakit ini terbilang sulit disembuhkan, namun dengan donor darah yang cocok, pasien tetap bisa bertahan hidup saat ia kehilangan banyak darah. Saya pikir penyakit langka itu sulit disembuhkan, tapi kenyataan berkata lain.

Yang bikin saya kagum adalah gambaran Surya yang semangat belajar demi mengejar cita-citanya untuk kuliah dengan beasiswa. Ia harus berjibaku demi nilai-nilai pelajarannya agar tidak turun drastis. Begitu juga dengan karakter Bulan yang tangguh, mandiri dan dewasa saat ia harus sibuk dengan dagangan rotinya dan berlatih demi lomba panahan.

Saya rasa, tokoh-tokoh seperti Surya dan Bulan patut untuk dijadikan teladan. Meski aneh juga sih dengan keduanya yang jatuh cinta saat sedang sibuk mengejar impian masing-masing. Saya kira novel remaja nggak akan seroman ini. :p Apalagi dengan sikap Benji yang kelewat overprotectif yang membuatnya terlihat seperti seorang pangeran untuk Chessa seorang.

Well ya, kalau saya bilang novel Orizuka yang paling sendu sejauh yang saya baca ya novel I For You ini. Meski ada kesamaan di beberapa novel sebelumnya yaitu kebiasaan Orizuka untuk memasukkan tokoh yang genius dan fokus pada masa depan pendidikannya. Hal ini mengingatkan saya dengan anggota 4 R yang super genius, si Rex. :D

Btw, untuk alur ceritanya berjalan lambat, tapi tetap bisa saya ikuti hingga akhir. Yang membuat agak membosankan adalah inti cerita yang sebenarnya sederhana tapi ternyata dijabarkan oleh penulisnya hingga 380 halaman. Wow, cukup panjang untuk sebuah novel remaja ya. Hehe. Kisahnya yang sebenarnya klise, seperti cerita dongeng namun menarik untuk diikuti justru karena saya penasaran apakah para tokohnya akan berubah sikap seiring waktu. Dan ternyata benar, masing-masing tokoh akhirnya menemukan kedewasaannya sendiri. Overall, 3,5 bintang untuk novel I For You ini. ;)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^