Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

6 February 2014

[Resensi Buku] The Chronicles of Audy: 4R - Orizuka



Judul Buku : The Chronicles of Audy: 4R
Penulis : Orizuka
Tebal : 320 halaman
Terbit : Juli 2013
Penerbit : Haru
ISBN : 139786027742215
Rating : 4/5

Sinopsis Buku : 

Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun.
Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.
Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!
Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?
Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.

Resensi Buku : 

Audy, gadis 22 tahun asal Serang yang kuliah di Ilmu Hubungan Internasional UGM harus terjebak dalam sebuah situasi yang rumit. Ayahnya tertipu investasi abal-abal dua kali hingga seluruh uangnya habis tak bersisa, termasuk uang untuk membayar uang kos dan uang semester Audy. Audy yang baru saja senang karena ipnya 3,7 akhirnya harus mencari lowongan kerja part time sebaga babysitter karena ibu kos terus mendesaknya agar membayar tunggakan kos selama 3 bulan.
 

Kemiskinan keluarga telah membuatnya berpikir terlalu cepat hingga tanpa membaca lebih detail kotrak kerja, Audy pun menandatangani kontrak kerja karena diiming-imingi gaji 1 bulan sebesar 900 ribu rupiah dibayar di muka. Bagi Audy, uang segitu sudah cukup untuk membayar tunggakannya. Naasnya, nasib berkata lain, dia diusir karena amplop uang itu ketinggalan di rumah tempat ia akan bekerja. Yang ternyata dipakai oleh Romeo, adik Regan seorang lelaki  umur 26 tahun yang menerimanya sebagai babysitter. Terusir dengan barang-barang berserakan di depan kosnya, akhirnya Audy memilih untuk tinggal di rumah 4R, rumah yang dihuni oleh Regan bersaudara, yaitu Regan, Romeo, Rex, dan Rafael.  

Gambar karakter 4R1A (sumber)
Belum hilang rasa sial Audy, ternyata ia baru sadar pekerjaannya dobel, bukan saja sebagai babysitter, tapi juga pembantu. Di rumah inilah petualangan Audy dimulai. Ia harus mengasuh Rafael yang ternyata jauh lebih dewasa dari usianya, 4,5 tahun. Ia harus memasak, mencuci pakaian, membersihkan seluruh rumah, memotong rumput dan alang-alang di dekat pagar.

4R meski dikaruniai wajah tampan, tapi tingkahnya aneh-aneh. Regan, 26 tahun, lelaki yang super duper teliti soal keuangan, tegas, dan tenang. Romeo, 22 tahun, lelaki yang cerdas, cuek, suka ngehack, gamer, namun ketombean dan jarang mandi. Rex, cowok SMA, 17 tahun yang hobi baca dan makan sayuran, pinter masak, tapi punya penyakit asma. Rafael, balita ajaib yang cerdas tapi pikirannya jauh lebih dewasa dari usianya. Di antara keempat orang itu cuma Rex yang mau sekali-kali membantu Audy.

Audy gadis polos yang terlalu naif, cinta pada pandangan pertama kepada Regan. Dapatkah akhirnya Audy melanjutkan hidupnya dengan normal setelah melewati semua kejadian-kejadian ajaib di rumah ini, termasuk cintanya yang tak berbalas? Baca aja novelnya. :D

***

Saya baca novel Orizuka baru kali ini, padahal dia sudah menulis 20 buku. Wow! Gaya bahasanya mengalir lancar dengan diksi yang mudah dipahami, namun cerita yang diangkat kaya makna. Ternyata dibalik cerita kronik yang dialami Audy, tersimpan berbagai macam hikmah. Dikisahkan dengan POV 1 membuat saya mudah memasuki inti ceritanya.

Novel ini mendapat penghargaan Anugerah Pembaca Indonesia Nominee for Sampul Buku Fiksi Terfavorit - Shortlist (2013). Dengan cover yang dominan coklat dan dipinggirnya ada glitter warna pink, novel ini konsepnya cukup unik. Apalagi saya baru tahu ternyata pembatas bukunya berbeda tiap kali kita beli. Kalo di buku yang saya baca ini, pembatas bukunya bergambar karakter Rafael. Mungkin pembaca lain bisa menemukan karakter Regan, Romeo, Rex maupun Audy.

Buat saya yang baru membaca karya Orizuka, menemukan hikmah yang dikisahkan dengan bahasa yang mudah dipahami itu sesuatu yang wow banget. Apalagi novel ini menyasar segmen pembaca young adult, satu generasi yang akan membawa Indonesia jadi lebih baik suatu saat nanti. Di novel ini memang lebih bertema keluarga, jadi romancenya dikit aja, bahkan ga ada adegan hug and kiss. Kita bisa belajar bagaimana cara meminimalisir asma kambuh, menjaga kesehatan dan lingkungan, mendidik anak kecil, lalu mengontrol keuangan keluarga. Juga, bagaimana cara membangun kehangatan dan komunikasi keluarga yang selama ini mungkin saja sering kita lupa.

Meski saya belum menemukan gambaran yang pas untuk tokoh Audy karena saya hanya menemukan gambaran gadis bertubuh langsing, tinggi 170 cm, dengan wajah biasa saja, rasanya tetap tidak mengurangi kenikmatan saya membaca novel ini. Buku ini seri ke-1, jadi ada lanjutannya. Saya sudah penasaran nunggu seri berikutnya deh. Please, ASAP ya, mba Orizuka! :p 

11 comments:

  1. Belum pernah baca satupun buku Orizuka. pulang nanti mau beli ah :D

    ReplyDelete
  2. wkwkwkw cerita Orizuka selalu seruu

    ReplyDelete
  3. aseli, saya br tahu nama Orizuka di sini Mbak:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, dia seringnya nulis cerita remaja, mba :D

      Delete
  4. aku dapat pembatas buku gambar audy :3
    aku suka orizuka, karena gaya berceritanya selalu mudah diikuti dan menarik. pertama jatuh cinta sama orizuka pas baca novelnya yang I For You.
    mau coba baca I For You mungkin? :D tapi tokohnya masih pada SMA sih hehehe

    ReplyDelete
  5. Kyaaa....aku belum punya buku ini... >.<

    Oya, yuk ikut Orizuka’s Book Reading Challenge 2014 di blogku ;)
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/04/orizukas-book-reading-challenge-2014/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren bukunya, mba. Ayoo dibeli :D
      Oiya, lupa kemarin2 mau daftarin, hehe. Meluncurrr. Makasih, mba Luckty ;)

      Delete
  6. Bagus ya ceritanya? Jadi penasaran..:)

    ReplyDelete
  7. Bedah Buku Polines 2015 bersama ORIZUKA "The Chronicles of Audy : 4R" akan diadakan hari minggu, 22 Maret 2015 di Ruang Serba Guna Politeknik Negeri Semarang. Fasilitas : e-sertificate, photosession, book signature, snack, and many more. Tiket tanpa Novel : Rp30.000,- dan tiket + Novel : Rp70.000,- . Untuk pembelian tiket dapat langsung ke kesektariatan Himpunan Mahasiswa Elektro Polines di gedung PKM Lama polines atau hubungi 089638589282 / 081994925117. terima kasih.

    maaf kk numpang promosi :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^