Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Legenda Pulau Senua - Dian K


Judul : Legenda Pulau Senua 
(Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi #9)
Pengarang : Dian K.
Pengalih Bahasa : Dono Sunardi
Ilustrasi : Inner Child Studio
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer(BIP)
Terbit : 2017
Tebal : 32 hlm.
ISBN : 978-602-394-516-0
Rating : 4/5 bintang

Baca via Scoop Premium


Alkisah ada sepasang suami istri yang sangat miskin bernama Baitusen dan Mai Lamah. Keduanya hidup merantau ke Pulau Bunguran. Saat merantau, mereka bekerja sebagai nelayan dan pembuat kalung dari kerang.

Suatu hari, Baitusen menemukan lubuk dengan ribuan teripang di dalamnya. Ia pun menjadi kaya karena menjual hasil teripang temuannya. Saat kaya, Mai Lamah berubah perangai menjadi sombong, ia pun dijauhi orang-orang. Baitusen tidak setuju dengan sikap Mai Lamah.

“Jika ada apa-apa dengan kita, bukankah tetangga yang akan membantu kita?” (hlm. 11)

Saat hamil itulah terjadi sebuah tragedi akibat kesombongannya. Mai Lamah pun menjadi batu yang diyakini masyarakat kini sebagai awal mula legenda Pulau Senua (kepulauan Riau)



***

Legenda Pulau Senua karya Dian K merupakan salah satu buku dari Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi. Buku legenda Indonesia terbitan penerbit BIP ini adalah pictorial book yang jumlah halamannya sedikit dan ditulis dalam dua bahasa (bilingual book). Cocok untuk dibaca anak-anak usia 6 tahun ke atas. 

Buku Legenda Pulau Senua dijual dengan harga lebih terjangkau (29 rb) sehingga mudah dibeli dalam bentuk eceran. Kisah dalam buku cerita rakyat ini menjadi pengingat kita bahwa kesombongan diri akan menghasilkan suatu hal yang buruk suatu hari nanti. Bahwa kita tetap saja butuh bantuan orang lain kelak, jadi berbaik hati pada orang lain itu sebuah kebaikan yang akan membawa kita pada kehidupan yang baik di masyarakat.

Buku Legenda Pulau Senua ini merupakan buku yang mudah dibaca oleh anak-anak sebagai pengantar tidur. Buku legenda ini berbeda dengan buku sejenisnya. Ada kebaikan yang dilakukan sang tokoh seperti bekerja keras di tanah rantau, membagi ilmu pada orang lain tanpa pamrih, menjaga hubungan baik dengan tetangga, juga memberikan nasihat baik bagi istri yang memiliki sifat buruk. Saya rasa ini yang membedakan buku legenda sejenis dengan karya mba Dian K. Illustrasinya juga bagus dan lucu. Overall, 4 bintang untuk buku Legenda Pulau Senua ini. 

Komentar

  1. Wah bilingual book ini cocok buat anak-anak, selain mengenal cerita rakyat juga sekalian belajar bahasa Inggris ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Lianny. buat belajar bahasa anak-anak asyik ya :D

      Hapus
  2. lumayan murah ya dgn harga segitu tapi ilustrasinya bagus, isi ceritanya juga penuh makna

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dibikin murah biar terjangkau sama berbagai kalangan, mba Lia. :D

      Hapus
  3. Wah ini buku anak-anak yang bagus banget, Mbak. Boleh nih buat jadi hadiah buat para ponakan. Selain mengajarkan cinta baca juga jadi mengenalkan legenda dalam negeri. Makasih ya infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Dian. Kabarnya udah terbit 30 an buku untuk seri ini.

      Hapus
  4. Wah Fahmi pasti suka nih dibacakan cerita seperti ini. Dia suka antusias dan mendadak bawel tanya penasaran kalau ketemu cerita rakyat...

    BalasHapus
  5. Cerita anak2 itu emang bikin kita berimajinasi ya..nah ini cerita legenda yang bisa membuka khasanah anak2 terhadap bacaan indonesia nigh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Lingga. Aku juga baru tahu legenda pulau Senua ini dari buku ini, hehe. Kalau biasanya kan yang rame itu paling legenda danau toba atau sejenisnya.

      Hapus
  6. buku baguss untuk dikasih ke keponakan inii :D
    bilingual pulaa :D

    BalasHapus
  7. Untuk ukuran buku cerita yang ilustrasinya bagus itu termasuk murah ya mba :D

    Semoga buku buku begini makin banyak dan kebiasaan suka baca bagi anak2 indonesia makin subur. Sejak kecil dibiasakan membaca seperti ini :D

    Wah banyak ya kalau misal seri bukunya lengkap sampai 34 provinsi, untung bisa beli eceran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau dibikin seri buku yang tebel per buku 10 cerita harganya nyampe ratusan ribu, mba. Dibikin eceran biar lebih murah dan bisa dibeli anak-anak.

      Hapus
  8. Anak-anaku juga suka takbacain bilingual book.
    Beli di toko buku kyk gramedia udah ada ya mbak?

    Mbak aku bingung itu di blogmu ada tulisan downoad, buat apa ya? Kirain tadi bukunya ebook gtu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ada di gramedia juga, mba April. bisa baca juga ebooknya di scoop premium.
      klo tulisan download mungkin iklan adsense yang muncul, mba. hehe :D

      Hapus
  9. Pengen baca juga ih, aku suka pic book beb, enak dibaca ada gambarnya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo, iso sinau bahasa inggris juga ki, nduk

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital