7 July 2021

[Resensi Buku Anak] Bulu Telinga Kuda Nil - Durroh Fuadin K

 

Kuda nil


Judul Buku : Bulu Telinga Kuda Nil

Series Buku Anak : Seri Bijak Mengelola Sikap

Pengarang : Durroh Fuadin K.

Ilustrator : Bela Ansori

Penerbit : BIP

Terbit : Cetakan Pertama, 2020

Tebal : 28 halaman

ISBN : 978-623-216-911-1

Genre : Picture Book/Children Book

Usia Pembaca : 5 tahun

Rating : 5 bintang

Harga : Rp 55.000

Baca ebook via Gramedia Digital

 

Sinopsis Buku Anak Bulu Telinga Kuda Nil :


Kuda Nil sangat suka berendam. Suatu hari, si Beo yang cerewet mengomentari bulu telinganya. Karenanya, Kuda Nil menjadi tidak percaya diri dan berusaha mencabutnya. Namun, Pelatuk sahabatnya mengingatkannya untuk tidak mendengarkan komentar Beo.

Apakah Kuda Nil akan mendengarkan saran sahabatnya, atau malah mendengarkan komentar si Beo? Apa yang terjadi kemudian?

Bijak Mengelola Sikap berisi tentang fabel yang mengajarkan nilai moral baik bagi anak, seperti mandiri, sopan santun, percaya diri, berpikir positif, dan mencintai diri sendiri.

Yuk, ajak si kecil memilih sendiri jalan ceritanya di buku ini!

 

Resensi Buku Anak Bulu Telinga Kuda Nil :

 

Buku seri Bijak Mengelola Sikap berjudul Bulu Telinga Kuda Nil ini merupakan buku dengan konsep unik yaitu pembaca anak dapat memilih sendiri alur dan akhir cerita yang terjadi dalam buku tersebut. Jadi, pembaca akan dihadapkan pada situasi tertentu, lalu diminta untuk memilih jalan mana yang sesuai dengan keinginan pembaca. Dengan demikian, pembaca anak akan diajak untuk berani mengambil pilihan dalam cerita tersebut. Sederhana kan?

 

Ya... Tapi, bagi anak-anak, hal ini akan membantunya untuk berani mengambil keputusan bahkan sekecil apapun itu. Keputusan yang diambil akan didasarkan pada alasan yang jelas dan sesuai dengan kondisi yang ada.

 

Jadi, dengan demikian anak-anak akan belajar untuk berpikir dan mengambil keputusan sendiri. Tidak ada orang tua yang akan menyalahkan hal ini dan itu, karena anak juga akan belajar dari pengalamannya saat membaca buku ini.

 


Dalam buku Anak berjudul Buku Telinga Kuda Nil ini berkisah tentang Kuda Nil yang tidak pede setelah mendengar ocehan burung Beo. 


Beo sangat senang mengomentari semua hewan yang ada di hutan, mulai dari kelinci hingga ular. Bahkan, Kuda Nil yang sedang berendam di sungai juga mendapatkan komentar yang tidak enak tentang fisiknya. Beo mengomentari kenapa bulu telinga Kuda Nil sangat lebat, padahal kalau dicukur dia bisa lebih tampan.

 

Kuda Nil pun jadi sangat galau soal bulu telinganya. Ia ingin terlihat lebih tampan seperti yang diucapkan Beo. Lalu, keputusan apa yang harus diambil oleh Kuda Nil?

 

Kenapa harus memilih pilihan 1? Apakah Kuda Nil akan mengabaikan kata-kata Beo?

Kenapa harus memilih pilihan 2? Apakah Kuda Nil lebih percaya pada Beo?

 

Kedua pilihan yang dipilih oleh Kuda Nil ini akan membuka wawasan anak bahwa dunia ini sangat luas. Setiap hal yang kita lakukan ada sebab dan akibatnya, juga ada alasan di balik setiap pilihan yang diambil.

 

“Sudah, jangan dengarkan si Beo. Dia memang suka berkomentar seenaknya. Kamu tampak baik-baik saja dengan bulu itu. Kamu tidak terlihat buruk.” (Hlm. 19)

 

“Kuda Nil pun berterima kasih pada Pelatuk. Dia sekarang sadar, tidak perlu repot-repot memikirkan anggapan binatang lain terhadap dirinya. Apalagi, kata-kata binatang yang usil seperti Beo.” (Hlm. 21)


See? Anak-anak akan sangat senang dengan konsep belajar seperti di buku seri Bijak Mengelola Sikap ini. Dengan begitu, anak-anak akan belajar bijak dalam memilih sikap apa yang harus diambil dalam peristiwa tersebut.

 

Oh iya, buku Seri Bijak Mengelola Sikap ini berisi 5 judul yang dijual secara terpisah. Kamu bisa mengoleksi judul buku lainnya yaitu : Undangan untuk Tuan Kalong, Singung yang Sangat Pemalu, Kejutan di Pagi Hari, dan Tanaman Istimewa Kelinci.

 

Overall, rating 5 bintang untuk buku anak Bulu Telinga Kuda Nil yang termasuk dalam Seri Bijak Mengelola Sikap ini. Nah, selamat membaca ya!


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^