18 July 2021

Resensi Buku Rock Star Wannabe! by Put Rizki

novel rock star wannabe! karya put rizki


Judul Buku : Rock Star Wannabe! 

Pengarang : Put Rizki

Penerbit : Gramedia 

terbit : Cetakan Pertama, Juni 2019

Tebal : 248 halaman

Genre : Teenlit

ISBN : 9786020629674

Rating : 4/5 bintang 

Harga Buku : Rp. 78.000

Baca ebook via Gramedia Digital 


Sinopsis Buku Rock Star Wannabe! by Put Rizki : 


Andara lahir di tengah keluarga yang konservatif. Kedua orangtuanya memaksanya untuk masuk fakultas yang dipandang mereka memiliki orientasi masa depan yang jelas. Sialnya lagi, ia bertetangga dengan cewek popular yang ada di sekolahnya, Natasha, yang juga bersahabat dengan musuh besarnya, Riana.


Hal-hal manis masa remaja rasanya tidak ada dalam bayangannya. Di tengah keterpurukan masa SMA itu, Andara mencoba bikin sebuah band bernama Water Hydrant dengan tiga temannya, Aska, Aria, dan Lena. Dalam perjalanan band tersebut, Andara merasa bersalah dan memutuskan keluar dari Water Hydrant, saat band itu mulai menemukan popularitasnya.


Akankah teman-temannya mampu membujuk Andara untuk bergabung kembali dengan Water Hydrant?


Resensi Buku Rock Star Wannabe! by Put Rizki : 


Awalnya aku nggak ada ekspektasi apa-apa pas download ebook ini di Gramedia digital. Tapi ternyata bagus juga. Hehe. Baca bab-bab awal terasa membosankan karena lebih banyak cerita tentang latar belakang keluarga Andara, si cewe yang pengin banget jadi rock star. Padahal keluarganya nggak ada yang jadi musisi. Hehe


Masalahnya, Andara (Nda/ Anda) sering ngrasain demam panggung. Dia bisa tiba-tiba gagap dan keringat dingin di depan orang-orang. Padahal modal utama rock star selain vokal yang bagus... ya harus pede. Gimana mau nyanyi kalau gemeteran coba?


"Gue sih mau aja ikutan audisi. Aska bisa main drum, lo dan gue juga bisa main gitar. Tapi kita kan nggak pernah latihan bareng sama sekali. Dan, kita cuma punya waktu tiga hari buat latihan. Baca deh, audisinya digelar Jumat ini." 

"Apa lo yakin, Nda? Maksud gue, lo kan sering demam panggung. Waktu SD aja lo mau pingsan waktu disuruh baca puisi di depan kelas." (hlm. 53)


Baca juga : [Resensi Buku] From Flores With Love - Esi Lahur


Suatu hari, Andara disuruh nyanyi di hajatan Tantenya. Dia pengin unjuk kebolehan nyanyi rock, tapi malah berakhir nyanyi lagu "My Heart Will Go On" karena gugup. Andara mulai putus asa karena ngerasa nggak bakat nyanyi. Tapi pengin buktiin bahwa dia bisa jadi rock star, meski levelnya band pembuka pensi sekolah.


Aku baca 45 halaman pertama rasanya lambaaat banget. Sampe aku ngantuk dan nggak mood buat lanjut baca. Haha. Kepikiran mau baca novel lain, tapi kok nanggung. Ya udahlah lanjut ajaa. Tapi percaya deh.... Bab selanjutnya bener-bener nggak ketebak mau dibawa kemana ceritanya. Wkwk. Seru aja sih karena banyak kejutan di halaman selanjutnya.


Cerita makin seru karena ada konflik Andara dengan Riana, mantan temennya pas sekolah dulu. Sayangnya sekarang mereka malah jadi musuh bebuyutan di kelas. Apalagi sejak Anda bilang slide presentasinya cuma dibikin sama dia, bukan sama Riana. 


Masalah makin rumit karena kejadian naas yang menimpa Anda ternyata karena ulah Riana, seperti pas mikrofonnya rusak di seleksi band pensi, juga pas jubah pesta nenek sihirnya robek karena ditarik sama Riana. Gile dah, beneran ngeselin. 


Baca juga : [Resensi Buku] Touché: Alchemist (Touché #2) - Windhy Puspitadewi


novel rock star wannabe - put rizki



Cerita makin seru karena Anda ngajakin dua sohibnya buat bikin band dengan ngajak Lena, cewe cupu anggota Klub Mistery, buat gabung grup band rock mereka yaitu band Water Hydrant. Dua sohib Anda ; Aska dan Aria pun sepakat dengan masuknya anggota baru. 


"Ya... semua salahku karena mengusulkan untuk mewujudkan Water Hydrant menjadi nyata dan mengikuti audisi ini tanpa pikir panjang. Kupikir menjadi rock star itu mudah, tapi ternyata aku salah besar. Misi pembuktian diriku sebagai calon rock star di masa depan gagal total. Kurasa Mama benar. Aku memang terlalu banyak berkhayal." (hlm. 78) 


Masalahnya adalah Klub Mistery sama seperti namanya, bener-bener di luar dugaan dan sangat misterius. Bahkan nggak ada yang tahu apa yang sebenarnya mereka lakukan di ruangan pojok sekolah. Lena juga sama misteriusnya dengan klubnya.


Hanya saja, sejak ada kejadian bullying yang melibatkan geng Riana dan Nath -cewe klub cheers- pada Lena, akhirnya Lena dan Anda berteman baik. Inilah alasan kenapa Lena masuk ke grup rock itu, selain karena jago main gitar, Lena juga hutang budi pada Anda karena diselamatkan dari kejahilan Nath and the Gank.


Baca juga : Resesi Buku A Sky Full of Stars - Nara Lahmusi 


Apa cita-cita Andara buat jadi rock star wannabe tercapai? Oh, tentu saja tidak semudah itu. Haha. Banyak banget halangan, sampe aku sendiri pas baca geleng-geleng kepala. Astaga, kasian amat si Anda ini. Dihujani masalah mulu sama writer-nim. xD


Soal urusan ngenes keknya Anda ini berbakat. Hahaha. Tapi novelnya emang nggak ketebak. Bahkan sampe ending pun aku masih mikir, wagelaseh penulisnya, nasib Andara bener-bener diputer-puter dulu ampe puyeng baru sampe ending. Pokoknya baca aja deh. Seruuu!


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^