Langsung ke konten utama

Cara Membuat Anotasi Buku Dengan Mudah

Cara Membuat Anotasi Buku dengan Mudah


Anotasi buku adalah cara untuk membuat catatan dan menandai bagian penting buku yang kamu baca. Anotasi buku juga dapat membantu kamu mengingat secara efektif bacaan yang kamu lakukan. Anotasi buku adalah cara untuk membuat catatan tentang buku secara sistematis. 

Anotasi buku memungkinkan kamu untuk menyimpulkan tema dan ide-ide yang diperkenalkan oleh penulis. Ini juga membantu kamu untuk mengatur informasi yang berguna secara efisien. 


Pilih bacaan favoritmu


Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti saat membuat anotasi buku.


1. Pilih bacaan yang tepat. 


Jika kamu membaca buku yang terlalu tinggi, kamu mungkin akan kesulitan membuat anotasi yang berguna. Sebaliknya, jika kamu membaca buku yang terlalu mudah, kamu mungkin akan merasa bosan dan tidak mengambil banyak manfaat dari bacaanmu. Jadi, pastikan kamu memilih buku dengan tingkat yang sesuai dengan kemampuanmu. 



2. Baca buku dengan hati-hati

Baca buku yang akan kamu anotasi. Perhatikan detail penting yang dibahas di dalamnya dan cari tahu bagaimana topik-topik utama terkait dengan satu sama lain.

Kamu harus membaca buku dengan hati-hati. Jangan hanya membaca satu kalimat atau lebih tanpa memahami maknanya. Jika kamu berada di bagian tertentu yang sulit, cobalah untuk membaca ulang kalimat-kalimat tersebut atau mencari tahu maksudnya.


3. Buat catatan saat membaca buku

Setelah kamu selesai membaca, mulailah membuat catatan tentang isi buku. Jangan lupa untuk mencatat kutipan-kutipan yang penting dan menarik. Jangan lupa untuk mencatat halaman dan sumber dari mana kutipan itu diambil.


⏩️ Tips Membuat Anotasi Buku :


1. Buatlah daftar isi yang berisi judul bab, topik dan halaman di mana topik itu dibahas. Ini akan membantu kamu mengingat isi buku.


2. Gunakan penanda halaman atau kertas penanda (sticky notes warna warni) untuk menandai bagian-bagian penting dari buku.


3. Gunakan catatan kecil untuk menuliskan komentar atau pernyataan yang menarik atau yang kamu rasa penting yang kamu temukan dalam buku.


4. Gunakan margin untuk menuliskan komentar atau pertanyaan kamu untuk mengingat isi buku.


5. Baca ulang kalimat-kalimat yang kamu anotasi untuk memastikan bahwa kamu telah memahaminya dengan benar.


Nah, semoga bermanfaat ya!

Komentar

  1. Buat catatan ketika membaca itu work banget di saya, terutama kalau baca buku yang sarat makna atau sarat isinya 'daging' banget, dijamin saya bakalan duduk membaca sambil bawa buku dan bolpen, buat nyatatin poin-poin utama :D

    BalasHapus
  2. Kalau kata ummu balqis, ilmu itu harus diikat dengan pena. Sama spt ini, jika kita menemukan suatu ilmu melalui buku, maka haruslah kita catat kembali, baca ulang, kalau busa kita terapkan. Biar tidak hanya terekam di memori tp dapat diaplikasikan juga.

    BalasHapus
  3. kebiasaan saya nih, mencatat yang tidak saya mengerti dari sebuah buku
    atau mencatat kalimat2 indah/inspiratif
    sehingga mudah jika ingin menggunakan di blog

    BalasHapus
  4. Sip siippp, aku jg berusaha meniqmati buku dgn baik mba.

    Soale dah mayan lama ga ikutan klub baca

    BalasHapus
  5. aku juga suka pakai pembatas buku atau sticky notes buat tahu udah sampai mana aja buku yang aku baca. makasih buat sharingnya ya mba..

    BalasHapus
  6. Tanpa disadari ternyata kita pernah membuat anotasi buku. Karena memang membuat demikian bikin semangat lagi baca bukunya

    BalasHapus
  7. Sebagai penulis di blog, kebetulan saya belum pernah buat anotasi buku, jadi tercerahkan adanya artikel ini. Makasih kak :)

    BalasHapus
  8. Oh itu namanya anotasi ya
    Baru tahu aku
    Aku setiap baca buku juga selalu bikin catatan catatan yg menarik

    BalasHapus
  9. Anotasi buku tu jadi semacam intisari atau hasil apa sih yang kita dapatkan dari membaca sebuah buku. Kayak gitu ya. Jadi, kita bisa lebih memahami dan mendapatkan maksud dari buku tersebut.

    Menarik nih. Bisa ku praktekkan pas baca buku.

    BalasHapus
  10. Kalau saya biasanya saat menemukan hal menarik dari buku yang saya baca, langsung saya lipat aja ujung halaman bukunya hehehe...

    Kalau membuat anotasi secara khusus belum pernah, tapi tipsnya di sini boleh juga buat dicoba

    BalasHapus
  11. Terimakasih tipsnya, aku baru tau itu namanya anotasi. Biasanya aku suka selipkan sticky note supaya gak lupa sampai dimana bacanya. Maklum, sejak jadi ibu, keseringan lupanya hehe

    BalasHapus
  12. Haii Mbak makasii udah sharing ya
    Aku baru tahu kalau itu namanya anotasi.
    Sering juga kl pas baca buku ditandai pake sticky note atau bikin catatan2 kecil gitu

    BalasHapus
  13. Membuat anotasi buku menjadi hal penting biar bisa benar-benar memahami apa isi dari buku yang kita baca. Ternyat abanyak cara yang bisa dilakukan ya

    BalasHapus
  14. Nah aku jadi pengen baca buku lagi, sudah lama nih sekilas aja baca buku cetak, aku sendiri paling sering menandai dengan stabilo atau kertas catatan di dalam buku.

    BalasHapus
  15. Terimakasih banyak kak tipsnya, aku jujur baru tahu lho Anotasi buku ini, emang jadi terarah yah, selama ini aku baca buku ya udah habis itu gletakhin aja, malah kadang belum slese bacanya., kadang malah lupa udah baca buku apa

    BalasHapus
  16. Aku dahulu senang pakai stabilo. Hihihi. Begitu sadar, merasa jorok sendiri. Buku mahal-mahal dibeli tapi kok jadi warna-warni isinya? Hahaha. Tapi, ujung-ujungnya masa bodoh sih, yang penting kita mendapatkan input lebih dari apa yang kita baca.

    BalasHapus
  17. Ternyata yang aku lakuin waktu kuliah dulu itu anostasi namanya ya. Ini efektif banget buat membantu kita mengingat dan membaca hal-hal yang dianggap penting.

    BalasHapus
  18. Wahh makasih tipsnya kak, sepertinya membuat anotasi buku akan memudahkan kita mereferensi isi buku juga, ya kak.

    BalasHapus
  19. saya baru tahu kalo menulis atau menandai bagian penting dari sebuah buku itu disebut anotasi. saat membaca buku, saya lumayan sering membuat anotasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com