Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

23 May 2014

Resensi Buku Lumbung Padi Negeri Candi by Evi Z. Indriani



Judul Buku : Lumbung Padi Negeri Candi
Penulis        : Evi Z. Indriani
Terbit           : Oktober 2013
Penerbit       : Tiga Ananda (Imprint Tiga Serangkai)
Tebal             : 64 halaman
ISBN              : 978-602-257-370-8
Harga            : Rp. 22.000

Resensi Buku :
              Suatu hari, Edinta harus kembali ke Negeri Candi, kali ini untuk membantu Omer dan Japang mempertahankan lumbung padi negeri itu. Edinta terbang bersama kuda lumping bernama Japang, si jaran kepang yang ia temukan di gudang rumahnya dengan memakai Omer si Kasuomer di atas kepalanya.
Edinta melihat sarang burung Namdur
              Sampai di Negeri Candi, Edinta berkenalan dengan seekor burung bernama Namdur, burung yang dikenal dengan julukan si Arsitek Termashyur.

              “Aku burung namdur, ahli arsitektur! Beritakan isi menaraku pada namdur tercantik yang kurindu, juga seluruh namdur di segenap penjuru!” (hlm. 21)

              Namdur memang burung yang jago menghias rumahnya menjadi indah. Ini dilakukan agar bisa mendapat pasangan. Rumah namdur dihiasi buku-buku kesayangannya.

Tikrak menari dengan Edinta
              Saat sampai di rumah panggung tempat Japang tinggal, datang Tikrak yang mengajak Edinta bermain dan melihat bukit aksara dari atas dengan balon udara. Tikrak adalah seorang gadis kecil yang cantik dan suka berjingkrak-jingkrak, tapi Japang bilang Tikrak tidak bisa dipercaya ucapannya dan Edinta harus hati-hati.

         Tikrak mengatakan bahwa padi yang disimpan di lumbung padi selama ratusan tahun mengandung racun. Tikrak minta penduduk menyerahkan padi itu diberikan padanya agar bisa digunakan di negerinya. Sebagai penjaga lumbung padi negeri Candi, Japang tahu Tikrak menyebarkan mitos yang tak benar tentang lumbung padi nenek moyang mereka. Padi-padi akan tetap aman selama disimpan menggunakan cara leluhur mereka. Jadi mereka mencari cara agar Tikrak segera pulang ke negerinya.

          Bagaimana cara mereka menggagalkan misi Tikrak mengambil padi-padi negeri Candi? Yuk, baca kisah Edinta dalam buku kedua ini. ;)
Lumbung padi negeri candi
***
          Melalui buku ini, penulis mengenalkan anak-anak pada dunia fantasi yang mengasyikkan. Mulai dari berkenalan dengan burung namdur yang habitatnya ada di Papua, lalu mengajak anak untuk makin cinta dengan buku seperti yang dilakukan burung namdur, si Arsitek Termasyhur.

         Anak-anak juga bisa mengenal kesenian kuda lumping dari karakter tokoh Japang si Jaran Kepang dan Omer si Kasuomer. Dan mengenal apa itu celurut, celurut berbeda dengan tikus. Justru tikus takut dengan bau yang dimunculkan celurut. Inilah yang membuat buku ini menarik untuk dibaca anak-anak. Pengenalan hewan dan alam makin membuat petualangan bersama Edinta jadi mengasyikkan. 

            Unsur lokalitas seperti padi dan lumbung padi mengingatkan kita akan sebuah kejayaan Indonesia tempo dulu yang pernah menjadi lumbung padi Asia Tenggara. Bagi anak-anak, ini membuat mereka mengerti bahwa negerinya kaya akan potensi alam. Novel ini ditambah ilustrasi yang apik menambah visualisasi adegan yang telah dituliskan penulis. Nah, siap berpetualang bersama Edinta?. ;) 

8 comments:

  1. wah kerenn ...pengen baca nih jadinya. kira2 anak umur 5-6 tahun udah mudeng belum say? pengen beliin buat Nadia nih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudeng kalo diceritain ama emaknya, mba :D ini buat anak umur 10-12 tahunan.

      Delete
  2. Menarik ya Ila. Sekarang banyak buku cerita anak yang mengenalkan kekayaan Indonesia. Jaman saya kecil yang banyak itu buku cerita terjemahan dari luar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bun. Kalo dulu suka sama tulisan Enid Blyton hehe :D

      Delete
  3. Replies
    1. Hihi, iya. Ayo berburu bukunya, kak ;)

      Delete
  4. wah bukunya bagus yah.. mengenalkan anak2 betapa kayanya Indonesia.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba Thia. Cocok buat Vania nih, mba. ;)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^