Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

29 June 2014

Resensi Buku Super Handbook for Super Teens - Fita Chakra

Cover Depan
Judul Buku : Super Handbook for (Super) Teens
Penulis : Fita Chakra
Terbit : 2014
Penerbit : Metagraf (Imprint Tiga Serangkai)
Tebal : xii + 196 halaman
ISBN : 978-602-9212-92-1
Genre : Parenting

“Aku benci jadi kelompok terbuang di sekolah ini. Seandainya aku bisa masuk ke geng populer itu hidupku akan lebih menyenangkan.” (hlm. 49)

Pernahkah kamu mengalami hal yang tidak menyenangkan saat remaja seperti hal di atas? Merasa terasing di kelompoknya, lalu terkucilkan. Setiap anak remaja pasti mengalami perubahan yang cukup signifikan yang mengubah pola hidup mereka. Masa remaja membantu kita menyiapkan diri karena di fase inilah peralihan dari fase anak-anak menuju dewasa.

Jika kedewasaan seseorang bisa diukur, di fase remaja inilah, kita bisa memulai proses pendewasaan. Apa saja yang harus dipelajari, apa yang harus dihadapi, dan terpenting dari semuanya adalah apa saja peran yang harus diambil oleh orangtua untuk mampu menyeimbangkan kehidupan para anak remajanya agar tetap di jalur yang tepat. Menjadi remaja adalah hal yang lumrah, fase yang paling sering membuat remaja galau. Namun, benarkah masa remaja akan membuatmu menjadi anak tanpa jati diri? Hal ini tidak selalu benar adanya.

Menjalani kehidupan remaja pun butuh panduan lho. Super Handbook for Super Teens ini melengkapi kajian yang telah ada di buku-buku sejenis, namun kali ini lebih lengkap dan detail dengan dua bagian paling utama yaitu for teen girl dan for teen boys. Dituliskan dengan gaya bahasa bertutur, seperti seorang teman yang mengobrol dengan kawannya, buku ini memuat sisi lain dari remaja dan bagaimana keseharian mereka.
Cover belakang
Lalu, apa saja yang akan dipelajari di buku ini? Remaja bisa mengetahui apa saja yang perlu dicermati dari hal ini : bullying, internet, rokok, alkohol, narkoba, pornografi, seks, pergaulan bebas, dan HIV-AIDS. Perlunya pencegahan agar terhindar dari masalah yang ditimbulkan oleh hal tersebut. Nah, remaja bisa memulainya dengan mengetahui apa yang berpotensi menjadi akar masalah.

“Dampak bullying mengerikan lho. Bullying bisa menyebabkan trauma dan depresi. Bisa-bisa, anak-anak yang mengalaminya takut masuk sekolah dan susah berkonsentrasi. Bayangkan kalau itu terjadi pada dirimu. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak melakukan bullying pada orang lain dan juga tidak menjadi korban bullying. Kalau itu sampai terjadi, cepatlah cari bantuan.” (hlm. 15)

Beberapa masalah terjadi karena remaja tidak punya tempat untuk bertanya yang tepat saat mereka punya masalah dalam hidup. Jika memungkinkan, anak bisa berkonsultasi pada orangtua. Di sinilah peran keluarga. Remaja bisa bersahabat dengan orangtua dan kakak adik.

tips untuk hati-hati dalam bergaul dengan teman bagi para remaja
Yang menarik di buku ini, penulisnya yaitu mba Fita Chakra membahas setiap perubahan dalam diri anak remaja dengan detail yang langsung tepat menyajikan solusi yang konkrit. Seperti bagaimana memahami arti setia kawan, belajar tentang attitude, mempelajari life skill, menghalau masalah di masa pubertas dan memperbaiki penampilan dan perawatan diri.
Dampak bullying sangat berbahaya lho
Buku ini juga dilengkapi dengan halaman khusus ‘Kata Mereka’, jadi ada pendapat  beberapa orang yang ditanya tentang tema yang sedang dibahas. Ada tips untuk hati-hati dalam bergaul di hlm. 25. Ada juga lembar aktivitas yang bisa diisi oleh remaja seperti lembar aktivitas me time dengan ayah bagi remaja cowok dan ibu bagi remaja cewek(hlm. 36-37) dan lembar daftar keinginan untuk meraih cita-cita(hlm. 65). Ada juga contoh latihan membuat daftar pemasukan dan pengeluaran untuk belajar mengatur finansial. (hlm. 128-129)
Contoh latihan mengatur finansial
Nah, kebayang kan serunya isi buku ini? Remaja galau, sudah nggak zaman ya. Jadi, sudah siapkah kamu menjadi Super Teens? Yuk baca buku ini agar langkahmu makin terarah. ;)
Tips mengatasi pelecehan seksual untuk para remaja, jika mereka mengalaminya

5 comments:

  1. Edukatif banget ya mbak bukunya

    ReplyDelete
  2. coba wkt saya remaja udah ada buku ini...

    ReplyDelete
  3. mau beli aaah.. buat anakku

    ReplyDelete
  4. Waah buku mak Fitta cucok buat anakku niiih

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^