Langsung ke konten utama

Resensi Buku Skripsick - Chara Perdana


Judul Buku : Skripsick - Derita Mahasiswa Abadi
Penulis         : Chara Perdana
Penerbit       : Penerbit Matahari
Terbit            : Cetakan 1, Januari 2014
Tebal             : 143 halaman
ISBN              : 978-602-1258-65-1


“Kalian ngapain kuliah di sini, Dek? 
Masuknya susah, di dalemnya susah, keluarnya juga susah.”

Chara inget banget omongan seniornya pas Ospek malem-malem, pangkatnya MAPALA(alias Mahasiswa Paling Lama). Komen yang bikin Chara bakal keinget terus sama si senior pas dia ngerjain TA. Balada TA yang ribet itu bikin mahasiswa dilema karena  jadi dapet julukan mahasiswa paling lama di kampus. Kayak yang dialami sama Chara, dia mulai galau, selain karena jadi jomblo akut juga terdesak buat cepet-cepet lulus. Doi telat masuk sekolah dan yups, kebayang dong walo semesternya masih itungan normal, tetep aja muka dia lebih tua dari muka temen seangkatannya.

Pas dia bimbingan pun, Chara mulai galau karena belum nyentuh satu pun tema yang sesuai sama keinginan dosen. Bayangin aja, dia sampe bikin 5 proposal skripsi buat jaga-jaga. Ini gara-gara ulah Bunga, temen seangkatannya yang disebut kamus berjalan sama dia. Ibaratnya, Bunga itu temen yang demen bikin galau partnernya dengan komennya yang ga dipikirin dulu. Faktanya bener sih, tapi akhirnya bikin galau. Kayak ini misalnya :

Bunga : “Loe mau ketemu Mr. Giant?”
Gue : “Iye, mang kenapa?”
Bunga : “Proposal yang loe ajuin cuma satu?”
Gue : “Iyelah, mang kenapa?”
Bunga : “Yah... namanya mau TA tuh, ide jangan cuma satu, kalo entar ditolak gimana? Loe nggak punya ide kan?”
Gue : *galau

Apa Chara emang kena karma ya? Apa aja yang dia kerjain buat skripsick-nya selalu mentok di bagian faktor X. Mulai dari dosen yang amnesia tiap bimbingan, diusir sama ketua Lab, pesen buku  referensi tapi kagak pernah dapet, sampe sidang yang bikin dia deg-degan karena jaringan internetnya dimatiin sama Mr. Robocop. ;))

Baginya, derita ini bagai karma  karena saking lamanya sampe bikin dia sering begadang berbulan-bulan. Totalnya malah sampe 1 tahunan dia baru kelar skripsi dan mau ujian. Mau tahu apa aja pengalaman yang dia dapet pas bimbingan sama Mr. Giant dan Mr. Suneo dua dosen bimbingannya? Baca aja buku ini.

Buku yang berasal dari kisah nyata penulisnya ini, sebenernya pun pernah saya alami beberapa kejadiannya. Kayaknya semua mahasiswa di Indonesia pernah ngalami deh kejadian yang bikin sebel bin mangkel seputar skripsi. Ibaratnya, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala. Semua usaha udah dikerahin, tapi kalo emang belum ada restu dari Tuhan. Mau gimana coba? Gitu deh yang juga dialami sama Chara selama tahun terakhir kuliahnya. Maunya buru-buru lulus, tapi malah mentok di skripsi. Mentok lagi sama dosen yang nggak jelas.

Meski ditulis dengan gaya kocak, namun ada hal yang kurang saya suka karena guyonannya vulgar. Ya, saya tahu penulisnya cowok. Tapi kan, tapi... kan? Gimana ya? Enakan sih kalo guyonannya lebih elegan aja gitu. Trus juga ilustrasinya di dalam buku malah bikin saya kurang sreg bacanya. Karena absurd abis. Heuheu. Tapi kalo cover udah oke. Di dalam bukunya juga masih ada kurang info berapa jumah halaman yang ada di buku ini, jadi saya lihat halaman terakhir buku. 

           Btw, buku ini layak dibaca sama anak-anak mahasiswa tingkat akhir. Moga aja dengan baca buku ini, mereka semangat ngerjain TA/skripsinya. Badai pasti berlalu, caiyo! Percayalah, Kawan. Tuhan selalu bersama mahasiswa tingkat akhir! ;)

Komentar

  1. Guyonan yang vulgar? Hmm.. emang sering kek gitu sih :(
    makanya aku berusaha melucu tapi situasional aja, tanpa harus konyol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya gitulah, mba. Makanya dilema juga mau baca yang lucu, tapi menghibur bukan sarkastik atau vulgar di mana ya :D

      Hapus
  2. Artikel yang menarik hehe :)

    BalasHapus
  3. Inget jaman kuliah, jadi penasaran isi bukunya mba :-)

    BalasHapus
  4. kalau dibaca calon mahasiswa kaya aku bisa nambah semangat bikit skripsick atau tambah lesu ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang ini karena ceritanya komedi, mending bacanya pas senggang aja buat refreshing x)

      Hapus
  5. saya ngakak habis dan semoga yang baca ga kena kutukan sama bukunya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital