Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

21 June 2017

[Resensi Buku] Kau Pasti Bisa, Nak! - Amber Stewart


Judul Buku : Kau Pasti Bisa, Nak!
Pengarang : Amber Stewart
Illustrator : Layn Marlow
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Terbit : 2012
Tebal : 77 hlm.
ISBN : 978-602-249-048-7
Rating : 5 bintang

Resensi Buku :


Buku “Kau Pasti Bisa, Nak!” menceritakan tiga kisah menarik mengenai : Scramble, si berang-berang yang tidak bisa berenang, Bramble, si tikus tanah yang hanya menyukai buah beri, dan Puddle, si itik yang ingin sekali pergi ke sekolah.

Kisah Scramble, si berang-berang yang takut air menjadi kisah pertama dalam buku ini. Scramble tak bisa berenang padahal ia seekor berang-berang yang sehari-hari hidupnya di dalam air. Kisah ini menggugah kesadaran saya bahwa seperti halnya Scramble, anak-anak pun memiliki rasa takutnya sendiri. Scramble memiliki satu rasa takut terhadap air, ia berpura-pura bisa berenang padahal ia hanya berlari dengan cepat di atas air. Ia belum bisa menghilangkan rasa takut dalam dirinya. Padahal ibunya selalu bilang ia pasti bisa. Hingga suatu hari kakak Scramble mengajak untuk belajar berenang. Ia berkata,

“Kau harus memulainya dengan satu langkah kecil.” 
“Satu langkah kecil?” 
“Ya, satu langkah kecil.” 
“Ayo! Hari ini adalah awal untuk melakukan satu langkah kecil. Percayalah, adik kecilku, satu langkah kecil dapat mengubah hal yang tidak bisa dilakukan menjadi hal yang bisa dilakukan.”

Ya, satu langkah kecil yang mengubah semuanya. Scramble menjadi lebih percaya diri. Melewati banyak latihan hingga ia bisa berhasil melampaui rasa takutnya sendiri. Ia bisa menjadi dirinya yang baru. Scramble dulu memiliki list apa yang ia tidak bisa lakukan. Kini, ia bisa percaya diri bahwa lewat latihan dan sugesti baik pada pikirannya, ia bisa menjadi dirinya yang lebih berani. 

Cerita kedua tentang Bramble, si tikus tanah yang hanya menyukai buah berry. Sama seperti Bramble, anak-anak juga memiliki rasa suka yang berlebihan pada satu makanan yang ia favoritkan. Nah bagaimana caranya anak-anak bisa suka dengan makanan lain, seperti yang coba dilakukan oleh Bramble? Caranya dengan mensugesti diri dengan hal-hal baik. Saya suka sekali dengan kisah ini, karena ibu Bramble membisikkan kalimat indah untuk anaknya.

“Seorang pemberani berarti berani mencoba hal baru... dan sekarang kau benar-benar tikus tanah kecil paling berani di lubang ini.”

Cerita anak ketiga tentang Puddle, si itik yang ingin bersekolah. Rasa takut muncul dalam dirinya saat ia ingin bersekolah di hari pertama. Awalnya, ia suka sekali dengan gagasan tentang kelas anak-anak itik bagi itik dewasa. Puddle sulit untuk memulai hari pertamanya, namun ibunya memberikan tas yang berisi banyak barang yang mengingatkannya pada ibunya. Barang tersebut berguna juga untuk sekolahnya. Cerita ini mengingatkan saya pada kisah anak-anak saat hari pertama mereka bersekolah. Excited, bahagia, berdebar, juga takut berkumpul jadi satu.



Tema cerita anak dalam buku “Kau Pasti Bisa, Nak!” merupakan kisah yang mengangkat keberanian dalam diri anak-anak agar bisa bertumbuh dengan baik dalam masa golden age anak. Mereka akan mendapatkan kebahagiaan saat mendengarkan kisah dongeng anak yang menghangatkan hati ini. Penggambaran yang menakjubkan lewat teks yang indah dan lembut, juga berpadu dengan gambar yang fantastis dan imajinatif. Paduan teks dan gambar yang menarik buat saya sebagai orang dewasa, mengingat awalnya saya kira buku anak hanya akan terasa indah bagi anak-anak. Namun, buku ini dapat membuat hati saya pun menghangat dan bahagia saat membaca kisahnya.

Cerita-cerita anak dalam buku ini mengandung pesan moral yang berharga bagi anak-anak. Kisah yang menarik untuk dijadikan sebagai cerita pengantar tidur (good night stories). Buku anak ini cocok dibacakan untuk anak usia  pre-school. Overall, 5 bintang untuk buku anak “Kau Pasti Bisa, Nak!” ini.

sumber gambar : Bukalapak dan Tokopedia


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^