Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Garudayana Vol. 2


Judul : Garudayana Vol. 2
Pengarang : Is Yuniarto
Penerbit : m&c!
Terbit : 2010
ISBN : 9789792341164
Genre : Komik/Remaja


Kisah sebelumnya :
Kinara sang pemburu harta karun tak sengaja menemukan telur garuda di lembah para Barata, yang merupakan lokasi persembunyian seekor Ashura Api. Ternyata telur garuda tersebut menjadi incaran banyak pihak, para Ashura yang ingin memakan Garuda demi kekuatan dan hidup abadi, serta keluarga Kurawa dari Astina.

Dalam perjalanannya melindungi Garuda kecil, Kinara dibantu oleh Sang Ksatria Pringgadani Gatotkaca, para Punakawan, Petruk, Gareng, Bagong, dan salah satu dari lima Pandawa pendekar Flamboyan, Arjuna. Kini Kinara dan Garuda kecil bersiap memulai petualangan mencari para tetua Garuda yang tersebar di seluruh pelosok dunia Arcapada.

karakter komik Garudayana
Resensi :

Punakawan adalah sekelompok petualang dan penghibur keliling yang tinggal di desa Tumaritis. Petruk, Gareng, Bagong dan Kinara adalah cucu angkat dari tetua Semar, seorang pertapa bijak.

Kinara sang pemburu harta karun dan Garuda kecil berangkat menuju tebing jasad ‘Sanda Nuai’, demi mencari petunjuk tentang keberadaan Gua Kiskenda. Sementara dalam sebuah pertarungan dengan para Ashura, Gatotkaca dikejutkan oleh hadirnya lawan yang tidak pernah ia duga.

            Gua Kiskenda yang merupakan istana kuno para kera menjadi tujuan Kinara. Menurut Semar, bangsa Wanara yaitu kerajaan kera memiliki hubungan baik dengan para garuda. Pada zaman perang Yaksa yudha, bangsa manusia dan wanara bersekutu dengan para garuda, bersama-sama menaklukkan kerajaan Yaksa, Alengka.

Kinara dibekali oleh para punakawan dengan sebuah topeng, sabuk dan selusin anak panah dengan mata peledak. Kinara menuju Tebing jasad “Sanda Nuai” bersama Garuda kecil. Tempat itu ternyata berisi mayat-mayat yang tinggal terngkorak. Tulang tengkorak itu hidup kembali saat Kinara mencabut pelindung tiket gua Kiskenda. Mayat-mayat hidup itu mengejar Kinara sampai ke desa. Bahkan menyerang mereka saat sedang beristirahat.

Kinara dan Garuda Kecil
Di tempat lain, Gatotkaca mengalami masalah. Ia berhadapan dengan bangsa Ashura yang ingin melawannya. Bangsa Ashura adalah makhluk raksasa yang berasal dari dunia yang disebut Ashuraloka. Pada zaman dahulu bangsa Ashura memasuki dunia Arcapada untuk menguasai kekayaan alam di dunia Arcapada. Namun serangan bangsa Ashura tersebut dapat dipatahkan oleh para Barata.

Kini di Arcapada masih tersisa ashura-ashura yang sering membuat kekacauan dan menantikan datangnya kembali pasukan dari Ashuraloka. Beberapa ashura memiliki kekuatan elemen alam. Ada juga yang memiliki bentuk fisik dan kekuatan hewan. Ciri khas dari Ashura selain tubuh besar dan kuat, adalah taring yang panjang.

Gatotkaca
Gatotkaca diserang oleh seseorang yang tidak ia bayangkan akan menjadi lawan. Ternyata ia adalah ksatria Djangkarbumi yaitu Antareja. Rombongan Punakawan dan Arjuna pun diserang oleh Antareja pula saat sedang melakukan perjalanan. Padahal Antareja bersaudara dengan Gatotkaca. Mengapa Antareja menjadi lawan mereka?

***
Baru kali ini saya membaca komik lokal buatan orang Indonesia. Selama ini yang saya baca kebanyakan komik Jepang maupun Eropa. Tapi ternyata buatan Indonesia tak kalah bagusnya. Artwork-nya detail, ceritanya orisinal. Kalau dilihat labelnya, komik ini masuk dalam kelompok Koloni. Pembuatnya juga seorang kreator Wind Rider & Knights of Apocalypse trilogy. Komik ini dibuat tahun 2010. Saya kurang tahu apakah kisah ini dibuat sampai sekarang atau hanya berapa seri.

Saya yang notabene kurang tahu tentang kisah wayang, setelah membacanya jadi paham filosofi tokoh-tokoh wayangnya. Komik ini mengambil setting saat terjadi perang Baratayuda, namun dengan tambahan tokoh Kinara dan Garuda. Garuda sendiri diambil karena merupakan icon asli Indonesia. Garudanya lucu, apalagi pas berubah jadi senjata untuk Kinara dan ia memakai topeng. Sedangkan desain baju, senjata, dan setting checknya dibuat dengan detail. Untuk setting check ternyata memang beneran ada Sanda Nuai di tanah Toraja. Wah, komik saja butuh riset ya. Overall, saya suka cerita ini. 5 bintang untuk kisahnya yang asyik.

Postingan ini diikutsertakan dalam Comic Reading Challenge

Komentar

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com