25 November 2020

[Resensi Buku Dongeng Anak] If You Opened The Door - Arleen A

 

buku dongeng anak - if you opened the door - arleen amijaya


Judul Buku : If You Opened The Door – Jika Kau Buka Pintu Itu

Pengarang : Arleen A

Ilustrasi : Aira Rumi

Penerbit : BIP

Terbit : Cetakan Pertama, 2018

Tebal : 20 halaman

Genre : Kumpulan Dongeng Dunia Anak

Rating : 5 bintang

Baca Ebook Buku Anak via Gramedia Digital

 

Blurb Buku If You Opened The Door - Arleen A :

 

Dunia imajinasi anak adalah tempat yang menakjubkan. Kita bisa bertemu siapa pun, membangun segala yang kita inginkan, dan menghidupkan apa pun juga! Asyik,kan? Buku ini berisi cerita imajinatif anak yang lucu, aneh, seru, namun begitu mengagumkan. Siapa pun kita, di mana pun kita berada, dan tidak peduli berapa usia kita, dunia imajinasi selalu terbuka untuk kita.

 

The world of imagination is a wonderful place to be. Here, we can meet anyone, we can create anything, and everything can come alive at our command. Awesome, isn’t it?

This book consists of funny, strange and exciting imaginative stories that will remind us that… no matter who we are, no matter where we are, and no matter how old we are… the world of imagination will always welcome us.

 

Resensi Buku If You Opened The Door - Arleen A :

 

Bagaimana jika kamu menemukan sebuah pintu yang berada di sebuah pulau? Pintu yang berwarna putih dan kokoh itu menarik perhatianmu, lalu kamu membayangkan apa yang akan terjadi jika kamu membuka pintu itu?

Dunia di belakang pintu itu begitu menarik perhatian anak-anak. Saat seorang anak membuka pintu di pulau itu, ia membayangkan siapa yang menaruhnya di pulau terpencil, lalu dunia seperti apa yang ada di balik pintu itu?


“Tak ada yang tahu kenapa pintu itu ada di sana. Mungkin pernah ada pesawat yang mengangkut banyak pintu…”

“… dan ketika sedang terbang di atas pulau itu, salah satu pintu terjatuh.”

 

Jujur, waktu baca kalimat pembukanya saya terkagum dengan cara penulis mengajak pembaca untuk tertarik dengan kisah dongengnya. Dongeng tentang asal usul sebuah pintu. Ya, siapa yang bisa menyangka kalau pintu itu dibawa terbang oleh pesawat. Pesawatnya iseng bawa pintu? :P

 

Kalau saya baca pas udah dewasa, pasti imajinasi saya nggak nyampe. Hahaha. Karena saya mikirnya, eh, pintu kan berat? Ngapain pesawat itu sampe bawa-bawa pintu sebanyak itu kaya bawa bungkusan kado yang banyak banget trus ditaruh di jaring-jaring lalu dikaitkan ke pesawat.

 

Ya, itu pikiran orang dewasa seperti saya. Wekeke.

 

Ternyata, setelah baca kalimat-kalimat selanjutnya, saya jadi makin tertarik dengan dongeng ini, karena bener-bener imajinatif. Apalagi ditambah dengan ilustrasinya yang cantik dan full story telling. Wow. :D


“Mungkin pernah ada penjelajah yang pergi ke pulau itu dan membangun rumah di sana… Lalu ketika badai datang menghancurkan rumah itu, satu-satunya yang tertinggal adalah pintu itu.”

“Mungkin hewan-hewan di sana dapat mimpi yang sama tentang sebuah pintu… dan mereka membangunnya tanpa tahu benda apa itu sesungguhnya.”

 

Pas saya baca bagian ini saya mikir, betapa anak-anak itu sangat imajinatif dan daya pikirnya sangat bervariasi. Tapi, orang dewasa sudah lupa bagaimana caranya bersenang-senang dengan imajinasi mereka sendiri. Ya, makanya pas saya baca hewan bisa membangun pintu itu rasanya kaya mustahil. Haha.


Baca juga : [Resensi Buku Anak] If I Could See The Future (Jika Aku Bisa Melihat Masa Depan) by Arleen A


Hyaaa… Tapi namanya dunia dongeng yang penuh imajinasi, bikin saya jadi bahagia banget bisa baca buku dongeng semacam ini. Karena, kalimat selanjutnya justru bikin makin seruu!


“Aku tentu tidak tahu apa yang akan kau lihat jika kau membukanya. Mungkin saja kau akan melihat…”

“Segunung kue dengan krim dan gula dan buah ceri dan taburan keping cokelat”

“Jika kau buka pintu itu, mungkin kau akan memasuki… toko mainan terbesar yang semua mainannya gratis!”

“Jika kau buka pintu itu, mungkin kau akan berada di… dasar lautan terdalam. Kau akan bisa berenang bersama ikan hiu dan gurita.”

“Atau, mungkin saja kau akan melihat… dunia yang begitu berbeda di balik pintu, tempat berbagai makhluk yang sama sekali berbeda dengan kita.”

 

Dunia imajinasi anak-anak sangat berbeda dengan kita, orang yang sudah dewasa. Saat anak-anak, segala kemungkinan dalam hidup itu bisa membuat kita bahagia, tidak khawatir, tidak takut dengan segala sesuatu.

Bayangkan jika sudah dewasa, mendengar nama ikan hiu -apalagi harus berenang bersamanya- saja membuat kita khawatir ketakutan. Tapi, bagi anak-anak, mereka bahagia bisa mengenal beragam jenis hewan di lautan yang sangat indah dan bentuknya unik.


Baca juga : Resensi Buku The Water Castles by Arleen A


 

dongeng anak indonesia - arleen amijaya


Mereka bisa mengeksplorasi imajinasinya. Mereka bisa membayangkan ada toko mainan gratis yang bisa dijelajahi sepuasnya. Ya, gratis! Siapa anak yang nggak mau mainan sebanyak apapun yang mereka inginkan? Pasti semua anak menginginkan mainan terbaik, mainan terkeren, dan dalam jumlah banyak bisa dimiliki di rumah mereka.

Anak-anak punya sisi kekanakan yang tidak dimiliki oleh orang dewasa. Itu sebabnya, saat anak-anak membaca dongeng ini, mereka bisa membayangkan dunia yang bisa mereka datangi, dunia yang sangat berbeda jauh dari dunia yang dihuninya saat ini.

Fantasi yang diciptakan dalam buku dongeng ini membuat hati saya menghangat karena penulisnya, mba Arleen menuliskan banyak keindahan di balik sebuah pintu.

 

“Tapi aku tahu apa yang akan kulihat ketika aku membukanya. Aku akan melihat… meja makan dengan kue panekuk kesukaanku di atasnya. “

“Jika aku membukanya, aku akan melihat televisi dan selimut kain perca buatan nenek terhampar di atas sofa.”

“Jika aku membukanya, aku akan melihat celemek ibu, yang berarti ada kue di dalam panggangan.”

 

Well ya, siapa yang bisa membayangkan ada banyak imajinasi yang bisa diciptakan dari balik sebuah pintu? Seperti pintu ajaib Doraemon, kita bisa masuk dan menjelajahi berbagai keindahan dan beragam kemungkinan yang bisa diciptakan. Dunia yang sangat jauh berbeda, dunia yang bisa membuat kita berpikir,

 

“Ada ya dunia kaya gitu? Apakah dunia itu akan ada dan tercipta di masa depan? Apakah dunia itu bisa kudatangi saat ini, atau di masa depan nanti?”

 

Baca juga : [Resensi Buku] Kumpulan Dongeng Futuristik by Arleen A


Kesimpulan : 


Buku If You Opened The Door (Jika Kau Buka Pintu Itu) karya Arleen Amijaya merupakan buku kisah dongeng bertema Imaginative Tales Collection. Buku dongeng ini sangat tipis, karena hanya memuat 20 halaman saja. Setiap kalimatnya membuat pembaca anak mengalami pengalaman luar biasa dan menakjubkan, karena imajinasi yang dihasilkan lewat kata-kata dalam buku tersebut.

Buku dongeng ini ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selain itu, ilustrasi bukunya juga sangat bagus dan menarik perhatian pembaca. Buku ini dihadirkan untuk memberikan imajinasi bagi anak-anak saat mereka bertumbuh.

Nah, usia anak yang bisa membaca buku dongeng ini mulai dari 5-7 tahun ya. Orang tua bisa membacakan dongeng bagi anak-anak saat mereka akan pergi tidur. Jadi, bonding antara orang tua dan anak pun tercipta. Ini akan membuat anak menjadi lebih sayang pada orang tuanya.

Bagi kamu yang ingin membaca buku anak ini, kamu bisa membaca ebook buku dongeng ini di Gramedia Digital ya. Untuk akses yang lebih murah, kamu bisa berlangganan Premium Kids Premium Package seharga Rp. 45.000/bulan yang bisa diakses di 5 device yang berbeda. 

Jika kamu ingin membaca seluruh judul buku Kompas Group, kamu bisa berlangganan aplikasi baca ebook Gramedia Digital, lalu pilih paket Full Premium Package ya. Nah, selamat membaca! ;)

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^