14 Januari 2023

[Resensi Buku] Kereta Semar Lembu by Zaky Yamani



Judul buku : Kereta Semar Lembu

Penulis : Zaky Yamani

Penerbit : Gramedia

Terbit : edisi digital, 2022

Tebal : 320 hlm

Rating buku : 4/5 🌟

Baca ebook Kereta Semar Lembu di aplikasi Gramedia Digital





Sinopsis Buku Kereta Semar Lembu By Zaky Yamani


Lembu tak pernah tahu kenapa dia dikutuk tak bisa jauh-jauh dari rel kereta api. Kutukan yang membuat dirinya berkelana menumpang kereta api, melewati seluruh jalur yang ada di Jawa, selama 100 tahun kehidupannya.


Tak juga pernah dia ketahui sejarah ibunya, atau tentang Mbok Min -yang mengasihinya, nyaris tanpa syarat. Pun dia tak tahu dari mana datangnya makhluk-makhluk yang hanya terlihat olehnya.


Makhluk-makhluk gaib datang bergantian, menemani setiap fase kehidupannya. Lembu memang tak ingin tahu semua itu. Namun, dia tahu, dia lahir saat jalur kereta pertama di Jawa sedang dibangun.


Lembu juga mungkin tahu, sesungguhnya ada yang selalu mengawasinya. Setiap langkahnya sudah ditentukan sejak dia lahir untuk sebuah tujuan. Bahkan bagaimana dia mati pun sudah ada yang mengatur.


Kerincing yang terkalung di lehernya---simpul dari kehidupan ibunya dan kehidupan Lembu sendiri---membuat dia harus berurusan dengan dewa-dewa yang kian tersingkir saat tanah Jawa semakin tenggelam ke abad modern.



Resensi Buku Kereta Semar Lembu - Zaky Yamani :


Hidup Lembu bermula dari rel kereta api ke gerbong-gerbong kereta lain. Kehidupannya tak pernah jauh dari rel kereta. 


Dulu, ibunya kawin di saat rel kereta Jawa baru dibangun di tahun 1864 an saat Belanda menjajah Indonesia. 


Takdir Lembu sangat aneh. Ia lahir dari seorang pelacur yang kawin dengan buruh cangkul rel kereta api di Jawa. 


Badannya jauh lebih kecil dari usia aslinya. Hingga membuat ia terlihat awet muda. Namun, yang paling aneh adalah kisah hidup dan kematiannya.


Lembu hidup selama 100 tahun sebagai manusia dan 50 tahun sebagai arwah gentayangan di tepi rel kereta api. 


Baca juga : [Resensi Novel Sejarah] Kuda by Panji Sukma


Bab 1 novel ini dimulai dengan kisah Lembu yang mendapatkan perayaan kematian. Akhirnya setelah 50 tahun menanti, ia dimakamkan dengan layak. Tulang-tulangnya ditemukan di bawah rel kereta api yang sedang diperbaiki.


Karena hal inilah, seluruh arwah gentayangan ikut berpesta, sebagai simbol bahwa harapan itu masih ada. Harapan di mana para arwah akan ditemukan oleh orang dan dimakamkan dengan layak. 


Bab berikutnya bahas kisah Lembu dan lonceng miliknya. Setiap kali lonceng ditiup, ada orang yang tersambar petir di kebun dan sawah sekitar rel. Petir menyambar orang-orang itu hingga mati. Lembu sangat takut tiap kali tahu entah berapa banyak orang mati karena tiupan kerincing peraknya.


Kisah selanjutnya berlanjut dengan kisah pernikahan Lembu dan Min, yang memberinya 10 anak. 


Setelah menjelajah jalur kereta api di Jawa, akhirnya Lembu melanjutkan hidupnya ke Batavia. Saat itu usianya 35 th, tapi kelihatan seperti anak usia 17. 


Kisah Semar Lembu yang hidup dalam kutukan dan berkah yang diberikan semesta, membuat ia selalu dilanda kekhawatiran. 


Lembu hidup lebih lama dibanding orang lain, bahkan hingga 100 tahun sebagai manusia, dan 50 tahun sebagai hantu gentayangan. 


Hidup yang lama justru membuat ia merana karena ditinggal oleh orang tersayang ; Ibunya, Min, dan Uma. 


Kehilangan Uma membuatnya semakin kurus dan tak terawat. Bahkan pernah dia dianggap gila saat datang ke stasiun kota lain menggunakan kereta api yang melintasi Kedungjati. 


Quotes novel Kereta Semar Lembu

"Kisah-kisahmu merupakan ramuan imajinasi anak-anak yang sangat liar, bercampur dengan pengalaman orang dewasa yang juga sangat liar. Merambah ke segala hal, sampai ke dunia mistis orang-orang Jawa." (Kereta Semar Lembu, Bab 9)


Kedatangan Punakawan (Semar, Gareng  Petruk dan Bagong) hanya sebagai penjaga kerincing ajaib yang dimiliki Lembu. Justru membuat aku bertanya, "Mengapa Punakawan hanya melihat kehidupan Lembu, tanpa mau ikut campur tangan?"


Yaa... Seolah, begitulah takdir. Dunia gaib tak akan bisa membantu Lembu menyelesaikan tugas dalam menjalani kehidupan yang rumit. 


Manusia hanya bisa menyelesaikan takdir yang telah ditentukan, bahkan sebelum mereka lahir. 


Kelapangan hati Lembu akan membantunya melewati proses kehidupan yang tak mudah. Yaa.. Bukan berarti hidup akan sengsara, tapi akan selalu ada tantangan di setiap tahap kehidupan.


Lalu, bagaimana akhir kisah perjalanan Lembu? Baca di novelnya ya! 


Menurutku : 


Bagaimana rasanya membaca buku dengan konsep surealis magic? 


Jujur, waktu saya baca, kesannya novel Kereta Semar Lembu ini sangat disturbing dan vulgar. Jadi, hanya boleh dibaca oleh orang dewasa ya. 


Saya penasaran baca novel Kereta Semar Lembu ini karena label pemenang novel DKJ. Kereta Semar Lembu menang Sayembara DKJ 2021 dan Sastra Pilihan Tempo 2022. 


Well... ceritanya sangat kompleks. Tapi satu yang saya perhatikan. Vibesnya mirip dengan Cantik itu Luka dan film Coco. Selain itu, ada tokoh punakawan dan dalang juga.


Quotes novel kereta semar lembu

Sepertinya, setelah baca novel ini, bayangan saya tentang rel kereta api dan gerbong-gerbong tua tidak akan pernah sama lagi. 


Yaa... Semacam horor gitu sih. Membayangkan ada berapa banyak orang yang dulu pernah mati karena sistem tanam paksa dan jadi buruh cangkul di sekitar rel kereta tempo dulu.


Apalagi konsep pajak ke penguasa kerajaan di Jawa dl bikin orang jadi tak berani untuk memberontak. Para petani dipaksa menjadi buruh untuk mengurus lahan milik para bupati. Jika melawan akan dibunuh. Lalu, ada juga keluarganya diambil paksa menjadi budak.


Inilah sebabnya, zaman dulu banyak dibangun pabrik gula dan rel kereta di Jawa yang menghubungkan daerah-daerah pelosok hingga ujung pulau Jawa.


Novel Kereta Semar Lembu ini juga menampilkan sisi kelam penjajahan Jepang yang sangat tidak manusiawi. Bahkan, jauh lebih parah dibanding era penjajahan Belanda. 


Selain itu, novel ini juga menggambarkan bagaimana serikat buruh kereta api bekerjasama untuk mengembangkan aliran komunis. 


Novel Kereta Semar Lembu ini juga mengusung bahasan punakawan dan dewa-dewa tanah Jawa yang jarang dibahas, bahkan menunjukkan peristiwa penting perjuangan kemerdekaan RI dan pergolakan politik selama rentang waktu 100 tahun sejak 1864-1965. 


"Kita bahkan tak tahu, apakah setelah ini kita siap saling membunuh demi mengisi kemerdekaan yang telah kita perjuangkan setengah mati." (Bab 19)




Timeline waktu di novelnya memang sangat panjang, tapi serasa ada beberapa tokoh sejarah yang hanya numpang lewat. Meski begitu, porsi gambaran tokoh Meneer Jansen, Soekarno, Semaoen, Buyung, dan Soedarno juga dituliskan dengan detail. 


Overall, rating novel Kereta Semar lembu : 4/5 🌟


Kutipan novel Kereta Semar Lembu :


"Semua orang sama di hadapan Tuhan, tak ada yang lebih tinggi dari yang lain. Dan tak ada yang berhak dijajah siapa pun." (Bab 8)


"Lakukanlah tugasmu sebagai manusia dengan lapang dada. Bahwa hidup itu semata tugas yang memang harus dijalani." (Bab 20)


"Siapapun bisa tergilas roda takdir, dan itu sangat menyakitkan. Tapi begitulah semesta bekerja, menetapkan manusia secara acak di jalur yang harus dilalui roda takdir. (Bab 20)




15 komentar:

  1. wah Zaky Yamani, penulis favorit saya nih
    Tulisannya selalu bernas, salah satunya Kehausan di Ladang Air
    Dia sering menang lomba, karena harus banget mengoleksi bukunya

    BalasHapus
  2. Kalau baca cuplikannya ini kaya surealis mistik yang mungkin penuh metafora tentang perspektif penulisnya dalam memandang hidup. Menarik.

    BalasHapus
  3. Saya kok jadi ikutan merinding Mbak. Sebagai penggemar karya tulis dan sinema bergenre horor, thriller dan crime, apalagi ada penghargaan karya sastra dari Tempo, saya langsung tergugah untuk baca buku ini. Cus ah beli di Gramedia

    BalasHapus
  4. Rasanya novel dengan pemenang novel DKJ Sayembara DKJ 2021 dan Sastra Pilihan Tempo 2022 memang selalu memiliki kisah yang unik dari sudut pandang budaya, sejarah juga mungkin penokohan ya..
    Kalau pun ada bumbu sensual, itu semakin membuat pembaca penasaran. Hihi..

    Btw, La..
    Aku dulu penggemar cerpen pemenang lomba yang ada di milis apaa gitu yaa, La..

    Kisahnya tuh selalu plot twist bagaikan nonton film.
    tapi aku lupa dul u bacanya selain via milis, via apalagi ya..???

    BalasHapus
  5. Nah kebeneran lagi pengen baca buku genre horror saya nih kak, sinopsisnya aja udah seru banget..jadi kepo mau baca bukunya

    BalasHapus
  6. Pantas ini genre surealic magic ternyata ya. Gak aneh kalau keluar sebagai pemenang novel DKJ, secara semua pemenang lomba itu, saya baca kisahnya seperti di luar nalar saya yg awam ini. Hahaha... Maksudnya Bahasa nya itu tingkat tinggi. Kadang saya malah tidak mengerti

    BalasHapus
  7. Pemenang novel DKJ. Kebayang sih novelnya pasti bagus. Apalagi bercerita tentang Lembu yang hidup selama 100 tahun sebagai manusia dan 50 tahun sebagai roh gentayangan.

    Ngeri-ngeri sedap sih merasakannya. Apalagi ada cerita kalau Lembu akan dimakamkan secara layak.

    Apakah ini maksudnya dia mati secara nggak wajar?

    Aih. Aku penasaran. Sama penasarannya dengan Cantik itu Luka. Aku belum selesai baca.

    BalasHapus
  8. Ceritanya sekelas cantik itu luka, wah berarti novel tapi agak berat ya mbak. Baca resensinya ini aja saya beberapa kali mesti berhenti sejenak, mengerutkan dahi.

    BalasHapus
  9. Yeayyyy, akhirnya baca ulasan lengkapnya. Kapan itu sempat baca di postingan IG Mba lhooo, trus baca ini versi lebih komplitnya. Saya suka saya suka, udah auto capcus baca di aku Gramedia Digital sih.. :-D

    BalasHapus
  10. Nggak hanya jadi teman aja buku ini, tetapi juga dapat penggambaran tentang penjajahan juga.
    Selain itu juga pastinya ada pesan moral ya, buat dijadikan hikmah bagi kita sebagai pembaca

    BalasHapus
  11. Membaca judulnya juga sudah sangat menarik perhatian. Kereta semur Lembu. Ini ada unsur fantasinya ya Mba? Saya salut ama penulisnya, Zaldy Yamani, yang karyanya berhasil jadi juara DKJ 2021 dan Astra Pilihan Tempo 2022. Keren

    BalasHapus
  12. wow, ceritanya menarik banget yaa, tentang arwah. jarang-jarang nih buku yang mengambil tema ini. jadi penasaran pengen baca bukunya, tapi kayaknya saya gak bakalan berani membacanya di malam hari, hehehe

    BalasHapus
  13. Unik juga ebook ini . Ternyata dibalik keunikan dengan memadukan budaya dan cerita tidak heran kalau menang juara tingkat DKI karena penulis harus riset panjang tentang budaya

    BalasHapus
  14. Ceritanya menarik banget ya kayaknya. Apalagi si Lembu dapat berkah hidup 100 tahun. Hemm, sedih sih bisa sampai umur segitu, pasti melewati banyak kehilangan orang-orang tersayang.

    Saya jadi pengen segera baca, padahal bukunya sudah punya. Hehe. Mau siapin niat membacanya kalau begitu. Terima kasih Kak Kiky, resensinya menggugah pisan

    BalasHapus
  15. Mbaaa aku pikir awalnya ini lembu tuh sapi, ternyata orang ya. Panjang umur banget buset 100 tahun sebagai manusia, 50 tahun sebagai hantu. Jadi ini salah satu pemenang lomba DKJ 2021 ya. Aku penasaran sih mau baca meski kata mbanya agak disturbing atau vulgar. Pengen tahu sisi kelam penjajahan lebih banyak. Otw masukin list untuk dibeli

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Big Ad