Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Mereka Sudah Mati - Arumi E

 


Judul buku : Mereka Sudah Mati

Penulis : Arumi E

Tebal : 296 halaman

Terbit : edisi digital, 2023

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Genre buku : novel horor

Rating : 3,5/5 bintang


Download dan baca ebook novel "Mereka Sudah Mati"  karya Arumi E di aplikasi Gramedia Digital



❤️❤️❤️


📚 Sinopsis Buku Mereka Sudah Mati - Arumi E


Anak-anak itu bernyanyi gembira, berlarian tak kenal lelah, sama sekali tak seperti anak-anak yang sakit. Begitu yang terlihat oleh Suster Violet. Namun, suster lain melihat hal yang berbeda. Anak-anak itu sangat menyeramkan, tangan mereka gelap berkuku panjang, mencengkeram sangat kuat hingga menimbulkan lebam-lebam. 


Bian, seorang dokter magang dan Tama, seorang dokter spesialis pun terpaksa harus mengakui ada sesuatu yang mistis di rumah sakit ketika mereka juga merasakan cengkraman gaib. 


Suster Violet yang mampu melihat hal-hal gaib, bukan hanya roh orang yang sudah meninggal tapi juga roh orang yang akan meninggal, merasa bertanggung jawab untuk mencari tahu penyebab roh-roh itu muncul. 


Namun, apa jadinya jika dia sendiri malah terjebak di dunia gaib?




❤️❤️❤️



⏩️ Review Mereka Sudah Mati - Arumi E : 


Novel Mereka Sudah Mati ini novel horor berlatar rumah sakit. Novel ini menguak kasus kematian beberapa orang sekaligus dalam satu waktu yang melibatkan Suster Vio, Dokter Tama dan Dokter Bian 


Siapa sangka, Violet harus berurusan dengan hantu bernama Elsa yang menghuni taman rumah sakit, tempat dia baru bekerja. 





Hari pertama bekerja, Vio tersesat di alam gaib. Paginya, dia ditemukan tergeletak di taman dekat ruang rawat inap. Suster kepala mengira Vio tidak masuk kerja sehingga memperingatkan Vio. Vio baru sadar suster kepala yang ditemuinya semalam bukanlah suster yang sama.


Vio mulai menyadari ada roh yang bisa dilihatnya berkeliaran di RS, di saat jam jaga. Kadang arwah itu menampakkan diri dan menunjukkan bahwa waktu mereka di dunia sudah habis. 




Arwah itu sekilas mirip manusia yang sedang sakit. Istilahnya, Doppelganger/ kembaran yang mirip dengan manusia asli, padahal itu hanya roh saja. 


Vio bisa melihat pasien yang menampakkan wujudnya, keesokan harinya meninggal.


Oh iya, ada kejadian ganjil yang membuat pasien anak mengalami insiden hingga membuat badannya dipenuhi lebam, seolah ada tangan-tangan yang mencengkeram. 


Kecurigaan Vio, Bian, dan Tama pun mengerucut pada kasus hilangnya anak bernama Elsa yang menghilang di rumah sakit pada 2 tahun lalu. 


Sejak itu, banyak kejadian aneh yang dirasakan oleh para pasien, suster dan dokter di RS. Mereka sering dihantui roh, dan kadang sampai tersedot ke dimensi lain. 


Lalu, siapa sebenarnya para hantu itu? 


⏩️ Menurutku : 


Novel ini terbilang novel horor yqng ringan. Level mengerikannya nggak seseram KKN di Desa Penari. Meski begitu, pace alurnya cepat dan bisa dibaca dalam sehari. 


Apakah worth it? 


Aku rasa penulis berusaha menunjukkan bahwa di kalangan dokter dan suster pun ada yang nggak percaya hantu. Tapi bukan berarti mereka nggak ada. Yaaa, ada aja. Kita bersinggungan dengan hal-hal semacam itu. 


Karakter 2 dokternya dibuat penuh dengan logika, jadi seolah denial terus, sampai menjelang ending baru mau bantuin Vio. 


Sedangkan Vio digambarkan punya kemampuan melihat ruh yang berkeliaran menjelang ajal. 


Yang menarik dari novel ini apa ya, kayaknya lebih ke hal-hal aneh yang berusaha dipatahkan para tokohnya dengan logika, tapi akhirnya endingnya begitulah. 


Misteri suster kepala dan hantu Elsa yang menghantui ini bisa bikin kamu merinding kalau divisualkan. 


✅️ Rating buku : 3,5/5 🌟


Nah, selamat membaca ya! 


Komentar

  1. Susah pisan menemukan cerita horor yang bagus. Dan karena saya jarang baca buku horor, saya mau merekomendasikan novel horor berjudul Kosong by Ade Igama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, novel terbitan mana? Boleh deh dicatet dulu. Kali aja nemu di ipusnas. Hehe

      Novel "Mereka Sudah Mati" ini agak nanggung menurutku. Kesannya penulis kayak mau melogikakan banyak hal, tp jadinya malah bikin horornyaa tertahan. Nanggung gituu

      Hapus
    2. Itu buku terbitan Bentang Belia, Mbak. Buku lama sih, saya juga dapatnya pas gratisan waktu Corona sedang tinggi-tingginya.

      Nah yang nanggung-nanggung ini memang lumayan banyak. Sayang banget padahal..

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com