25 Januari 2023

[Resensi Buku] Vision - Cindy Jessica


Judul Buku : Vision

Penulis Buku : Cindy Jessica

Tebal : 256 halaman

Terbit : edisi digital, 2022 

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

ISBN : 9786020661247

Genre : novel young adult

Rating : 3,5/5 🌟


Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku Vision - Cindy Jessica : 


Amanda punya indra keenam. Kelihatannya keren ya? Kenyataannya, keluarga Amanda sempat khawatir dia bakal dicap aneh sama orang lain. 


Mereka berusaha supaya nggak ada yang tahu tentang kemampuan Amanda yang sering dapat penglihatan tak terduga. Apalagi, penglihatan itu selalu tentang orang lain, nggak satu pun tentang Amanda sendiri.


Suatu hari, Amanda melihat dia bakal menikah dengan cowo yang lebih tua darinya. Penglihatan ini bikin Manda salah tingkah dan sulit membedakan mana yang kenyataan dan halu. Dia juga harus berurusan dengan Utha, cowo kocak yang suka becanda dan jailin Manda. 


Manda khawatir dia jatuh cinta sama Utha, padahal penglihatannya menunjukkan sebaliknya. 


Lalu, gimana cara Manda menghadapi hari-hari absurd bareng Utha, Tami, dan Om Wira?




Review Buku Vision - Cindy Jessica : 


Novel Vision ini termasuk novel teenlit dengan tema yang unik tentang dunia ghaib. Novelnya tuh kayak si Wednesday Addams versi ringan dan ceria. Jadinya malah kocak dan konyol, bukan horor. Wkwk. 


Bayangin aja, adegan pembuka novelnya agak absurd. Utha bantuin Manda karena cewe itu pingsan di dekat pohon tua dekat rumahnya. Katanya sih abis diliatin hantu penunggu pohon. Gara-gara kejadian itu, Manda sampe harus ngungsi dulu ke rumah Tami, sepupu Utha. 


Btw, Tami ini sohib Manda di sekolah. Tapi, kalo diliat-liat interaksi mereka nggak gitu intens digambarkan di sini. Malah kesannya kayak Manda lebih deket ama Utha, daripada sama Tami.


Banyak kejadian aneh dan absurd yang dialami Manda dan Utha. 


Salah satunya pas Manda abis putus sama pacarnya, Virgo. Eh, dia buru-buru masuk ke mobil Utha dan minta dianter ngikutin Virgo dan pacar barunya. Abis itu, malah ada insiden dikejar-kejar Raden Inu Kertapati abal-abal alias orang gila. wkwk





Bahkan pernah juga diajakin ngadem di ATM karena Utha nggak tahan panas. Manda juga pernah kebawa masalah karena kelakuan absurd Utha yang pengin ngadem di ATM sampe dikira sindikat pencuri dan pembobol ATM.


Semua kejadian itu bikin Manda makin deket sama Utha, tapi di sisi lain, dia juga kenalan dengan Om Wira, om nya Utha yang blasteran bule.


Manda sempat mendapat penglihatan dia beli cincin tunangan dan ngurus anak bayi, anak Om Wira. Masalahnya, Manda manggil Om wira dengan sebutan Mas. Ini yang bikin Manda berpikir Manda bakal nikah sama om-om. Wkkwk


Menurutku : 


Novel Vision ini terbilang ringan dan bisa jadi sarana melepas penat. Saking ringannya, alurnya nggak perlu dipikirin. Alur dan konfliknya khas anak remaja banget, bukan yang ribet ya. Beneran kayak novel jadul Gramedia dulu yang isinya konflik ringan ala anak sekolahan doang.


Masalahnya, alur ceritanya absurd dan random. Udah bisa deh dimasukin ke genre alam mimpi saking randomnya. 😅🤣


POV tokohnya bisa berganti-ganti secepat kilat sesuai mood penulis. Jadi kadang tuh bingung. Lha kokk.... udah ganti isi kepala. Hahaha 😅


Kekurangan lainnya apa ya, kayaknya ini nggak pake outline deh. Keknya asal trabas aja, sampe cerita slese. Jadi, character developmentnya juga kurang kuat. Dibilang bisa liat masa depan juga kayak kurang meyakinkan. Dibilang bisa liat hantu juga nggak sering diliatin. Hehe. Yawis kek gitu aja. 




Yang bikin seru itu adegan konyol dan tek-tokan becanda sama Utha. Utha dan Manda ibarat love hate relationship. Ribet bener deh kalo becanda nggak ada habisnya. Tapi serunya, Utha ini family man, suka jemput Manda dan Tami, trus ngajak traktir makan juga. 


Novel Vision ini konfliknya juga termasuk ringan untuk ukuran teenlit. Jadi, nggak usah banyak mikir. Nikmati aja, dan baca sampai selesai hyaa


Nah, selamat membaca novel teenlit Vision karya Cindy Jessica ya!  ❤️


2 komentar:

  1. Kayaknya banyak sisi komedinya dibandingkan keseriusannya. Tapi apa iya konfliknya hanya soal penglihatan saja atau ada konflik lainnya. Tipe-tipe buku ini memang paling pas dibaca setelah baca buku yang bikin mikir. Saya juga jadinya menyiapkan buku-buku teenlit buat bacaan berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Coba aja baca teenlit buat selingan.

      Konfliknya ringan banget. Tentang salah paham soal penglihatan Manda. Tapi diselingi tek-tokan becanda sama si Utha. Itu aja sih.

      Yaah... sekilas mirip ama novel wattpad AU yang ringan. Sama sekali ga perlu mikir. Makanya bisa diselesaikan dalam waktu sehari

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Big Ad