8 August 2020

[Resensi Buku] Seri Pahlawan Nasional - Cut Nyak Dien by Watiek Ideo & Nindia Maya

 

seri pahlawan nasional cut nyak dien - buku anak


Judul Buku : Seri Pahlawan Nasional : Cut Nyak Dien

Pengarang : Watiek Ideo & Nindia Maya

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2020

Tebal : 36 hlm.

ISBN : 978-623-04-0103-9

Rating : 4/5 bintang

Kategori baca : Anak 7 tahun

 

 

Sinopsis Buku :

Cut Nyak Dien adalah perempuan tangguh dan pemberani asal Aceh. Keberaniannya pada zaman itu mengobarkan semangat rakyat Aceh untuk melawan Belanda. Seluruh hidup Cut Nyak Dien dicurahkan untuk membela dan memperjuangkan bangsanya.

Bagaimana cerita kehidupannya?

 

Resensi Buku :

Kisah hidup pahlawan Indonesia sangat perlu diapresiasi dan dikenang, karena berkat jasa mereka bangsa Indonesia bisa merdeka dari penjajahan. Di buku anak  Seri Pahlawan Indnesia : Cut Nyak Dien karya Watiek Ideo dan Nindia Maya ini, pembaca anak bisa mencontoh semangat pantang menyerah dari Cut Nyak Dien. Buku anak ini berbentuk pictorial book dengan jumlah halaman yang sedikit. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan illustrasi dari Dhidhit Prayoga. Illustrasinya cantik banget lho.

Buku Anak Seri Pahlawan karya Cut Nyak Dien ini mengisahkan kepahlawanan Cut Nyak Dien, perempuan Aceh yang sangat pemberani. Keberaniannya didapat dari didikan ayahnya, Teuku Cik Ditiro. Ia berjibaku melawan penjajahan yang terjadi di Aceh saat itu. Berbekal rencong, Cut Nyak Dien memimpin pasukan untuk melakukan serangan balik kepada Belanda.

Bahkan sejak ia menikah dengan suaminya, Teuku Umar, Cut Nyak Dien sangat gigih memperjuangkan kemenangan pasukannya melawan penjajah. Namun, halangan dan rntangan muncul. Bahkan Ia pun diasingkan di Sumedang.

Buku anak Cut Nyak Dien ini memberikan gambaran detail tentang kisah perempuan pemberani, salah satu pahlawan yang dimiliki Indonesia. Anak-anak perlu dikenalkan dengan pahlawan sejak dini agar mereka memiliki jiwa patriot yang tinggi. Selain itu, buku anak ini tidak menampilkan peperangan dalam bentuk gambar yang berdarah-darah. Jadi bisa dibilang sangat aman dinikmati oleh pembaca anak-anak.

Untuk segmen pembaca, penulis menargetkan buku ini dibaca oleh pembaca anak berusia 7 tahun. Nah, pembacaan bukunya bisa ditemani oleh orang tua sehingga anak-anak bisa mengerti apa yang terjadi pada tokoh tersebut. Selain itu, gambaran Cut Nyak Dien di sini dikenal sebagai tokoh atau pemuka agaman yang sangat disegani. Jadi gambar illustrasinya juga menunjukkan wibawanya tersendiri.

Nah, bagi ayah dan ibu yang ingin menghadiahkan buku anak yang bermutu, bisa membeli buku anak Seri Pahlawan : Cut Nyak Dien ini ya. Selamat membaca! ;)

 

 

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^