20 August 2020

[Resensi Buku] Jangan Bilang Kamu Enggak Bakalan Sukses Berkarier! by Victor Hugo W

 

Judul Buku : Jangan Bilang Kamu Enggak Bakalan Sukses Berkarier!

Pengarang : Victor Hugo W.

Penerbit : Grasindo

Terbit : Cetakan Pertama, 2017

Tebal : 200 halaman

ISBN : 978-602-452-336-7

Rating : 4/5 bintang

Baca via Gramedia Digital

 

 

Sinopsis Buku :

 

Katanya introvert itu suka bekerja sendirian, jarang ngobrol di tempat kerja, enggak bisa jadi pemimpin.

Katanya ekstrovert itu enggak suka beraktivitas sendirian, pembicara hebat, dan enggak pintar.

Kamu introvert atau ekstrovert?


JANGAN BILANG KAMU ENGGAK BAKALAN SUKSES BERKARIER!

 

·         Perbedaan introvert dan ekstrovert dalam berkarier

·         Mitos tentang introvert dan ekstrovert dalam berkarier

·         50 best jobs untuk introvert

·         50 best jobs untuk ekstrovert

·         Tingkatkan kualitas dalam berkarier

·         Orang-orang introvert dan ekstrovert yang sukses berkarier

 

Resensi Buku :


Apakah kamu introvert atau ekstrovert? Selama ini kita mengenal dua jenis kepribadian manusia yaitu yang digolongkan dalam kategori Introvert dan ekstrovert. Keduanya punya karakteristik yang sangat jauh berbeda, namun jika kita sudah mengenalnya, kita akan makin tahu potensi diri sendiri dan dapat memaksimalkannya untuk karier.

Nah, kita bisa mulai mengenal introvert dan ekxtrovert dari ciri-ciri yang terlihat. Ciri orang introvert yaitu lebih suka berpikir dulu sebelum menjawab. Introvert juga memilih teman secara bijak. Kalau udah ketemu teman yang klop, mereka akan sangat loyal dalam persahabatan tersebut.

Selain itu, ciri introvert lainnya adalah lebih pintar dan hebat dalam menulis daripada bicara. Seorang introvert juga lebih suka di rumah karena merasa nyaman dengan lingkungannya. Ia akan menghabiskan waktu dengan menonton televisi atau bermain computer. Introvert juga senang menghabiskan waktu santainya untuk membaca buku di tempat yang tenang dan nyaman.

Berbeda halnya dengan Ekstrovert. Ciri orang ekstrovert antara lain yaitu : ekstrovert senang tersenyum dan sangat percaya diri. Selain itu, ekstrovert juga senang mengobrol dan menjalin kebersamaan yang lama. Ekstrovert senang mengekspresikan dirinya dengan berbagai hal, apalagi supaya terlihat mencolok di tengah banyak orang. Ekstrovert senang dengan pujian dan terlihat hebat saat bersama teman-temannya. Ekstrovert sangat senang berdebat dan berkata-kata, ia suka berbicara tanpa berpikir apalagi kalau lagi emosi. Jiwa petualang ekstrovert sangat menggebu-gebu. Ia senang dengan tantangan dan selalu mencoba hal yang baru.

Lalu, dalam hal karier, bagaimana introvert dan ekstrovert dalam memaksimalkan potensinya? Yuk simak ya!


Mind Map Orang Introvert untuk Memaksimalkan Potensi dalam Karier :

  •  Istirahat : pergi ke toko buku dan pergi ke museum
  •  Ide : tidak dapat mengutarakan secara langsung (lisan). Biasanya dalam bentuk tulisan (Proposal kerja, dll)
  • Manajemen waktu : tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Efisiensi, sehingga tidak menelantarkan pekerjaan.
  • Mandiri : mengandalkan diri sendiri dan tidak menyukai di dalam tim
  • Suasana dan tempat : tidak berisik dan memiliki privasi.

Mind Map Orang Ekstrovert untuk Memaksimalkan Potensi dalam Karier :

  •  Istirahat : Hangout bareng temen kantor dan pergi karaoke bareng teman kantor
  • Koneksi kerja : menjaga hubungan baik rekan bisnis sehingga menambah rekan bisnis
  • Kerja tim : senang bekerja dalam tim/berkelompok
  • Komunikasi : diskusi kelompok (tim) untuk menyelesaikan masalah
  •  Ide : diutarakan secara langsung



Dalam dunia pekerjaan, seseorang dapat bertemu dengan berbagai karakter yang sangat berbeda. Itu sebabnya, saat kita bertemu orang lain, kita perlu untuk menyesuaikan diri dengan karakternya. Tujuannya agar kita bisa tetap merasa nyaman satu sama lain. Jika kita bekerja dengan orang introvert, kita harus menyesuaikan diri dengan karakternya. Apa yang membuat ia cepat menyelesaikan pekerjaannya, apa yang bisa membuat kita nyambung ngobrol dengannya, atau pun kemampuan bekerja di dalam tim. Nah, orang introvert tidak suka bekerja di tempat yang ramai. Sedangkan orang ekstrovert lebih suka bekerja dengan tim dan banyak diskusi atau obrolan tentang ide secara langsung.

 

“Karena dalam hal kepribadian, memilih karier yang tidak sesuai justru membuat kemampuanmu tidak menonjol dalam kemajuan karier dan malah membuatmu sulit mencapai keberhasilan dalam karier tersebut.” (hlm. 34)

 


Inilah 5 mitos tentang orang introvert : 

Ada 5 mitos introvert yang saya temukan dalam buku ini. Sebagai seorang introvert, saya mengamini apa yang dituliskan oleh penulis buku ini. Nah, apa saja 5 mitos itu?

Orang introvert lebih suka bekerja sendiri. Nah, memang benar, karena mereka lebih suka kebebasan dalam menyelesaikan tugas, dengan sendiri, mereka lebih cepat menyelesaikan tugas yang diberikan.

Orang introvert jarang ngobrol di tempat kerja. Sebenarnya bukan tidak suka ngobrol, tapi ngobrol kalau ada perlunya saja. Bukan yang seperti ekstrovert senang ngobrol apapun ya. Karena selektif inilah orang introvert dianggap sangat pendiam. Padahal kalau ia menguasai materi yang akan dibahas, obrolannya bakalan seru juga lho. Selain itu ada 3 mitos lainnya tentang orang Intovert yaitu : tidak suka rekan kerja, tidak bisa menjadi pemimpin, dan berpakaian agak berantakan. Semua jawaban dari mitos itu bisa kamu baca di buku ini ya. :D

 

“Nah, jadi sebenarnya tentang orang-orang introvert yang suka bekerja sendirian, jarang mengobrol, dan tidak suka dengan rekan kerja itu hanyalah mitos, karena sebenarnya merea itu tidak mau merepotkan orang lain dan merasa malu apalagi terlihat tidak serius dalam bekerja. Justru mereka hanya ingin melakukan yang terbaik untuk perusahaan ataupun kariernya.” (hlm. 38)

 

Ada juga 5 mitos tentang ekstrovert yang ada di buku ini. Apa saja mitosnya? Orang ekstrovert katanya nggak suka melakukan aktivitas sendirian, ekstrovert selalu menjadi pusat perhatian, ekstrovert tidak memiliki teman banyak, tapi kenalan banyak, ekstrovert adalah seorang pembicara handal, dan ekstrovert itu tidak pintar. Nah, mitos atau fakta ya? Kamu bisa baca selengkapnya di buku ini ya. :D

Nah, berikutnya penulis membahas 50 pekerjaan yang cocok untuk orang introvert. Apa saja ya? Ada pekerjaan sebagai penulis buku, editor, gamer, penjaga perpustakaan, pelukis, programmer, desainer pakaian, dropshipper, akuntan dan auditor, teknik sipil, analis riset pasar, juru arsip, animals care, astronom, social media manager, penerjemah, desainer grafis, ilmuwan lab, youtuber, ahli matematika, fotografer, psikolog, komikus, penyair, storyteller, blogger, instagrammer, dll.

Yang bikin saya heran, ada lho profesi yang dibayar tapi cuma buat rebahan doing. Hahaha. Namanya profesi sebagai tukang tidur professional. Nah, di Amerika ada profesi ini yang banyak diterima di laboratorium penelitian. (hlm. 66) Mereka membantu para peneliti untuk mengetahui berbagai macam masalah dan gangguan tidur pada manusia. Wow, kayak gini aja dibayar ya. Wkwk. Bener-bener deh, sesuatu. xD

Oiya, ada juga pekerjaan penerjemah yang cocok untuk introvert. Menurut saya ini pekerjaan yang gajinya sangat menjanjikan ya. Apalagi introvert bisa melakukannya di dalam rumah, nggak harus ke kantor juga. Selain itu lebih banyak disibukkan dengan kamus dan buku yang diterjemahkan. Memang ada penerjemah yang ekstrovert, misalnya penerjemah yang harus menerjemahkan untuk percakapan yang dilakukan oleh pebisnis atau pejabat. Seingat saya mereka biasa disebut translator. Tapi biasanya mereka yang udah terbiasa diskusi dan sudah menguasai bahasa tersebut secara native, jadi bakalan cepet nerjemahinnya saat terjadi percakapan antara orang yang satu dengan orang yang lain. Apa kamu tertarik? ;)

Problem yang dialami oleh introvert seputar karier :

Problem yang dialami oleh introvert seputar karier, antara lain : merasa tidak memiliki karisma, tidak ada yang menghargai, susah bekerja dalam kelompok, susah bangun pagi, terlalu banyak peraturan, beradaptasi di lingkungan kerja, ruangan tempat kerja berisik, tidak tahan tekanan, ragu menerima bantuan. Nah, kamu bisa mempersiapkan hal-hal ini agar semua pekerjaanmu lancer. Misalnya : berlatih di depan cermin sebelum melakukan presentasi, mengobrol dengan keluarga atau orang yang lebih tua, datang lebih pagi untuk mengenal lingkungan kantor, menjadi observer saat sebelum berkenalan dengan rekan kerja, dan selalu menggunakan kata-kata sederhana seperti terima kasih.

Selain itu ada juga 8 tips bersosialisasi untuk introvert dengan rekan kerja: Apa saja? Baca di buku ini saja ya. Hehe. Menurut saya buku ini sudah sangat lengkap membahas tentang ciri-ciri, tips, dan mitos tentang introvert dan ekstrovert. Selain itu ada juga tambahan seputar kuis untuk mengenali diri kita, apakah kita masuk introvert atau ekstrovert. Namun yang lebih penting adalah kita belajar untuk mengenali diri kita sendiri. 

Nah, untuk bahasan lainnya tentang introvert dan ekstrovert, kamu bisa langsung baca di buku ini ya. Buat saya, buku ini memberikan perspektif baru tentang introvert dan ekstrovert yang selama ini saya tahu. Ternyata nggak semuanya benar lho. Apalagi kita juga bisa mencari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing karakter introvert dan ekstrovert seperti apa. Biar kamu juga makin semangat untuk menemukan karier impianmu ya. Nah, selamat membaca! ;)

 

pic by https://shopee.co.id/FLASH-SALE-KAMU-ENGGA-BAKALAN-SUKSES-BERKARIER-i.152642400.6733511587

1 comment:

  1. Membaca ulasan buku ini jadi ragu saya tipe mana. Soalnya saya jadi suka ngobrol. Tetapi kalau kerja pengennya sendirian. Tapi kalau didaftar, kayaknya masih condong ke Introvert.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^