Langsung ke konten utama

Resensi Buku Solo Traveler's Guide Book by Vonny Du

 


Sinopsis Buku Solo Traveler's Guide Book by Vonny Du : 


Ada yang bilang solo travel itu seperti investasi hidup. Bahkan beberapa dari mereka menjadikan solo traveling itu sebagai gaya hidup. Bukan hanya perjalanan yang singkat selama 3-5 hari, tapi sampai bulanan. 

Beberapa di antara mereka bahkan rela meninggalkan pekerjaan dengan bayaran tinggi agar bisa menjadi long-term solo traveler. 

Pernah kepikiran nggak, jika kamu menjadi salah satu dari mereka?


❤️❤️❤️


Resensi Buku Solo Traveler's Guide Book by Vonny Du : 


Pernahkah kamu berpikir bahwa Solo travelling itu menyenangkan? 

Buku ini akan mengupas tuntas tentang bagaimana cara menjadi Solo Traveler. Buku ini merupakan buku panduan yang secara basic membahas tentang apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang solo traveller.


Buku ini terbagi menjadi 5 bagian yaitu Why Solo Traveling?, Prepare Yourself, Packing Packing Packing, Have Fun!, dan What People Say?

Isi buku


Bagian pertama membahas Why Solo Traveling? yaitu alasan mengapa orang melakukan solo travelling, baik plus minusnua, juga fakta bahwa meskipun melakukannya secara solo, bukan berarti kita sendirian, karena masih bisa ikut tour group juga. 

Keuntungan solo traveling antara lain : bisa bebas melakukan apapun, fleksibel menentukan destinasi dan waktu untuk liburan dan berpindah tempat wisata. 

Selain itu, bisa mengenal orang baru, dan melakukan me time karena bisa mengenal diri sendiri.

Solo traveling itu bisa dijadikan waktu untuk mengenal diri kita lebih baik. Saat kita melakukan solo traveling, kamu akan dihadapkan pada pilihan yang mau nggak mau harus kamu pilih. Tanpa ada pengaruh dari orang lain. Lama-lama kita lebih mengenal diri kita. (Hlm. 9)

 

Traveling sendirian itu bisa juga dijadikan tantangan. Melihat kemampuan kita untuk bisa survive di kota atau negara asing sendirian. (Hlm. 9)





Bagian ke-2 Prepare Yourself membahas tentang bagaimana solo traveling bisa dilakukan? Apa saja alat-alat dan barang yang perlu dibawa, rekomendasi tips travel dalam dan luar negeri, dan tips lainnya. 


"3-7 minggu sebelum tanggal keberangkatan adalah waktu terbaik untuk memesan tiket penerbangan, karena biasanya harga tiket lebih murah." (Hlm. 29)


Bagian ke-3 adalah tentang cara packing. Kalau kita ingin packing, carilah cara agar packing menjadi efisien dan efektif. 


Packing praktis dengan menggabungkan dua benda jadi satu, seperti showercap untuk melapisi sepatu agar tidak kotor saat dimasukkan ke koper. Selain itu, ada juga kotak kacamata yang digunakan untuk menyimpan kabel-kabel seperti headset. Bawalah baju yang tipis agar bisa dipadupadankan dengan baju lain. 

Letakkan charger atau kaus kaki di dalam sepatu. Baju dan celana yang tipis digulung untuk menghemat ruang. Pakailah pakaian yang berat lebih dahulu agar tidak membebani bagasi  (Hlm. 53)


Bagian ke-4 adalah cara have fun selama melakukan solo traveling. Dan bagian ke 5 adalah testimoni orang yang sudah pernah melakukan solo traveling dan tips yang mereka terapkan. 



Buku Solo Traveller's Guide Book ini sangat tipis. Tapi menurut saya ini buku basic yang cukup menarik. Hanya saja, isinya adalah pengetahuan umum yang bisa ditemukan juga di internet atau artikel di blog. Jadi, menurut saya pembahasannya masih agak kurang mendalam ya. 

Buku Solo Traveller's Guide Book ini juga memuat kutipan tentang travelling dalam setiap pergantian babnya. Contohnya : 


"Travel far enough. You meet your self." - David Mitchell 
"If you wish to travel far and fast, travel light!" - Cesare Pavese

"Traveling. It leave you speechless, then turn you into a storyteller." - Ibn Batutta





Nah, kalau menurutmu gimana? Apakah solo traveling seseru yang kamu bayangkan? 

Share di komentar yaaa~  ❤️

Biodata buku : 


Judul buku : Solo Travelers Guide Book 
Penulis buku : Vonny Du 
Penerbit : Elex Media Komputindo
Terbit : Juni 2017
Tebal : 116 halaman 
ISBN : 9786020412351
Rating : 3/5 🌟

Baca via aplikasi Gramedia Digital

Komentar

  1. Saya yang jarang jalan-jalan karena kesibukan suka membayangkan andai bisa ke sini - ke sana, tapi yah semua jadi wacana saja. Tapi membaca buku ini perlu juga buat antisipasi kalau ada ajakan dadakan buat traveling.

    Solo traveling itu sebenar-benarnya traveling, sebab mengandalkan diri sendiri buat adaptasi pada lingkungan dan keadaan yang selalu tak terduga.

    BalasHapus
  2. Berani melepas kerja demi solo traveling mungkin karena memang enggak ada tanggungan, ya. Jadi penasaran pengin baca buku tipis ini

    BalasHapus
  3. Saya dari dulu gak suka traveling sendirian. Apalagi sekarang sudah beranak-pinak... Jangankan traveling, makan di luar aja gak enak kalau gak sama istri dan anak. KAyak ada yang hilang, gitu...
    Tapi baca artikel ini kayaknya seru ya sekali-kali solo traveling.... hehehe... baiklah akan aku coba...

    BalasHapus
  4. Kayagnya buku Solo Traveler's ini perlu aku beli deh kak
    Karena butuh referensi jika suatu saat pengen pergi traveling alone, hehehe
    Makasih review nya kak

    BalasHapus
  5. Nggak tebal tapi mengasikkan dibaca ya. Daku juga pernah baca buku tentang solo traveler, tali agak tebal dari ini

    BalasHapus
  6. Wah buku ini menarik banget
    Memang solo traveling itu wajib dicoba
    Aku Uda pernah sih, nagih rasanya
    Seru dan menyenangkan

    BalasHapus
  7. setuju, tipsnya banyak kita temukan ketika search di gugel
    Kebetulan saya belum pernah baca bukunya Vonny Du
    alangkah lebih baik dia mengupas perjalanannya ya?
    Karena walau satu dstinasi, tapi pengalaman tiap2 orang akan berbeda

    BalasHapus
  8. Ngomongin tentang solo traveling, jadi ingat tahun 2007 dimana saya pensiun jadi orang kantoran. Karena selama bekerja susah banget untuk cuti, akhirnya begitu berhenti kerja, yang duluan saya lakukan adalah traveling sepuasnya. Selama 3 bulan. Duuhh senengnya. Alhamdulillah dijinkan suami dengan catatan bolak-balik atau kembali ke rumah 3 kali selama 3 bulan tersebut. Kenangan yang gak terlupakan pokoknya.

    BalasHapus
  9. Hal hal yang kecil terkadang suka lupa tapi berguna makanya perlu panduan buku solo traveller guide book

    BalasHapus
  10. Seru gak ya Solo Traveling? kayaknya seru2 aja hahahaha meskipun kyknya aku jarang banget pergi2 sendirian mb, sama suami seringnya. Tapi apapun pilihan travelingnya smg menyenangkan ya. Aku blm baca sih buku guide book ini, mdh2an ada ksmpatan baca pengalaman2 seru lainnya

    BalasHapus
  11. Saya kalau jalan-jalan ke kota-kota yang dekat dari rumah biasanya lebih sering dan suka sendirian. Itu termasuk solo traveling nggak ya Mba? :-D kalau yang tujuan jauh gitu belum pernah. Bikin penasaran sih ini bukunya siapa tahu setelah baca ini jadi berani nyoba solo traveling..

    BalasHapus
  12. karena saya orangnya gak berani ke tempat-tempat baru sendirian, jadi kayaknya gak bakalan berani melakukan solo traveling, rasanya lebih enak kalo ada temannya biar ada teman jalan, teman berbagi kamar (maksudnya biar irit gitu,hehehe)

    BalasHapus
  13. BUku Solo Traveler's Guide Book ini gak seberapa tebal dan menyajikan tips-tips travelling yang bisa diikuti yaa..
    Agak jiper kalau solo travelling, tapi semuanya pasti ada hikmahnya. Dan memetik hikmah ini yang gak ternilai harganya..

    BalasHapus
  14. Pernah jadi solo travelers tahun 2012 dulu. Ke beberapa tempat di pulau jawa, sekaligus mampir ke tempat nenek dan kakek di daerah kebumen jawa tengah.

    Buku yang membahas travelling seperti yang diulas pada artikel di atas emang sangat menarik untuk dibaca.

    BalasHapus
  15. jujur aku sendiri sepertinya gak sanggup sih kalau solo travelling, kebayang strugglenya, tapi menurut aku tetep layak dicoba karena dengan solo travelling bisa memperkuat fisik dan mental

    BalasHapus
  16. menurutku solo travelling itu menyenangkan, bisa bebas menentukan tujuan, mau belok kanan atau kiri, mau berapa lama di lokasi nggak tergantung orang/pihak lain.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com