Langsung ke konten utama

[Review Buku] Mana Hijrah?! karya Herania

 



Judul : Mana Hijrah?!

Penulis : Herania (ig @bessenia)

Penerbit : Elex Media Komputindo

Terbit : Februari 2023 

Tebal : 176 halaman

ISBN : 9786230046025

Rating : 4,5/5 🌟


Baca ebook Mana Hijrah?! di Gramedia Digital


@gerakan_1week1book

#OneWeekOneBook


Sinopsis Buku Mana Hijrah?! Karya Herania :


Mana... hijrah? Yang benar saja! 


Athfar dan Deandra terkejut karena tak pernah membayangkan seorang Mana memakai hijab dan menutup aurat. 


Selama ini tampilan Mana jauh dari kata islami, bahkan Mana juga nggak pernah sholat. Jadi, perubahan ini membuat kedua sahabatnya bertanya-tanya. 


❓Kok bisa Mana pakai jilbab? 

❓️Sejak kapan kepikiran pengin hijrah? 


Perubahan sikap ini juga membuat Mana harus adaptasi di lingkungan rumah dan kantornya. Pasalnya, Mana bekerja di kantor, yang bosnya itu orang-orang Jepang.


Mana harus menyingkirkan baju-baju pendek yang tak bisa digunakannya lagi. Ia juga harus belanja hijab dan pakaian yang menutup aurat.


Ia mulai merasa canggung berada di dekat Athfar, sahabatnya sejak kuliah, yang bekerja di kantor yang sama. 


Mana juga merasa gelisah ketika waktu sholat tiba, tapi tak kunjung bisa sholat karena pekerjaan yang menumpuk, bahkan ia pernah terjebak macet di jalan raya selama berjam-jam.  Melewatkan waktu sholat artinya hijrahnya belum utuh sepenuhnya.


Mana juga khawatir bersentuhan dengan Athfar karena mereka sahabat dekat sejak dulu. Yang nggak segan saling cubit jika gemas dengan sikapnya


Lalu, gimana Mana mengatasi kecanggungan itu?


"Kalau sudah hijrah, berarti aku dan lelaki itu sudah tidak bisa bersentuhan lagi, kan? Apa aku harus sebegitunya, ya? Maksudku, ini Athfar. Okelah kalau orang lain, tapi Athfar, kan sahabatku. Pasti ada satu dua gerakan yang mengakibatkan anggota tubuh kami bersinggungan. Masa aku tidak bisa melakukan itu lagi?"


"Maafkan aku ya Allah, lebih mudah memahami garis-garis kanji yang rumit dibanding pembahasan fikih." ーhlm 13


Review Buku Mana Hijrah?! Karya Herania :


Menurutku, novel Mana Hijrah ini seru dan gaya bahasanya asyik, khas anak muda gaul. Yang menarik dari novel #ManaHijrah ini, setiap bab akan membahas 1 masalah. Jadi tiap bab itu masalahnya selesai, sat set sih. 


Alur ceritanya cepet, dan solusinya juga realistis. Bisa dipake sama muslimah yang lagi galau berkepanjangan saat ingin hijrah. Novel islami yang ringan, bahas tentang perjalanan hijrah dan esensi berhijab.  


Lawak banget pas temen-temen Mana ikutan heboh karena Mana hijrah. Sampe Mana diledekin juga gara-gara masih suka misuh. 🤣


Mana juga nggak sengaja makan di resto sushi autentik (yang ga halal) dan ikut nomikai. 


Sampe dia pun galau berkepanjangan karena takut sholatnya nggak diterima selama 40 hari karena minum bir. 🤧🥺


Btw, Mana ini nama orang, yaa gaes yaa. haha


Awalnya juga kukira Mana ini apaan. Soalnya judulnya "Mana Hijrah?!", kayak lagi nanya dapet hidayah buat hijrah dari mana?


Nggak mungkin dong dijawab "Hijrah dari Hongkong?!" Lol


Pinter nih yang cari judul unik. 😅


Oiya, Nomikai itu adalah acara minum-minum orang Jepang usai pulang dari kerja. Biasanya buat mempererat hubungan antar rekan kerja dan  bos. Ada acara minum alkohol juga.


Nah, hijrah kan artinya menjauh dari segala larangan Allah. 


Mana bingung harus gimana bilang ke bosnya, biar dia nggak usah minum bir.


"Dapet hidayah gitu aja? Masa, sih? Gue yakin deh pasti ada alasannya. Nggak mungkin tiba-tiba aja lo kesamber hidayah."


"Kalau Allah udah mengetuk pintu hati, manusia tidak berdaya kayak gue mana bisa melawan kehendaknya." - Mana Hijrah?!, hlm 16


Ternyata Mana hijrah karena pengin doain ayahnya yang sakit diabetes dan gagal ginjal.


Ayah Mana sakitnya kambuhan sejak 2 tahun lalu dan dirawat di RS. Inilah yang nembuat Mana sempat galau dan bertanya mengapa doanya tak kunjung dijawab oleh Allah dengan kesembuhan ayahnya. 🤧


Mana hanya ingin menebus kesalahannya dengan berhijrah agar ayahnya kembali sehat. 


Sayangnya, saat ujian makin banyak melanda, Mana jadi mempertanyakan esensi hijrah yang ingin diperjuangkannya dengan sepenuh jiwa. 


Yang menarik dari novel ini adalah bagaimana penulis menampilkan sosok Mana yang memang jauh dari kata ideal seorang muslimah. 


Mana belum sepenuhnya tahu batasan interaksi lawan jenis. Ia juga kebingungan menerapkan aturan halal haram dalam konsumsi makanan dan minuman. Ia juga semoat galau karena khawatir mengjmbar aurat karrna dulu hobi ngedance dan channel youtube berisi video-video dance covernya terpaksa dihapus. 


Selain itu, Mana juga khawatir orang lain melihat Mana berubah drastis. Meskipun begitu, kehadiran sahabat mampu membuat Mana menjalani ujian demi ujian yang datang.


Yang menarik, Mana juga menemukan kedamaian dalam proses hijrah, yang tak semudah membalikkan telapak tangan. Hati yang dibolak balik aja bisa galau, apalagi jika tak ada support system yang baik. 


Di novel ini juga dibahas tentang tren hijrah di kalangan anak muda. Banyak kajian dari ustad gaul yang mengajak anak muda untuk kembali ke jalan taqwa pada Allah. 


️Mana Hijrah ini novel islami, yang meskipun nggak islami banget kayak Ayat-Ayat Cinta atau Ketika Cinta Bertasbih (KCB), tapi mampu memberi ruang untuk sebuah arti hijrah yang lebih universal dan mudah diterima pembaca awam. 


Btw, buku Mana Hijrah karya Herania ini aku rekomendasikan buat kamu yang galau mau hijrah sekarang atau nanti, mau pakai jilbab atau nanti. 


Karena hijrah itu urusan personal, akan sangat menyenangkan jika kamu serasa ditemani seorang kawan dari jauh melalui cerita Mana buku ini. ❤️


Semoga novel Mana Hijrah dijadiin series ya, kak. Pasti seru deh. Siapa tahu nyusul kesuksesan web series Wedding Aggrement yaa. 😍

.

Nah, selamat membaca ya! 🥰

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com