Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Tiup! Tiup! Karya Ana Falesthein

 



Judul buku : Tiup! Tiup!

Penulis buku : Ana Falesthein T.A.

Ilustrasi : Laras Putri

Penerbit : Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Terbit : cetakan pertama, 2022

Tebal : 30 halaman

ISBN : 978-602-244-928-7

Rating buku : 5 🌟

Baca ebook di Gramedia Digital


❤️❤️❤️


[Sinopsis Buku Anak] Tiup! Tiup! Karya Ana Falesthein T.A.: 


Nubi membeli seruling dengan uang tabungannya. Setiap hari, dia meniup seruling itu. Namun, Pak Kumis marah-marah. Apa yang terjadi, ya?


❤️❤️❤️


[Resensi Buku Anak] Tiup! Tiup! Karya Ana Falesthein T.A. : 


Buku anak berjudul Tiup! Tiup! merupakan buku anak untuk jenjang baca B2. Kode B2 untuk pembaca dasar (early/beginner reader) berusia 7-9 th.


Simbol Pembaca Awal B2 ditandai dengan lingkaran berwarna ungu dan kode B2. Jenis bukunya bisa berupa buku konsep sederhana, buku aktivitas, dan picture book. 


Tujuannya agar anak bisa memahami kalimat sederhana menggunakan kata dasar dan kata bentukan. 


Selain itu, buku pada jenjang B2 ini untuk mengembangkan kemampuan belajar membaca secara benar dan memahami materi (konten).


Di buku Tiup! Tiup! dikisahkan Nubi yang ingin membeli seruling yang diidamkan. 


Nubi menabung dengan giat hingga celengannya penuh. Lalu, ia membeli seruling dan belajar untuk memainkannya. 


Sayangnya, suara serulingnya berisik dan membuat gaduh. Baik siang maupun malam, Nubi tidak bisa leluasa memainkan serulingnya di rumah. 


Saat Pak Kumis memprotes Nubi, ia pun menawarkan untuk mengajarinya bermain seruling. 


Nubi pun bisa memainkan musik yang disukainya menggunakan seruling kesayangannya.


Konsep buku Tiup! Tiup! ini berupa picture book setebal 30 halaman. Cukup tebal untuk buku anak ya. 


Melalui buku ini, anak belajar untuk menabung demi mencapai tujuan financialnya. Konsep menabung ini terasa familiar untuk anak karena menggunakan celengan tanah liat yang diisi hingga penuh. 


Selain itu, anak-anak juga belajar bahwa setiap uang sama berharganya, bukan hanya uang kertas saja, melainkan juga uang koin.


Uang digunakan untuk bertransaksi dalam kehidupan sehari-hari. Uang juga bisa ditukar. Seperti yang dilakukan Nubi yaitu menukar uang miliknya kepada pak Kumis, baru membelinya di toko alat musik.


Selain itu, bermain musik itu juga perlu latihan yang konsisten. Setahap demi setahap, maka akan menjadi mahir. 


Berlatih main musik pakai seruling juga perlu bantuan guru atau orang yang ahli. 


Nubi dibantu pak Kumis untuk belajar memainkan seruling.


Selain itu, yang menarik dari buku ini adalah gambaran tokohnya. Nubi ternyata seorang difabel netra yang tidak bisa melihat. Ia memakai bantuan tongkat untuk berjalan.


Nubi memakai jalur taktil berwarna kuning untuk pejalan kaki disabilitas. Dengan berjalan di jalur yang benar, maka Nubi bisa sampai ke rumah dengan selamat. 


️Konsep buku Tiup! Tiup! juga sederhana yaitu mengajarkan kemandirian pada anak, baik dalam hal menabung, membeli barang yang disukai, pergi keluar rumah, belajar musik dan juga tenggang rasa pada lingkungan.


️Anak juga bisa belajar mengenali aktivitas sehari-hari di luar kegiatan belajar yang selama ini diajarkan di sekolah. 


Overall, rating buku anak Tiup! Tiup! : 5 🌟

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com