Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Seri Cerita Rakyat Nusantara - Buaya Perompak



Judul Buku : Seri Cerita Rakyat Nusantara - Lampung : Buaya Perompak

Penulis : Dian Kristiani

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit : edisi digital, 2023

Tebal : 32 Halaman

ISBN : 9786230414138

Level baca : B3

Harga buku : Rp 39.000

Rating : 4/5 🌟


Baca dan download ebook Buaya Perompak pdf di aplikasi Gramedia Digital 


💜💜💜


Sinopsis Buku Buaya Perompak : 


Aminah diculik oleh Buaya Perompak! Dia dikurung dalam sebuah gua tanpa jalan keluar. Buaya Perompak bahkan ingin menikahi Aminah. Namun, Aminah tidak mau menyerah. Dia pun mencari akal untuk menyelamatkan diri. Bisakah Aminah menemukan jalan keluar dari gua itu? Siapakah Buaya Perompak sesungguhnya?

The pirate crocodile kidnapped Aminah! Aminah was put inside a cave without a way out at sight. The pirate crocodile even wished to marry Aminah, but she did not want to give in. She thought hard to find a way to escape. Could Aminah find her way out? Who was actually the Pirate Crocodile?


💜💜💜


[Resensi Buku Anak] Seri Cerita Rakyat Nusantara - Buaya Perompak : 


Halo teman-teman, gimana kabarnya? Saya akan bahas Seri Cerita Rakyat Nusantara di postingan ini. 


Saya bakal bahas buku cerita rakyat yang menarik. Saya baca versi ebook di aplikasi Gramedia Digital.


Buku anak ini ditulis oleh Mbak Dian Kristiani, seorang penulis buku anak yang sudah malang melintang di dunia penulisan buku anak.


Simak ringkasan cerita Buaya Perompak ini!


Buku anak Seri Cerita Rakyat Nusantara Lampung - Buaya Perompak ini berkisah tentang Aminah, seorang anak gadis yang sering pergi ke sungai untuk mencuci baju.


Suatu hari, ia tertangkap oleh buaya, lalu dipaksa untuk menjadi istrinya. Namun, Aminah menolak. 


Sang buaya memaksa Aminah untuk menuruti apa yang diinginkannya. Jika tidak, dia akan memakan gadis itu. 


Gadis itu pun berusaha untuk melarikan diri. Bagaimana caranya? 


Aminah bertanya apakah ia bisa menikah dengan buaya dan mengadakan pesta pernikahan yang mewah? Jika iya, maka buaya baru bisa menikahinya.


Buaya pun menyanggupi dan akan mencari barang-barang sebagai mahar pernikahannya.


Gadis itu bertanya, "Bagaimana cara buaya mengadakan pesta pernikahan yang mewah?"


Buaya itu berkata bahwa ia sebetulnya adalah seorang perompak, namun ia terkena kutukan, sehingga berubah menjadi buaya. Namun saat bulan purnama, ia berubah menjadi manusia kembali. 


Buaya akan pergi ke pasar melalui gua yang telah dibuatnya. 


Gua itu terletak di dalam tempat tersembunyiannya yang akan tembus ke pasar. 


Aminah berpikir ia bisa melarikan diri ke pasar, saat buaya lengah. Lalu bagaimana akhir ceritanya?



Ending kisah ini digambarkan dengan bagus. Sang buaya tidak bisa mengejar Aminah lagi karena guanya telah ditutup kembali dengan batu oleh warga yang ada di sekitar pasar. Gadis itu menceritakan masalahnya, sehingga ada orang yang menolongnya. 


Lalu, hikmah cerita rakyat nusantara ini apa aja?


Anak jadi belajar untuk waspada dari kejahatan. Meskipun dikisahkan melalui cerita rakyat, namun anak-anak bisa mengambil hikmahnya. 


Anak-anak yang mudah percaya pada orang lain seringkali jadi sasaran kejahatan oleh orang dewasa. 


Di buku anak Seri Cerita Rakyat Nusantara Buaya Perompak ini, digambarkan sosok jahatnya adalah buaya perompak. Namun, di dunia nyata sosok jahat bisa siapa saja, baik orang yang sudah dikenal maupun belum dikenal oleh anak. 



Kalau ada orang yang tampangnya mencurigakan, anak-anak bisa waspada. Meskipun kisah ini fiksi, tapi kejahatan pada anak bisa saja terjadi. Entah itu dalam bentuk penculikan, human trafficking, penjualan organ manusia, pernikahan dini, bullying, kekerasan, dll. 


Kalau di kisah seri cerita rakyat nusantara Buaya Perompak ini ada 4 kejahatan yang dilakukan si buaya perompak yaitu : penculikan, pemaksaan kehendak, penyekapan, dan ajakan pernikahan dini. 


Orang tua wajib untuk menggaungkan terus sikap hati-hati/waspada terhadap orang asing, agar anak tidak mudah percaya begitu saja. 


Saya jadi ingat saat kecil saya pernah terpisah dengan orang tua, saat ada di pusat perbelanjaan (semacam toserba/mall). 


Untung Mama dulu sudah mengajariku agar bisa melapor ke polisi/satpam jika hilang. Dan saat ditanya alamat dan nama orang tuanya juga tahu. Jadi, waktu diumumkan di pengeras suara bahwa ada anak terpisah dari orang tuanya di mall, saya bisa menjawab siapa nama orang tuaku. Dan akhirnya bisa ketemu lagi. Alhamdulillah. Nggak kebayang kalau pisah dan nggak tahu jalan pulang. 🥹



Kisah Buaya Perompak memang fiksi, tapi buku anak ini merupakan kisah seri cerita rakyat nusantara di wilayah Lampung. 


Provinsi Lampung dikenal banyak begalnya. Terutama di daerah Tulang Bawang. Ya, begitulah. Jadi nggak heran kisah cerita rakyat seperti ini masih ada sampai sekarang.


Buku anak Buaya Perompak ini ditulis dalam dua bahasa (bilingual) yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Buku ini juga masuk dalam grade level bahasa B3 di mana anak bisa belajar kalimat yang lebih panjang, alur cerita yang kompleks dan menggunakan kata majemuk. 


Anak-anak bisa belajar seri cerita rakyat nusantara lainnya yang tersedia di aplikasi Gramedia Digital. Awalnya series buku ini ada 34 provinsi, namun ditambah menjadi 37 judul buku anak sesuai jumlah pemekaran provinsi menjadi 37 provinsi. 


Nah, semoga bermanfaat ya! 😍


Selamat membaca! ❤️


Komentar

  1. Dekat dari Palembang tapi aku baru dengar kisah Buaya Perompak dari Lampung ini. Menarik banget ya buku seri Cerita Rakyat ini. Dulu aku punya beberapa terbitan Grasindo kalo gak salah, ya yang per provinsi gitu. Nah yang seri cerita rakyat ini jadi penasaran dari Sumsel cerita mana yang mereka pilih :)

    BalasHapus
  2. Aku salah satu yang suka karyanya mbak Dian Kristiani. Emang sih untuk buku anak ini kami belum punya, tapi kami punya versi komiknya.

    BalasHapus
  3. Ini dia yang dibutuhkan anak-anak. Menurut saya sih, ini cara ampuh ya buat ngembangin literasi sejak dini tapi dengan cara yang menyenangkan, termasuk mengikuti petualangan sang buaya perompak.

    BalasHapus
  4. Cerita kaya gini menarik banget buat anak-anak ya, bukan hanya bisa memberi hiburan saja, tapi juga jadi edukasi yang bagus supaya anak-anak bisa lebih waspada pada berbagai kejahatan yang bisa menimpa mereka, apalagi ini dikemas dengan gambar yang keren bikin anak-anak senang membacanya juga ya.

    BalasHapus
  5. Banyak sisi yang bisa dieklpore ketika membacakan cerita rakyat si perompak ini ya kak. Bisa banget nih nambah bacaan anak di rumah, ini versi ebooknya ya ada ya mbak. Noted

    BalasHapus
  6. Cerita anak itu selalu hadir dengan banyak pelajaran hidup bagi semua yang membacanya. Dan melahirkan sebuah "ending berisi" tuh gak gampang. Jadi saya selalu angkat topi untuk para penulis cerita anak. Hebat mereka menghadirkan alur cerita hingga akhirnya dapat mengalahkan keburukan dan kejahatan dalam bentuk apapun.

    BalasHapus
  7. Jadi kangen waktu masa-masa kecil dulu, sering dibacain cerita anak-anak kaya gini. Karena dari beberapa cerita tersebut terselip pesan moral yang membantu saya kemudian dewasa. Semoga karya-karya kaya gini terus terjaga :D

    BalasHapus
  8. bener kak dari kisah legenda banyak memberikan wejangan untuk kehidupan, apalagi diabwakan dalam cerita anak sehingga mereka bisa lebih mawas diri ya

    BalasHapus
  9. Udah lama banget aku ngga baca cerita anak, dulu suka baca di majalah bobo, lama banget...
    Sama mbak, di Medan juga banyak begal. Aku juga edukasi ke anak2 supaya jangan gampang percaya ke orang2 dan yang palig sederhana, jangan main hp di pinggir jalan...

    Rindu deh sama cerita anak kaya dulu lagi, di semua media ada dan gampang diakses
    Thx sharingnya, mbak

    BalasHapus
  10. Saya selalu takjub dengan penulis buku anak
    Karena pastinya mereka paham situasi kejiwaan anak
    sehingga penting banget membuat kisah yang mudah mereka cerna dan menarik
    Waktu anak2 saya masih kecil, saya rajin ngumpulin buku anak
    Dan akhirnya saya ikutan baca :D

    BalasHapus
  11. Kalau cerita rakyat, berarti diceritakan atau ditulis kembali oleh Mbak Dian K, Mbak. Dan cerita rakyat Nusantara itu sangat banyak dan beragam, sarat juga dengan pesan moral, termasuk dari Lampung. Lewat cerita, mengajarkan anak-anak berbagai hal.

    BalasHapus
  12. Ohh ternyata foklor lampung yaa menarik nih cerita sederhana yang imajinatif dan midah dicerna logika anak bisa jadi media mengajarkan anak tentang sikap waspada dan berhati-hati terutama pada sosok yang tidak dikenal.

    BalasHapus
  13. Bagus nih pesan moral dari bukunya biar anak-anak lebih aware terhadap bahaya yang mengintai sekitar mereka Jadi kalau ada yang mencurigakan tuh bisa langsung laporin ke orang-orang terdekat yang bisa bantu. Jujur aku deg-degan sama nasibnya Aminah Ya kali dinikahin sama buaya... meskipun bilangnya perompak yang dikutuk tapi tetap aja ngeri Untung aja ditolongin sama warga yang ada di pasar buat nutup goanya

    BalasHapus
  14. Oh, jadi kutipan bilingual di atas tulisan itu kutipan sinopsis dari buku, ya? Baru mau kasih saran, kalau di awal bilingual tolong seterusnya bilingual. Tapi saran ini kutarik lagi, hahaha.

    Aku kok jadi penasaran gimana penampakan Buaya Perompak saat jadi manusia.

    BalasHapus
  15. Aku jadiinget , dulu jaman kecil aku suka dibelikan buku model beginian sama papaku untuk menghabiskan waktu saat bulan puasa, cuma dalam versi yang lebih sederhana

    BalasHapus
  16. Menarik ya ide ceritanya, apalagi gambarnya juga bagus. Ini sih kesukaan anak2, bagus diberikan biar mulai mencintai literasi ketimbang menonton terus. Apalagi bisa dibaca di gramedia digital ya jadi praktis.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com