Langsung ke konten utama

Resensi Buku Korea XOXO by Axie Oh


Judul buku : XOXO

Penulis : Axie Oh

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : 2023

Tebal : 328 hlm

Rating : 4/5 🌟


Beli buku XOXO karya Axie Oh di Gramedia.com


💜💜💜


Sinopsis Buku Korea XOXO - Axie Oh : 


Jenny mendedikasikan hidupnya bermain dan berlatih selo agar diterima di sekolah musik impiannya. Hingga dia bertemu cowok tampan dan misterius. 


Dalam momen spontan itu, Jenny membiarkan dirinya bebas dan menikmati petualangan semalam yang tak terlupakan, sebelum cowok itu menghilang tanpa kabar. 


Tiga bulan kemudian, Jenny kembali bertemu cowok itu. Bukan cuma bersekolah di tempat yang sama, Jaewoo ternyata juga anggota salah satu grup K-pop terbesar di dunia! 


Semakin mengenal Jaewoo, Jenny semakin tidak bisa memilih antara masa depan yang sudah dia rancang bertahun-tahun dan ledakan-ledakan manis penuh warna kehidupan Seoul.


Alur Cerita Buku Korea XOXO - Axie Oh : 


Kamu udah sering ngefangirl to the bone? Pasti tahu dong rasanya fangirling sampe hati meleyot karena deg-degan dinotice sang idola. 


Jenny, gadis keturunan Amerika-Korea tak sengaja berkenalan dengan Jaewoo di tempat karaoke pamannya.


Jenny bekerja paruh waktu di sana. Dan kebetulan ada cowo remaja yang tak kunjung pergi meski billing karaoke sudah hampir habis. 


Demi mengusir pelanggan itu, Jenny pun bertaruh untuk memenangkan nyanyi karaoke dengan cowok itu.


Tak disangka, suaranya bagus. Dan bikin Jenny makin penasaran. Rasanya nggak mungkin cowok yang bisa memesan ruangan karaoke paling mahal, justru duduk sendirian merenungi nasib. 


Kalau boleh berkomentar, kurasa meluangkan waktu untuk diri sendiri juga penting meski kita punya tanggung jawab. Kita tidak bisa menolong orang lain kalau tidak menolong diri kita sendiri terlebih dulu. (Hlm 27)


Namun, cowok itu tetap pergi dari karaoke. Jenny yang hendak pulang ke rumah menggunakan bus, mengalami insiden di malam itu. Ia hampir saja diganggu orang, jika saja Jaewoo tak memaksanya turun dari bus. 


Malam itu, Jenny melihat sisi lain sosok Jaewoo. Karaoke bareng, kesasar di festival korea, ngemil makanan bekal dari bibi kenalannya, sampai saling bertukar no hp dan foto bareng di photo boxs.


Jenny yang menganggap cowo itu hanya seorang remaja biasa, tak menyangka jika suatu hari ia bertemu lagi dengannya di Korea. 




Cowok itu bukan remaja biasa, justru ia seorang idol dari grup XOXO yang terkenal di seantero penjuru Korea Selatan. 


Jenny pindah sementara ke Korea Selatan untuk sekolah musik selo, dan menemani mamanya yang sedang merawat neneknya yang sakit. 


Hari demi hari berlalu, Jenny dan Jaewoo semakin dekat satu sama lain yang menimbulkan gosip di kalangan media. 


Satu yang membuat Jenny bertanya-tanya adalah apakah perasaannya pada cowok itu hanya sebatas rasa kagum atau berkembang jadi cinta? 



Risiko yang ditanggung keduanya akan membuat suasana menjadi sulit. Rumor akan berkembang. Lalu, gimana akhir kisahnya? 


Resensi Buku Korea XOXO by Axie Oh : 


Novel Korea XOXO karya Axie Oh menggambarkan bagaimana rasanya jika jadi seorang fangirling yang jatuh cinta dengan idola. Vibes novelnya serasa baca novel AU (Alternate Universe), halu 'romance' delulu abis. Hahaha


Aroma romansa berkembang pesat menjadi rasa cinta. Meski keduanya sama-sama suka musik, tapi Jenny kesulitan mengekspresikan rasa cintanya melalui musik. Musik selo yang dimainkan Jenny seolah tak bernyawa. Inilah yang membuat Jenny terkesan dengan suara Jaewoo saat tanding nyanyi karaoke.


Jenny adalah pemain selo berbakat, menguasai seluruh elemen teknik bermusik, tetapi dia tidak memiliki antusiasme yang dapat mengubahnya dari musisi terlatih yang sempurna menjadi musisi yang luar biasa.


Waktu baca novel XOXO ini yang kebayang di kepalaku itu sosok Jaewoo adalah Jeon Jungkook BTS. Mungkin karena gambaran fisiknya yang disebutkan cowok remaja pakai tatto di lengan. Itu tuh kayak gambaran JK banget deh. 😁


Jeon Jungkook BTS


Walau penulis nggak pakai nama idol asli yang dijadiin 'muse' dalam novel ini, tapi novel ini bikin saya ikutan salting. Rasanya kayak beneran jatuh cinta sama idol. Aduuh, yang kebayang kok wajah imut JK yah. Hahaha😆

 

Duh, ga kebayang deh satu sekolah sama oppa yang disegani. Bisa nggak tuh fokus sekolah. Haha 😂 


Penulis juga menggambarkan gimana sulitnya jadi keturunan Amerika - Korea yang serasa sedikit kehilangan identitas kekoreaannya. 


Jenny nggak begitu sering pakai bahasa Korea, tapi akhirnya bisa belajar untuk merawat kenangannya perihal Korea, saat ia menjelajahi negara asal Ibunya. 


Sebagai blasteran Korea-Amerika, Jenny memang jarang 'mudik' karena jauh dan ortunya tak dekat dengan sang nenek. 


Saya suka dengan cara penulis menggambarkan hubungan Jenny dengan neneknya. Rasanya Jenny seperti diajak menelusuri jejak di mana akar budaya keluarganya tumbuh di Korea. 


Axie Oh menggunakan gaya penulisan yang mengalir dan memikat untuk menarik pembaca ke dalam dunia "XOXO". 


Dialog-dialog yang hidup dan deskripsi yang detail membuat pembaca merasa seolah-olah mereka sedang berada di samping karakter-karakternya, menyaksikan perjalanan mereka dengan dekat.


"XOXO" oleh Axie Oh adalah sebuah buku yang menghibur dan menginspirasi. Dengan menggabungkan kisah cinta remaja yang penuh tantangan dengan elemen budaya Korea yang memikat, Axie Oh berhasil menciptakan sebuah karya yang menarik dan berkesan. 


Bagi pembaca yang mencari cerita yang menggugah emosi dan menyentuh, novel XOXO adalah pilihan yang sempurna.


Overall, buat kamu yang suka fangirling, bakalan suka banget sama novel XOXO ini karena bikin hati jadi menghangat dengan alur kisahnya yang menawan. 


Selamat membaca ya! 💜


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com