Langsung ke konten utama

Review Buku The Book of BTS ARMY karya Lee Jeeheng


Judul Buku : The Book of BTS ARMY

Pengarang : Lee Jeeheng

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit : 2021

Tebal : 186 halaman

ISBN : 9786230404092

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


πŸ’œπŸ’œπŸ’œ

Sinopsis Buku The Book of BTS ARMY - Lee Jeeheng : 


Buku The Book Of BTS ARMY Karya Lee Jeeheng, buku yang akan membahas tentang BTS.


BTS sudah diakui sebagai boy band terbesar di dunia. ARMY, sebutan bagi fandom BTS, pun dinobatkan sebagai fandom terbesar.


Hubungan idola dan fan memang tak luput dari perhatian banyak orang, khususnya non-Kpopers. Hubungan yang terjalin antara BTS dan ARMY berdasarkan rasa cinta, bangga, juga saling memahami.


Buku ini menjelaskan bagaimana semua ini berproses. Dari boy band yang semula tidak diakui, bahkan di Korea Selatan sendiri, bisa mendunia. Kemudian, bagaimana ARMY membuat impian-impian anggota BTS satu per satu menjadi nyata.


ARMY yang awalnya hanya segelintir orang bertumbuh menjadi fandom yang kuat dan besar.


Lee Jeeheng meneliti fenomena ini dan menuliskannya ke dalam rangkaian kata-kata berdasarkan hasil penelitiannya. Bisa disebut bahwa buku ini adalah buku mengenai proses bertumbuhnya hubungan BTS dan ARMY.



πŸ’œπŸ’œπŸ’œ


Resensi Buku The Book of BTS ARMY karya Lee Jeeheng : 


Siapa yang kenal dengan fandom bernama ARMY? 


"ARMY adalah wajah BTS"


Pernyataan itu tertulis dalam buku The Book of BTS ARMY karya Lee Jeeheng. Buku ini menggambarkan bagaimana hubungan penggemar dengan idol korea BTS. Army dan BTS saling mendukung satu sama lain. Di saat BTS mendapat banyak hujatan dalam kariernya, Army menjadi tempat yang nyaman untuk pulang. 



Selama ini, BTS telah menghasilkan banyak karya berupa lagu, event, konser dan banyak program series yang diciptakan untuk penggemar.


Baca buku ini membuatku jadi lebih paham bagaimana ARMY mendukung idol kesayangannya untuk melesat hingga ke panggung musik internasional.


Army bukan hanya cerminan fans BTS, tapi lebih dari itu, fandom ini berkembang sangat pesat dan membentuk gerakan sosial yang berdampak pada masyarakat.


Misalnya saja donasi yang diberikan atas nama idol yang sedang ultah, atau bahkan mengajak orang untuk membaca buku yang direkomendasikan idolanya. 


Sebagai penggemar, Army juga mengalami pasang surut, ada yang betah di fandom, ada yang keluar karena kesibukan, lelahnya ikutan war, ngga sempat ngevote, dll.


Walau bagaimana pun, Army bisa dibilang memiliki andil besar bagi terbentuknya fans militan yang siap membantu BTS menyebarkan karya-karyanya. 



Yang bikin saya takjub waktu baca buku ini adalah dedikasi para Army yang menjadi jembatan bagi Army lain. 


Banyak Army yang bisa berbahasa Korea-Inggris menerjemahkan video dan tulisan tentang BTS, sehingga penerjemah berbasis fans ini membuat nama BTS menjadi lebih besar di luar negara Korea Selatan.


Bayangkan, Army penerjemah ini bukanlah penerjemah yang dibayar alias sukarela mendedikasikan waktu dan tenaga agar hasil subtitle bisa dinikmati secepatnya.


Apalagi jika ada event khusus seperti live di weverse, vlive, youtube dll yang sebagian besar tidak memiliki terjemahan bahasa Inggris. Inilah yang membuat BTS bangga memiliki Army, begitu pun sebaliknya. 


Lagu-lagu BTS memiliki cita rasa yang berbeda dibanding grup idol Korea lainnya. 




Lirik lagunya mengajak orang untuk menjadi lebih baik. Itulah yang membentuk ikatan idol dengan penggemar, seolah idol mampu menunjukkan suka duka yang dialami manusia pada umumnya.


Sebagian besar lagu BTS ditulis sendiri dan diproduksi oleh member dan produser Bighit.  Jadi, bisa dibilang, lagu ini semacam curahan hati dan nasihat untuk diri sendiri dan orang sekitar. 


Buku nonfiksi ini juga membahas strategi marketing yang dilakukan BTS, yang sayangnya tidak bisa diikuti oleh idol lain. 


Fandom ARMY memiliki militansi tinggi demi idolanya, itulah yang membuat mereka bertumbuh dengan cepat. 


Gaya bahasa tulisan di buku ini memang terkesan lebih formal, tapi cukup mudah dipahami. 


Kalau kamu ingin tahu kenapa fandom ARMY ini hobi ngewar sama fandom lain, bacalah kisahnya di buku ini. Haha πŸ˜‚


Sejarah ARMY dari A-Z dijabarkan dengan detail oleh penulis. Ia meriset dengan tekun, hal-hal apa saja yang menjadi plus minus fandom ARMY, yang membuatnya memiliki tempat khusus di hati BTS. 



Overall, buku The Book of BTS ARMY karya Lee Jeeheng ini cocok untuk siapapun yang ingin mengenal lebih dekat BTS dan ARMY sebagai idol dan fans. 


Nah, selamat membaca yaa!


πŸ’œ Rating Buku The Book of BTS ARMY - Lee Jeeheng : 4,5/5 🌟

Komentar

  1. BTS dan ARMY itu kayak jadi fenomenal di KPOP. Soalnya mendunia dan gaungnya kenceng banget. Saya yang awam soal BTS, hanya sesekali liat keriuhannya di twitter. Saya tertarik dengan BTS ini karena kalau enggak salah grup ini juga mengenalkan beberapa buku buat pecinta buku. Wabah literasinya kebawa juga.

    BalasHapus
  2. Senang ya masing - masing anggota BTS , bisa menulari hal yang biasa mereka sukai seperti membaca buku aja. Takjub juga saya. Jujur nggak ikutin tentang Kpop tapi taulah dengan info yg lewat aja. ARMY bak simbiosis mulutualisme ya

    BalasHapus
  3. Gak pernah suka Kpop tapi tiba-tiba punya anak yang mulai ngerti Kpop. Dia suka banget sama BTS ini, apalagi sama Jungkook. Andai anakku udah semakin besar, mau aku beliin buku ini biar dia semakin senang.

    BalasHapus
  4. Ulasannya bisa saya info ke pencinta drakor. Si kecil yang udah beranjak si Gadis pencinta koreaan.

    BalasHapus
  5. Buset keren banget emang ARMY dan BTS hubungannya sungguh luar biasa dekat. Bikin melongo lagi hubungan antar ARMY juga dekat. Semoga bisa menjadi ruang berbagi dan saling mendukung yang positif yaa :) seru seru

    BalasHapus
  6. buku yang cocok nih buat yang baru menjadi ARMY jadi bisa kenal lebih dekat dengan BTS dan bisa jadi tutorial menjadi ARMY yang full support ke idolnya

    BalasHapus
  7. Buku yang cocok untuk dihadiahkan ke teman ARMY. Ehh tapi apa jangan-jangan dia sudah punya ya? ARMY dan BTS memang satu kesatuan, ditambah buku ini, lengkap sudah kombinasinya

    BalasHapus
  8. Ah iya, ARMY punya andil yang besar bagi perkembangan karir BTS
    Aku jadi tertarik ingin membaca buku ini deh

    BalasHapus
  9. Bisa dibilang buku ini sebagai buku biografi juga ya? Apakah sudah ada atau pernah dibuatkan filmnya mengenai perjalanan BTS ini?

    BalasHapus
  10. Dari beragam grup Kpop aku tahunya cuma BTS dengan Army-nya, hehe.
    BTS besar salah satunya ya berkat Army yang solid. Buku yang menarik nih jadi tahu perjalanan BTS dengan Army selama ini.

    BalasHapus
  11. Bukan Army tapi saya jadi ngrasa perlu baca buku ini setelah baca reviewnya, biar kalau ngobrol sama ponakan-ponakan bisa nyambung :-D

    BalasHapus
  12. Pernah mengikuti acara umum yang sebagian partisipannya ARMY. Jadi memahami seberapa besar dukungannya pada BTS. Saya tertarik membaca buku ini, lebih mengenal ARMY dan BTS.

    BalasHapus
  13. Salut banget sama ARMY dan totalitasnya mendukung keshayangan mereka dalam berkarya. Salut juga sama member BTS yang membalas cinta ARMY dengan sepenuh hati. Indah sekali harmoni yang terjalin. Semoga beres wamil nanti bisa World Tour Concert yaah.. ditunggu euforia Indo-ARMY nih.. petjah banget, pasti.

    BalasHapus
  14. Anakku memang suka BTS
    Pas lihat ini minta dibelikan
    Namun aku bilang tunggu karena usianya masih belum menurut saya
    Jadinya baca tulisan tante Ila saja dulu di sini

    BalasHapus
  15. Luarbiasa Vibenya yah ARMY BTS ini.. sampai ada bukunya segala,, aku penasaran de sudut pandang BTS nya terhadap ARMY yg membesarkan mereka sebenarnya.. di buku ini ada bahas itu gak yah ??

    BalasHapus
  16. Pantesan lagu-lagunya terasa banget positive vibesnya di kuping. Ternyata personilnya pun juga begitu toh. Baru tahu ada buku yg menjelaskan tentang perjalanan BTS dr merintis hingga besar seperti saat ini. Jadi penasaran

    BalasHapus
  17. Salah satu boyband yang hits banget bahkan mendunia ya mbak. Btw BTS ini juga lagu-lagunya easy listening banget. Lihat perjuangan boyband BTS ini memang penuh perjuangan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com