Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

27 February 2014

[Resensi Buku] Goa di Balik Bukit by Hari Purwanto

Goa di Balik Bukit
Judul Buku : Seri Petualangan Icha - Goa di Balik Bukit
Penulis        : Hari Purwanto
Penerbit     : Andi Publisher
Terbit         : September 2011
Tebal          : 162 halaman
ISBN           : 978-979-29-2508-1
Rating         : 3/5
Resensi Buku :

Icha, Vinna, Ray dan Ari adalah empat sekawan yang sering mengalami petualangan seru selama liburan. Kali ini liburan mereka habiskan di sebuah perkebunan teh milik Paman Vinna di Sukabumi. Icha sudah menantikan liburan ini, dan dia berniat agar liburan selama tiga minggu itu akan menjadi liburan yang menyenangkan. Tidak ada petualangan, karena dia merasa petualangan sebelumnya terlalu berbahaya. Icha ingin liburan kali ini berakhir damai dan tentram. Sayangnya, seorang teman baru yang mereka kenal, bernama Laura, hilang saat sinar merah muncul dari goa di dekat rumah. Sebelum Laura menghilang, mereka sempat melihat lubang besar yang mirip dengan sarang beruang. Belakangan mereka tahu ternyata itu goa.

Menurut mitos dari penduduk situ, ada monster bawah tanah yang sedang mengamuk sehingga goncangan di dalam goa membuat gempar warga yang merempet ke rumah-rumah warga. Mereka juga mendengar suara menggeram. Keempatnya pun berniat untuk menelusuri goa di sekitar bukit itu. Tak hanya satu goa ternyata ada banyak goa dan lorong rahasia di dalamnya. Apa yang akan mereka temukan? Bagaimana nasib Laura kemudian? Dari mana datangnya sinar merah dan suara yang misterius itu?

***

Seri Petualangan Icha ini baru seri Goa di Balik Bukit yang saya baca. Seri sebelumnya belum saya temukan. Buku ini segmen pembacanya adalah anak usia 10-12 tahun. Btw, kisah empat sekawan yang terjadi pada Icha ini mengingatkan saya pada kisah yang sering dituliskan oleh Enid Blyton. Meski versi indonesianya, kita pun ternyata bisa menemukan rahasia-rahasia rumit yang dijalin oleh penulis Indonesia. Meski metodenya hampir serupa, namun ketegangannya pun tetap mengasyikkan untuk dinikmati pembaca anak-anak. Anak-anak yang membaca kisah petualangan ini akan mendapatkan semangat untuk berani dan belajar untuk teliti menguak misteri yang tersembunyi.

Anak-anak juga bisa menikmati indahnya kebun teh yang menjadi setting kisah kali ini. Apalagi diajak berkuda menyusuri jalanan di hutan karet dan perkebunan teh yang terhampar. Juga bermain bersama Icha dkk dengan permainan yang sudah kita kenal seperti scrabble, congklak, monopoli, dll. Ah, asyiknya! Siap berpetualang bersama Icha? Yuk, baca bukunya! ;)

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^