Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Halal Haram untuk Anak - Ryu Tri

cover buku : Halal Haram untuk Anak - Ryu Tri
Judul Buku : Halal Haram untuk Anak
Penulis        : Ryu Tri
Tebal           : xii + 108 halaman
Terbit          : Februari 2012
Penerbit      :  Tiga Ananda (Imprint Tiga Serangkai)
ISBN            : 978-979-084-589-3
Rating          : 3/5

Resensi Buku :
Buku nonfiksi anak religi ini ditulis oleh Ryu Tri. Saya baru pertama kali baca bukunya, padahal Mba Ryu Tri bukunya sudah banyak. Hehe. Btw, tema yang diangkat dalam buku ini lumayan berat, yaitu membahas tentang halal haram dalam Islam. Target pembacanya adalah anak-anak usia 10-12 tahun. Sehingga bahasa yang ditulis pun sederhana dan mudah dipahami. Ilustrasinya juga bagus, warna warni dan menarik hati anak-anak. Saya saja suka ilustrasinya, apalagi anak-anak ya? ;)

Biodata pemilik buku
Dalam Islam, Allah mengatur hukum halal dan haram untuk manusia. Aturan halal haram tersebut mencakup makanan dan minuman, cara berpakaian, cara berhubungan dengan teman-teman sekitar, serta cara kita bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.  Ada alasan yang baik mengapa Allah mengharamkan sesuatu. Yang jelas, jika kita mematuhi perintah Allah untuk menjauhi  yang haram, kita akan terhindar dari dosa. Selain itu, kita akan mendapat banyak hal yang bermanfaat.

Pembuka bab
Ayat Al Qur'an dalam buku ini
Nah, dalam buku ini, pembaca akan mengetahui hal-hal apa saja yang dihalalkan dan diharamkan dalam ajaran Islam juga alasan-alasan mengapa Allah mengharaman atau menghalalkannya. Setiap bab dituliskan dengan detail apa saja yang harus kita hindari dan kita pegang sebagai acuan hidup.

Ada pojok taqwanya juga lho! 
Bagi anak-anak, mengenal tema halal haram ini membuat anak menjadi perhatian terhadap hal tersebut. Misalnya saja, anak jadi tahu bahwa hewan yang disembelih dengan menyebut nama Allah boleh dimakan, namun jika hewan itu mati karena dipukul atau seperti babi yang tak punya leher maka tidak boleh dimakan, karena babi tak punya leher jadi tak bisa disembelih.  

Kolom : Tahukah Kalian?
Di buku ini, catatan kesalahan yang saya temukan hanya sedikit. Karena buku ini editing sudah rapi, juga tema yang dibahas step by stepnya cukup mudah dipahami oleh anak-anak. Hanya saja saya menemukan satu typo di kata “membayakan” seharusnya ditulis “membahayakan” (halaman 30).  Lalu kalimat tanya berakhiran negatif seperti ini, saya temukan beberapa kali di buku ini, misalnya di kalimat “Wuiihhh ... asyik sekali, bukan?”(halaman 2). Sebaiknya penulis menggunakan kalimat tanya yang lebih positif, seperti ini misalnya “Wuiihhh ... asyik sekali, kan?”. Saya rasa kalimat bernama positif ini lebih membekas di hati anak-anak dan membuat hati riang. Sehingga anak senang diajak diskusi dengan kalimat bernada positif.  
Ilustrasi buku Halal Haram untuk Anak. Cute ya! ;)
Ilustrasi kedua : Halal haram makanan yang kita makan
            Btw, di buku ini juga ada Pojok Taqwa dan juga kolom “Tahukah Kalian?” untuk melihat fakta seputar bab yang dibahas. Jadi, buku ini interaktif dan cocok untuk anak-anak. Tertarik untuk membacanya? ;) 

Komentar

  1. Buku nya spt nya menarik sekali ya mbak Rizky....:)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah... makasih Mbak ILa atas resensinya. Semoga buku ini berkah dan manfaat bagi anak serta pembaca semuanya :) Jazakillah khair, Sista!

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital