Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

2 February 2014

[Resensi Buku] Kuliah Gratis ke Luar Negeri dengan Beasiswa, Mau? - Dina Mardiana


Judul : Kuliah Gratis ke Luar Negeri dengan Beasiswa, Mau?
Penulis : Dina Mardiana
Terbit : Cetakan keempat, Maret 2009
Tebal : 189 halaman
Penerbit : PT Lingkar Pena Kreativa
ISBN : 979-1367-53-0
Rating : 4/5

Sinopsis Buku :
Ingin kuliah gratis ke luar negeri?

Pernah merasakan betenya mengurus beasiswa, sampai terkuras energi dan isi kantongmu? Pernah tertipu oleh penyelenggara beasiswa yang mengaku dari universitas ngetop?

Nah, setelah baca buku ini, insya Allah kamu nggak akan kerepotan dan mengalami lagi hal-hal nyebelin seperti itu. Kamu bakal mendapat informasi super komplet untuk mewujudkan impianmu.

Kamu juga bakal tahu, ada universitas yang menawari beasiswa mudah dan cepat, eh ujung-ujungnya cuma mau cari duit doang. Dan... ini yang lebih oke lagi, kamu bisa tahu gimana cara meraih sukses tanpa keluar uang sepeser pun.
Pokoknya 100% gratis, tanpa tapi. Mau?

“Ini buku yang harus dibaca siapa saja yang ingin melakukan lompatan agar meraih hidup lebih baik dan mengambil kesempatan terbaik yang sebenarnya ada di depan mata. Ditulis oleh peraih beasiswa ke mancanegara, dengan sangat komplet dan gaya bahasa yang sumpah—enak banget! Wajib dibaca siapa pun yang ingin menghidupkan mimpi!

Asma Nadia, Penulis dan CEO Penerbitan, Peraih Writers in Residence-6 months di Korea)

Resensi Buku :

Apakah kamu sedang mencari beasiswa kuliah ke luar negeri? Jika iya, maka buku ini adalah buku wajib yang perlu kamu baca. Pertama kali saya cari informasi beasiswa, saya menemukan informasi beasiswa di milis maupun website yang menyediakan informasi tentang beasiswa. Namun karena saya harus bolak balik searching tentang hal itu, maka saya putuskan untuk membeli buku panduan saja. Salah satu buku panduan tentang mencari beasiswa yang saya beli adalah buku ini. Buku yang menurut saya bagus, baik dalam segi runutnya informasi yang diberikan mulai dari A sampai Z, maupun apa saja detail yang dibutuhkan oleh pelamar beasiswa. Bahkan apa saja berkas yang kita butuhkan dan kendala apa saja yang biasanya dialami oleh mahasiswa yang ingin mengajukan, solusinya ada di buku ini.

Sebuah beasiswa didapat tidak hanya dengan kerja keras tapi juga strategi. Karena bisa jadi ada ribuan pelamar yang menginginkan posisi yang kamu incar juga. Jadi menyiapkannya sejak dini adalah hal yang mutlak. Ini penting agar kamu tidak menyepelekan semisal, mengirim berkas maksimal 1 bulan sebelum deadline. Bahkan, baiknya berkas-berkas yang disiapkan, sudah harus ada sejak 1 tahun sebelumnya. Mengapa menyiapkan berkas penting didulukan? Agar jika kamu harus merevisi berkas, kamu tidak keburu-buru dan masih bisa mengirimkan revisinya.

Btw, kamu penasaran apa saja isi buku ini? Secara garis besar, buku ini memuat informasi dasar yang sering dicari pelamar beasiswa, semisal :
  • Persyaratan umum beasiswa, bagaimana mendaftar beasiswa untuk studi ke luar negeri?
  • Tentang TOEFL, IELTS, GMAT, dan GRE
  • Tips memenangkan beasiswa
  • Daftar beasiswa
  • Menulis esai dan surat motivasi
  • Menulis proposal penelitian
  • Menulis surat rekomendasi
  • Menulis cv standar internasional
  • Mengurus visa
  • Dan mengatasi culture shock.
Buku ini memang konsepnya adalah buku 'how to' yang berisi tips, jadi bukan berisi kisah-kisah penerima beasiswa. Jika kamu ingin hasil yang terbaik, maka kamu harus mencermati point-point yang diminta oleh penyedia beasiswa. Lalu, memberikan yang terbaik sesuai kapasitasmu juga penting. Meski buku ini diterbitkan tahun 2009, isi tipsnya masih relevan sampai sekarang. Tentu ada beberapa yang harus kita lihat langsung di website aslinya, seperti syarat beasiswa dan tanggal deadline pengiriman berkas. Well, selamat berburu beasiswa ya! Buktikan bahwa kamu memang layak mendapatkannya! ;)

10 comments:

  1. mupeng sih belajar ke LN :( apalagi bisa dapat beasiswa

    ReplyDelete
  2. Buku wajib dibaca oleh pemburu beasiswa ke LN.

    ReplyDelete
  3. Sekolah di LN emang asik.. tapi tantangannya banyak ya.. Perlu persiapan yang sangat matang..

    ReplyDelete
  4. Ini buku cocok kayany buat kak Vey yg pengen ke Jepang :D

    ReplyDelete
  5. bisa jadi buku panduan untuk yg berburu beasiswa :)

    ReplyDelete
  6. Mantap nih sob, , , recomended , , ,
    mampir diblog q ya,, ditunggu kritik dan sarannya . . :)

    ReplyDelete
  7. Bukunya masih ada dijual gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicari di http://www.bukukita.com/Psikologi-dan-Pengembangan-Diri/Motivasi/62436-Kuliah-Gratis-ke-Luar-Negeri.html. kayaknya masih dijual. :)

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^