Langsung ke konten utama

[Resensi Buku] Esio Trot - Roald Dahl

Judul : Esio Trot
Pengarang : Roald Dahl
Penerbit : Gramedia
Terbit : Cetakan kedua, Januari 2010
Tebal : 72 hlm.
ISBN : 978-979-22-2091-9

Mr. Hoppy ingin sekali bisa jadi kura-kura.

Pernahkah kau ingin berubah jadi makhluk lain? Mr. Hoppy yang pemalu rela jadi kura-kura demi merebut hati Mrs. Silver, tetangganya yang baik hati dan penyayang kura-kura. Karena tak bisa, ia akhirnya menemukan cara amat cerdik, yang melibatkan banyak sekali kura-kura, dan... membuatnya jadi bisa sering bertemu Mrs. Silver!

Alfie, si kura-kura (credit : www.roalddahl.com)
***
            Roald Dahl kali ini menulis kisah yang romantis. Saya kira ia hanya bisa menulis kisah yang lucu dan konyol, tapi ternyata ada juga bukunya yang beraroma cinta. :D Meski tetap memakai hewan sebagai tokoh di dalam ceritanya, tapi kali ini hewan tersebut digunakan sebagai perantara. Alfie adalah kura-kura kesayangan Mrs. Silver. Mr. Hoppy tetangga Mrs. Silver, memiliki balkon yang dipenuhi dengan tanaman dalam pot. Ia biasa menyapa Mrs. Silver dari balkonnya. Sering Mr. Hoppy merasa iri karena hanya Alfie yang merasakan kasih sayang yang diberikan Mrs. Silver setiap hari. Padahal ia sangat suka wanita itu, hanya saja ia pemalu.

            Suatu hari Mrs. Silver mengeluh karena berat Alfie tak bertambah juga, padahal ia makan terus. Mr. Hoppy menawarkan bantuan untuk membuat Alfie menjadi tumbuh seperti yang diinginkan Mrs. Silver. Ia segera menuliskan mantra yang berisi bahasa kura-kura dan meminta Mrs. Silver membacakannya pada Alfie. Setelah berminggu-minggu, Alfie berubah menjadi besar seperti yang diinginkan.

            Saat membaca kisah ini, saya tertawa karena ada saja ulah Mr. Hoppy untuk membuat mantra yang asyik. Apalagi ternyata mantra itu hanya butuh satu cara untuk mengetahui maknanya.
ARUK-ARUK, ARUK-ARUK,
RASEBMEM, HALRASEBMEM!
HALOYA, ARUK-ARUK,
HUBMUT, GNABMEK, RAKEM!
RASEB, KAKGNEB, GNUBMEG!
NALET! KAGGNET! HAYNUK! KUGET!
TAREBMEM, ARUK-ARUK, TAREBMEM!
OYA, OYA! NALET NANAKAM!
Melihat kegigihan Mr. Hoppy untuk merebut hati Mrs. Silver, saya jadi tahu bagaimana cara kerja Roald Dahl. Ia cermat dan detail untuk urusan yang bahkan remeh sekalipun, seperti menambahkan berat Alfie sedikit demi sedikit agar tampak alami. Ia juga menggunakan seutas tali untuk mengirimkan kertas dari balkonnya ke balkon Mrs. Silver. Roald Dahl menjaga agar bolong logika tidak terjadi di bukunya sehingga ia membuat semuanya tampak alami dengan kecerdikannya memoles cerita. Ia juga menggunakan cara yang fantastis dengan membuat tongkat penangkap kura-kura. Menurut pengakuannya, tongkat ini memang ia buat di kehidupan nyata. Benar-benar iseng. xD

Mr. Hoppy dan Mrs. Silver (credit : www.roalddahl.com)
Pemain film Esio Trot (credit : www.roaldahl.com)
            Awal baca novel ini, saya terkecoh dengan judulnya. Saya kira Esio Trot itu semacam nama seseorang atau sesuatu yang unik, ternyata itu hanya istilah kura-kura dalam bahasa Inggris yang dibalik penulisannya. Hahaha! Buat pembaca anak-anak, buku ini bisa memberikan selera humor yang tinggi karena ilustrasi dan diksi yang lucu khas Roald Dahl. Anak-anak juga bisa belajar hitungan penjumlahan dan perbandingan, serta cara memelihara kura-kura. Oiya, novel ini sudah difilmkan lho. Hanya saya belum menontonnya. :D See? Kamu minat membaca novel ini? :D Saya beri 5 bintang, karena idenya unik dan ilustrasinya cantik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com