19 Juni 2022

[Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Rapunzel

 

Rapunzel


Judul Buku : Dongeng Animasi 3D - Rapunzel

Penulis Buku : Kyowon Editorial Department (Kyowon Co., Ltd., Seoul, Korea)

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan pertama, 2017

Tebal : 62 halaman

Genre buku : pictorial book (buku anak)

ISBN : 978-602-45-5797-9

Rating buku : 4/5 🌟


Baca ebook dongeng Rapunzel di aplikasi Ipusnas


Download aplikasi Dongeng Animasi 3D untuk lihat tampilan augmented reality dongeng Rapunzel

❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Rapunzel : 


Rapunzel adalah putri cantik yang memiliki rambut yang sangat panjang. Sayangnya dia dikurung di atas menara tinggi tanpa pintu oleh penyihir jahat. Satu-satunya jalan masuk adalah dengan memanjat rambut Rapunzel.


Suatu hari, datang seorang pangeran yang ingin menyelamatkannya. Berhasilkah usaha sang pangeran?

Dongeng Animasi 3D - Rapunzel

❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Rapunzel :


Seri buku dongeng animasi 3D ini ada enam puluhan judul, salah satunya adalah dongeng Rapunzel. Dongeng Rapunzel dikisahkan berasal dari daerah Jerman Tengah, yang dituturkan oleh Grimm Bersaudara. 

Latar setting kisah Rapunzel berada di desa Trendelburg, yang menjadikan dongeng Rapunzel menarik karena suasana hutan dan alam yang indah, juga ada menara kastil tempat Rapunzel dikurung. 

Alkisah pada zaman dahulu, ayah dan ibu Rapunzel dulu tinggal bertetangga dengan seorang nenek sihir jahat bernama Grendel. Halaman rumah sang penyihir ditumbuhi aneka tanaman, salah satunya adalah selada yang sangat subur. 

Sang istri sedang hamil, dan ia meminta suaminya untuk mengambil selada milik nenek tersebut, karena dirinya sedang sangat mengidamkan makan selada. Awalnya hanya sebatang selada yang diambil. Namun, keesokan harinya sang istri minta makan selada lagi. 

Buku dongeng anak klasik dunia



Dengan berat hati, sang suami memasuki kebun nenek penyihir itu dan kepergok oleh pemilik kebun. Dan karena terpaksa, sang suami menjanjikan hal yang  berat yaitu menukar stok selada dengan bayi mereka jika sudah lahir nanti. Setelah melahirkan, suami istri itu pun harus menyerahkan bayinya. Bayi itu diberi nama Rapunzel yang artinya "Selada".  

Anak itu ditempatkan di menara yang tinggi saat sudah remaja. Rambutnya yang panjang menjadi tali untuk naik ke menara kastil karena hanya itu jalan masuk menuju menara kastil. Tak ada pintu apalagi tangga. 

Suatu hari, Rapunzel bertemu dengan seorang pangeran saat gadis itu bernyanyi. Suaranya membuat pangeran jatuh cinta. Mereka saling berkenalan dan berjanji akan membawa Rapunzel keluar dari menara itu. Namun, penyihir mendengar bahwa Rapunzel berkenalan dengan pangeran. 

Akhirnya, sang penyihir memotong rambut Rapunzel dan membuangnya ke tempat yang jauh dan tandus. Sedangkan sang pangeran tak sengaja bertemu dengan penyihir di menara. Ia pun terluka karena duri, hingga menjadi buta.

Sepanjang sisa hidupnya, pangeran menjelajah negeri demi mencari Rapunzel. Mereka pun bertemu lagi dan keajaiban terjadi. Air mata Rapunzel menjadi obat penyembuh bagi kekasih hatinya. 


Menurut saya: 


Dongeng Rapunzel sudah saya tahu sejak kecil, saat Disney membuat versi animasi dan ditayangkan di stasiun televisi. Saya ingat film animasinya ditayangkan di Indosiar dan RCTI. Dongeng Rapunzel termasuk seri sastra klasik dunia yang ditulis oleh Grimm Bersaudara. 

Dongeng anak yang dituliskan merupakan cerminan dari kondisi yang ada di zaman dulu di mana saat itu masih banyak menara tinggi ada di hutan kawasan Jerman Tengah. Meskipun ini adalah kisah fiksi, namun ada yang menarik yaitu bagaimana Rapunzel memanjangkan rambutnya hingga sepanjang tinggi menara. Apalagi ia bisa mengangkat tubuh pangeran dan penyihir menggunakan rambutnya. 

Saya jadi berpikir berapa lama ia bisa memanjangkan rambut tersebut. Selama ini saya hanya tahu bahwa perempuan sering memanjangkan rambut hingga pinggang, namun jika rambut sampai lebih panjang dari itu tentunya butuh perawatan. 

Anyway, yang menarik dari buku animasi 3D ini, kita bisa melihat versi live animasinya lho. Jadi tinggal download aplikasi Dongeng Animasi 3D, lalu scan barcode. Kemudian, kita bisa melihat pergerakan tokoh dalam buku tersebut. 

Buku dongeng Rapunzel ini juga disertai dengan kuis dan permainan yang mengasah otak anak, sehingga pembaca anak bisa belajar tentang kuis tersebut di buku ini.

Saya suka sekali dengan permainan yang diberikan penulis, misalnya kuis menemukan jalan rambut, mencocokkan kata dengan kalimat yang dimaksud. 

Untuk teaser dongeng anak Rapunzel ini, pembaca bisa lihat videonya di bawah ya. 

Selamat menonton yaa! ❤





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^