Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Pilih Cerita Favoritmu - Tamu Misterius by DK. Wardhani dan Watiek Ideo


Judul Buku: Pilih Cerita Favoritmu - Tamu Misterius

Penulis buku: DK. Wardhani dan Watiek Ideo

llustrator: Lenny Wen

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Terbit: Cetakan Pertama, 2016

Tebal: 38 halaman

Genre buku: pictorial book / buku anak

ISBN: 978-602-249-394-074-5

Rating Buku: 5 🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Pilih Cerita Favoritmu - Tamu Misterius by DK. Wardhani dan Watiek Ideo


Prang! 

Krasak... 

Krusuk...


"Hoooam, aku sulit tidur karena akhir-akhir ini sering mendengar kegaduhan." Keluh Rumah.

"Whoo, jangan-jangan itu hantu atau monster?" celetuk pohon, Sesaat rumah menjadi takut. Namun, cepat-cepat dia tepis

"Oh, tidak. Tidak ada hantu atau monster."

Siapa yang menyebabkan kegaduhan di dalam rumah?

Dalam cerita ini, kamu bisa memilih 2 alur cerita yang berbeda sesuai keinginanmu.


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Pilih Cerita Favoritmu - Tamu Misterius by DK. Wardhani dan Watiek Ideo


Cahaya matahari mulai menyinari Komplek Ceria. Namun, tunggu! Ternyata ada satu rumah terlihat murung. Hmmm.... Kenapa, ya?


Rumah itu merasa tidak nyaman karena beberapa hari ini ia sulit tidur. Ada suara-suara aneh di kepalanya. 


Ternyata, suara itu berasal dari suara para penghuni rumah. Ada suara nona kecil yang menangis karena tasnya bolong. Ada suara ayah yang bilang bahwa lemarinya rusak karena ada gigitan di sana sini. Ayah ingin memanggil pembasmi hama. Ada suara Ibu yang bilang bahwa makanan di dapur juga hilang karena ada yang mengambilnya, entah siapa.


Suara-suara itu mengganggu rumah sehingga ia tidak bisa beristirahat saat malam hari. Setelah diselidiki, ternyata ada tamu misterius yang mengganggu rumah tersebut. Siapakah dia? 


Tamu misterius itu adalah seekor tikus yang kelaparan dan tidak memiliki tempat tinggal. 


Saat ayah, ibu, dan nona kecil bersiap untuk beberes, si tikus berlan untuk bersembunyi. Ada dua pilihan tempat untuk bersembunyi yaitu di bawah tempat tidur nona kecil, dan di belakang lemari ayah. 


Manakah yang akan dipilih oleh tikus kecil?


Buku anak Tamu Misterius ini memiliki dua alur yang berbeda dan dapat dipilih oleh pembaca sesua dengan pilihannya sendiri. 


Dengan menentukan alur cerita, pembaca anak akan mendapatkan pilihan yang sesuai dengan keinginannya. Dengan begitu, ia dapat melihat dua pilihan tersebut sebagai cara untuk belajar menentukan sesuatu dalam hidup.


Di dunia nyata, anak-anak akan dihadapkan pada pilihan hidup yang harus dijalani. Orang tua tidak bisa terus menerus menemani anak untuk menentukan pilihan hidup. Maka, dengan membaca buku anak ini, anak belajar untuk menentukan pilihan sekecil apapun. 


Setiap pilihan akan memberi konsekuensi tersendiri. Itu sebabnya, buku ini menarik bagi saya karena mengajak pembaca untuk melihat sudut pandang lain dari setiap pilihan yang ada.


Bagi anak-anak, buku anak ini juga menarik karena temanya yang bagus yaitu belajar untuk merapikan rumah bersama anggota keluarga lain. 


Selain itu, anak belajar melalui kuis yang diberikan. Anak juga belajar membuat boks wadah mainan untuk mengumpulkan mainan miliknya dalam satu tempat. Penulis juga memberi tips cara mudah menata barang. Jadi anak bisa menjadi lebih rapi menata kamarnya.


Selain itu, pilihan diksi dalam buku anak Tamu Misterius ini juga sangat bagus menurutku. Misalnya saat tikus akan berpamitan keluar rumah, ia bilang begini,


"Terima kasih sahabatku. Tapi, bolehkah sesekali aku mampir ke tempatmu untuk mengambil sisa makanan yang tercecer?" Rumah pun tersenyum dan mengangguk. 


Well, jarang ada ya penulis yang menuliskan tokoh tikus dengan gaya bahasa yang masih sopan. Hehe.


Overall, saya suka buku ini karena konsep bukunya yang unik dengan dua pilihan alur centa, pilihan diksinya yang bagus, juga ilustrasi dan tips yang diberikan juga menarik.


Nah, selamat membaca ya!


Baca juga : [Resensi Buku] Fabel 34 Provinsi Jawa Timur - Pertarungan Sura dan Baya by Dian K


Baca juga : [Review Buku Anak] Detektif Ben by Watiek Ideo


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital