21 Juni 2022

[Resensi Buku Anak] Bunny Who Didn't Want to Go to Sleep by Arleen Amijaya


Bunny Who Didn't Want to Go to Sleep


Judul Buku : A Bunny Who Didn't Want to Go to Sleep (Kelinci yang Tidak Ingin Tidur)

Penulis buku : Arleen Amijaya

Ilustrator : Melani Sie

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2015

Tebal : 26 halaman

ISBN : 978-602-394-493-4

Genre buku : pictorial book (buku anak)

Rating buku: 5🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas


❤❤❤


Sinopsis Buku : 


Siapa yang tidak suka kelinci? Dari anak kecil sampai orang tua, semua pasti suka hewan kecil yang lucu dan menggemaskan ini. 


Ayo baca cerita-cerita bermakna ini dengan ilustrasi Kelinci yang manis dan lucu. 


❤❤❤


Resensi Buku : 


Suatu malam yang indah di musim semi, bulan tersenyum dan semua hewan bersiap-siap untuk tidur. Semuanya, kecuali seekor kelinci kecil yang tidak ingin tidur. 


Kelinci kecil baru saja mengalami hari yang indah. Neneknya datang dengan sepupunya dan menghabiskan hari itu menunjukkan tempat kesukaannya. Ia begitu gembira dan tidak ingin kegembiraan itu berakhir. 


Kelinci kecil berbicara pada ibunya bahwa ia ingin mengajak saudaranya melihat lingkaran jamur di dekat sungai. Namun, ibunya memintanya melakukan hal itu besok saja, sekarang saatnya untuk tidur. 


Namun, kelinci kecil tidak mau tidur. Ia pun berbicara pada bulan, katak-katak, kelelawar, jangkrik, bahkan pada si burung hantu tentang kisah hari itu. 


Baca juga : [Resensi Buku Anak] Dongeng Animasi 3D - Rapunzel




Semua hewan memintanya tidur lebih dulu. Namun, kelinci itu menolaknya. 


"Tidurlah, kelinci kecil."

"Tidak. Aku tidak ingin tidur."


Kelinci kecil pun ngobrol dengan pak tua Burung Hantu yang bijaksana. Pak tua burung hantu mengatakan hal yang membuatnya terkesan.


Dongeng fabel tentang kelinci

"Hai pak burung hantu, aku tidak ingin tidur. Tapi semuanya menyuruhku tidur."

"Kenapa kamu tidak mau tidur?"

"Aku tidak ingin hari ini berakhir."

"Ya, terkadang jika malamku terlalu asyik, aku juga tidak ingin tidur di siang hari." 

"Lalu aku berpikir, mungkin esok hari akan lebih asyik daripada hari ini. Dan aku tidak akan tahu sampai esok hari datang. Dan esok hari akan datang lebih cepat jika aku tidur." (Hlm. 14)


Book review Bunny Who Didn't Want to Go to Sleep by Arleen Amijaya
Versi buku cetak (doc : Lazada)


Setelah mendengar penjelasan pak tua burung hantu, kelinci pun pulang dengan hati bahagia dan ia mau tidur agar esok datang lebih cepat. 


Nah, kalau menurutmu gimana? Dongeng tentang kelinci ini bagus, kan? ❤


Baca juga : [Review Buku Anak] Alice di Negeri Ajaib by Rae Sitta Patappa


Menurut saya : 


Buku dongeng Kelinci yang Tidak Ingin Tidur ini berkisah tentang seekor kelinci yang tidak mau tidur karena sangat excited dengan kegiatannya di hari itu. Si kelinci tidak ingin hari berganti dengan cepat dan membuat kebahagiaannya pudar. 


Kelinci kecil ingin kebahagiaan hari itu tetap selamanya dan akan terus dirasakan olehnya selama berhari-hari. Namun karena itu dia tidak bisa tidur. 


Dalam kehidupan nyata, kondisi tidak bisa tidur itu tidak hanya dirasakan oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa. Kalau orang dewasa merasakan overthinking, anak-anak justru merasakan excited, karena hari itu dia mengalami pengalaman yang menyenangkan dan susah dilupakan.


Yeah, justru karena hal itu anak-anak tidak bisa tidur. Padahal tidur lebih cepat akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat. Dan kita tetap bisa melakukan aktivitas lain di hari berikutnya dengan baik.


Baca juga : [Review Buku Anak] Siapa yang Makan Kesemek Nenek? - Liu Hangyu


Hikmah yang ingin disampaikan oleh Arleen Amidjaya pada pembaca buku dongeng kelinci kecil ini adalah bahwa tidur lebih cepat akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bisa melakukan aktivitas berikutnya lagi.


Yups .. seperti yang dikatakan oleh Pak Tua burung hantu, "Mungkin saja esok akan ada kegiatan yang lebih seru dan bisa dilakukan. Tapi esok akan lebih cepat datang, jika kita lebih cepat tidur."


Jujur ya, saya merasa dongeng kelinci yang tidak bisa tidur ini sangat keren dan diceritakan dengan cara yang asik dan ilustrasinya sangat cantik sekali. Sebagai orang yang susah tidur karena insomnia, saya merasa termotivasi untuk tidur lebih cepat. Hehe


Saya suka sekali dengan buku anak ini. Dan pesan moralnya juga nyampe bahkan ke orang dewasa sekalipun.


Selain itu, cara Arleen Amijaya mendongeng itu berbeda dengan penulis yang lainnya karena tahu bahwa anak-anak itu cara berpikirnya berbeda dengan orang dewasa. 


Jadi, ketika anak-anak disugesti untuk bisa tidur dengan cepat agar lebih nyenyak itu, caranya beda dengan mengajak orang dewasa tidur lebih cepat. 😛


Saya baru merasakan dongeng yang sangat menarik setelah baca buku-buku dongeng karya mbak Arleen Amijaya. Semoga mbak Arleen bisa terus menghasilkan karya indah lainnya ya. Aamiin. ❤


Nah, selamat membaca ya! 🥰


❤❤❤


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^