Langsung ke konten utama

[Resensi Buku Anak] Dongeng Nusantara - Kisah Anok Lumang

 



Judul Buku : Dongeng Nusantara - Kisah Anok Lumang

Penulis : Lilis Hu

Penerbit : Penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Cetakan Pertama, 2017

Tebal : 62 halaman

Genre : pictorial book (buku anak)

ISBN : 978-602-394-730-0

Rating Buku : 4/5 🌟

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


❤❤❤


Sinopsis Buku : 


Anok Lumang sejak kecil menderita
Dalam mimpi bertemu seorang petapa
Petapa berperan supaya Anok ke kota
Apakah gerangan yang menantinya di sana?

Anok Lumang’s chilhood was one of great suffering. 
Till one day a wise hermit came passing in dream
To the city he beckoned, the old man said ushering
What wonders could await, what fate shall he gleam?

❤❤❤


Review Buku Dongeng Nusantara - Kisah Anok Lumang : 


Alkisah di daerah Lebong hiduplah yatim piatu yang malang, la hidup satu desa bersama para warga desa yang sombong, Anak itu bernama Anok Lumang Kedua orang tuanya telah tiada, namun tak meninggalkan harta benda, sehingga ia hidup terlunta-lunta. Anok Lumang dianggap sebagai beban karena tak punya sanak keluarga yang peduli padanya.

Ilustrasi 3D tokoh anok lumang


Anok Lumang hidup dengan amat sederhana. la berpakaian penuh tambal sulam, namun sangat rajin beribadah. Suatu hari, Anok Lumang pun bermimpi bertemu pertapa bijak yang memintanya datang ke kota untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Anok Lumang pun berusaha sekuat tenaga untuk mengumpulkan bekal agar bisa ke kota dan menjalani kehidupan yang diimpikannya. 


Cerita anok lumang



Anok Lumang datang ke kota, namun ia bingung harus berbuat apa. la pun tinggal di kota menumpang di tempat ibadah. la berusaha dengan keterbatasan yang ada.

Saat itulah, Anok Lumang mendengar kabar bahwa ada sayembara dan penguasa kota yang mengatakan bahwa, "Barangsiapa dapat mengobati Puteri yang sakit, akan menjadi menantu penguasa kota."





Saat itu, Anok Lumang hanya penasaran ingin melihat isi sayembara itu. Namun, ia dikira peserta oleh pengawal. 

Anehnya, tubuhnya tidak bisa bergerak seakan menempel dengan tanah tempatnya berdiri. Karena itulah, Anok Lumang hanya bisa pasrah saat pengawal membawanya untuk mengobati puteri.

Anok Lumang memohon mukjizat dari Tuhan agar penyakit puteri dapat disembuhkan. Ternyata doanya dikabulkan. Tangan puteri mulai gemetar dan ia pun membuka matanya. Puteri pun sembuh dan ia terbebas dari penyakit yang menyiksa dirinya.

Karena sang Puteri telah sembuh, maka Anok Lumang pun diangkat menjadi menantu sang penguasa kota. la menikah dengan Puteri dan hidup bahagia.

Suatu hari, mereka datang ke kota asal Anok Lumang Betapa terkejutnya sang Puteri melihat rumah Anak Lumang sangat jauh dari kata layak. 

Akhirnya, dibangunlah rumah tersebut, dan hal itu membuat seluruh warga desa menjadi gempar Mereka tak percaya bahwa Anok Lumang kini telah menjadi orang kaya.


Menurut saya : 



Anok Lumang dikenal sebagai pemuda miskin di daerah Tanah Sekalawi (sekarang Lebong). 

Kisah Anok Lumang merupakan cerita legenda turun temurun yang menjadi sebuah cerita rakyat asli Bengkulu. 

Dalam buku anak Kisah Anok Lumang ini, penulis mengisahkan bahwa Anok Lumang beruntung karena bisa mengubah hidupnya menjadi lebih baik melalui sayembara tersebut. 

Btw, saya baru tahu bahwa ada kisah Anok Lumang ini lho. Ternyata banyak cerita rakyat yang belum saya ketahui. Hehe





Untuk gambar ilustrasi pakaian yang dikenakan Anok Lumang khas daerah Sumatera yang menggunakan pakaian ala baju kurung ya. Saya jadi ingat pakaian adat khas daerah di Sumatera. 

Buku anak ini menggunakan konsep dongeng 3 Dimensi atau 3D, jadi kamu bisa juga menonton versi videonya. Untuk yang penasaran bisa scan kodenya yang ada di buku.

Overall, bukunya menarik, hanya saja tidak ada dialog antar tokoh di dalamnya. Hanya narasi cerita aja. Lalu, cerita dongeng ini ditulis dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. 📚


Jadi, selamat membaca ya! ❤


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com