18 Juni 2022

[Review Buku Anak] Alice di Negeri Ajaib by Rae Sitta Patappa

 

Buku anak Alice di negeri ajaib


Judul Buku : Alice di Negeri Ajaib

Penulis Buku : Rae Sitta Patappa

Penerbit : Penerbit Ufuk Kecil (Imprint Ufuk Press)

Terbit : Cetakan Pertama, Juni 2011

Tebal: 32 halaman

Genre buku : pictorial book (buku anak)

ISBN : 9786029159363

Rating buku : 4/5 🌟

Baca ebook di aplikasi Ipusnas 


❤❤❤


[Sinopsis Buku Anak] Alice di Negeri Ajaib karya Rae Sitta Patappa:


Alice penasaran, ia sepertinya baru saja melihat ada kelinci aneh. Kelinci itu menggunakan pakaian rapi dan selalu melihat arloji. 


Setelah diikuti Alice, kelinci itu masuk ke sebuah lubang tanpa pikir panjang, Alice masuk ke lubang itu. Ternyata, lubang itu adalah pintu masuk ke dunia ajaib. 


Temukan cerita ajaibnya bersama Alice!


❤❤❤


[Resensi Buku Anak] Alice di Negeri Ajaib karya Rae Sitta Patappa:


Buku anak berjudul Alice di Negeri Ajaib karya Rae Sitta Patappa berkisah tentang Alice yang sedang duduk bersama kakaknya sambil membaca buku anak favoritnya. Sayangnya, buku itu tak ada gambarnya. Kakak Alice bilang bahwa Alice harus menggunakan imajinasinya untuk menikmati cerita dalam buku tersebut.


Di buku anak ini, Alice secara ajaib bertemu dengan seekor kelinci yang membuatnya penasaran. Kelinci ini menggunakan pakaian yang rapi dan membawa jam kantung. Alice mengejarnya, hingga tibalah ia di depan sebuah pintu yang membawanya ke sebuah ruangan. 


Dalam ruangan itu, ada pintu yang mengajaknya bicara. Pintu itu menyuruh Alice untuk minum air yang ada di botol "Minum Aku" agar bisa masuk ke dalam ruangan dan mengejar kelinci tersebut. 


Baca juga : [Resensi Buku] James and The Giant Peach - Roald Dahl



Alice pun minum, dan secara ajaib tubuhnya mengecil, namun pintu tertutup. Ia harus mengambil kunci yang ada di atas meja. Sayangnya, tubuhnya sangat mungil. Ia pun harus memakan jamur bertuliskan "makan aku" agar bisa membesar. 


Sejak masuk ke dunia ajaib, Alice mengalami banyak petualangan aneh dan menakjubkan. Ia bertemu Ratu yang menyuruh anak buahnya mengecat mawar berwarna berbeda. Ia bertemu dengan prajurit kartu yang mengejarnya. Ia juga bertemu dengan para hewan yang menemaninya selama di sana. 


Alice juga menghadiri perjamuan teh yang menyebalkan, ia juga bertemu dengan kucing yang terus menyeringai. 


Alice juga harus menyelesaikan permainan game bersama Ratu agar ia bisa memenangkan pertandingan. Sayangnya, ia kesulitan menggunakan tongkat yang memakai flaminggo sebagai tongkatnya. 


Alice juga berseteru dengan Ratu yang mengadili dirinya dan ingin menghukumnya. Secara aneh, Alice menjadi lebih besar dari semua penghuni dunia ajaib itu karena memakan jamur sisa yang disimpannya dalam kantung baju. 


Akankah Alice bisa keluar dari dunia yang aneh dan ajaib itu? Temukan jawabannya di buku ini ya! 


Baca juga : [Resensi Buku] Petualangan Jack & Piggy Natal by J.K. Rowling



❤❤❤


Menurut saya : 


Jujur, baru kali ini saya baca kisah Alice di Negeri Ajaib, meskipun sudah banyak buku terjemahan dari novel dalam kisah aslinya. Namun, versi adaptasi pictorial book ini lebih mudah dipahami oleh saya sebagai pembaca yang awam dengan keindahan novel klasik. 

Ya, bisa dibilang Alice di Negeri Ajaib ini mampu membawa saya menjelajahi dunia Alice yang sangat ajaib. Rasanya seperti masuk ke dunia alam mimpi yang sangat absurd, mengalami petualangan yang mendebarkan. Selain itu, pengalaman Alice juga sulit dilupakan. 

Baca juga : Resensi Buku Senyum Biskuit - Rae Sitta Patappa



Saya merasa kisah Alice di Negeri Ajaib seperti mimpi absurd pada umumnya yang cenderung spontan, bikin deg-degan dan takut jadi satu. Namun, di sisi lain membuat pembaca ikut merasakan pengalaman yang menakjubkan.

Ya, kapan lagi bisa ngrasain pengalaman absurd Alice berubah bentuk meninggi dan menyusut terus menerus hingga mimpinya berakhir? Hehe

Kalau menurut saya, kekurangannya hanya di bagian dialog, karena percakapannya sangat minim, jadi rasanya pengalaman Alice seperti terlalu cepat loncat dan pindah adegan ke setting berikutnya.  

Overall, saya suka dengan buku Alice di Negeri Ajaib versi pictbook ini. Semoga saya ada waktu buat baca versi novel klasiknya, biar bisa lebih mendalami kisah dongeng ala Alice in Wonderland. 

Nah, selamat membaca ya! ❤

See you next post! 


❤❤❤


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^