17 Juni 2022

Resensi Buku Surat Berharga #Jilid3 - Kumpulan Kata dan Rasa Paling Rahasia


Judul Buku : Surat Berharga #Jilid3 - Kumpulan Kata dan Rasa Paling Rahasia

Penulis : Tim @nulisyuk #nulisyukbatch71

Penerbit : Motivaksi Inspira

Terbit : Cetakan Pertama, Februari 2021

Tebal : 200 halaman 

ISBN : 978-623-6752-33-3

Genre : true story (personal literature)

Rating : 4/5🌟


❤❤❤


Sinopsis Buku Surat Berharga Jilid 3 - Tim @nulisyuk : 


Surat Berharga


Kita tidak pernah tahu kapan napas terakhir itu tiba. Maka, selama kesempatan masih ada, sampaikanlah apa yang perlu disampaikan kepada orang yang dicintai. Meskipun sudah tak mampu bertemu, paling tidak, sepucuk surat berharga bisa melegakan dan mengabadikan perasaan kita. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, sebelum semuanya menjadi terlambat.


Terima kasih untuk setiap kejujuran hati para penulis. Semoga banyak membawa manfaat bagi kita semua tulisan ini..


Salam, Jee Luvina

Penulis dan founder @nulisyuk


❤❤❤


Resensi Buku Surat Berharga Jilid 3 - Tim @nulisyuk :


Buku antologi Surat Berharga ini ditulis oleh banyak orang dari tim @nulisyuk. Ada berbagai hal yang menarik dalam buku kumpulan surat ini, dari surat cinta pada sesama manusia, cinta pada ayah dan ibu, cinta pada orang tua yang telah tiada, cinta pada kekasih hati, bahkan cinta pada sahabat. 


Surat berharga ini sekilas hanya ungkapan isi hati yang terdalam, namun berisi kata-kata yang mampu menggetarkan hati para pembacanya. 


Saya membaca beberapa surat yang sangat indah, salah satunya adalah surat inj yang ditujukan pada sahabatnya yang tidak bisa bertemu karena jarak dan kendala aturan PPKM saat Covid-19 melanda seluruh dunia.


πŸ“šπŸ“šπŸ“š


Surat 1 


Maafkan aku, lagi-lagi karena belum bisa bertemu. Mungkin aku sendiri masih bersedih hati sebab belum dapat bertemu denganmu.


Padahal, takdir yang telah ditetapkan oleh-Nya adalah yang terbaik.


Ya, meski aku di sini, sedangkan kamu di sana. InsyaAllah kita sama-sama mendapatkan yang terbaik dari-Nya. Meski dengan cara atau keadaan yang berbeda.


Meski terbentang jarak yang jauh, kuharap ada doa-doa yang menjuntai di sana, kemudian naik ke atas langit nan tinggi sana. 


Terima kasih kuucapkan untukmu, bagaimana tidak, sedangkan dengan tidak bersama ini aku merindukanmu. 


Semoga, dengan adanya jarak yang tidak dekat ini, justru kita lebih mendekatkan diri pada-Nya. Lebih mensyukuri nikmat-Nya yang mungkin dulu kita lupa dan mengabaikannya.


Biarlah tempat kita tak sama, namun semoga kita sama-sama rida atas kehendak-Nya.


Insya Allah, setiap kejadian pahit maupun manis akan ada buah yang tak pernah basi, yakni buah hikmah.


Semoga dengan keridaan terhadap ketetapan-Nya, menjadikan waktu itu terisi penuh oleh hal-hal yang sarat pahala juga dapat memenuhi syarat mendapatkan tiket untuk masuk ke tempat hangout terindah. Aamiin ya Allah.


Apa pun yang Allah takdirkan untuk kita, insyaAllah selalu yang terbaik, meski ia pahit.


(Halaman 147)


Surat ini berisi perasaan yang mendalam karena rindu dengan orang-orang yang biasa bertemu. 


Janji hangout tidak kunjung bisa ditepati karena terkendala jarak dan aturan PPKM saat covid melanda. Itu membuat suasana menjadi lebih sendu. 


πŸ•πŸ•πŸ•


Surat 2


Sahabat, mungkin saat ini kita sudah sibuk dengan kehidupan dan masalah masing-masing, namun sebagaimana kau ajarkan padaku bahwa persahabatan itu tidak akan pernah berakhir, dan aku yakin kau pun juga masih mengingatku tapi karena situasi dan kondisi, kita belum dapat saling menyapa kembali. 


Saat ini, aku hanya bisa berharap dirimu belum melupakanku, serta namamu masih ada di setiap doamu sebagaimana namamu tersebut dalam doaku. 


Dunia adalah tempat pertemuan dan perpisahan terjadi, namun apa yang dapat kita ambil dari setiap pertemuan itulah yang akan menjadi tabungan kita di akhirat nanti dan kuharap pertemuan kita menjadi tabungan kita juga.

(Halaman 85)


Surat kedua ini berkisah tentang sahabat yang sudah tidak pernah ditemui lagi, selayaknya pertemuan pasti ada masanya berpisah. Perpisahan adalah sebuah keniscayaan, itulah sebabnya perlu untuk menjaga persahabatan tetap kokoh dalam kondisi apapun.


πŸ“šπŸ“šπŸ“š


Surat 3


Pa, katanya semakin tinggi iman seseorang maka akan semakin tinggi pula ujiannya. Tapi, terkadang aku takut kalau ujian yang aku jalani adalah bentuk murka Allah atas khilaf yang secara sengaja atau tidak aku lakukan. 

Aku terlalu khawatir tentang masalah yang belum terjadi, sampai lupa bersyukur atas nikmat hidup yang tidak pernah habis terukur. Padahal, tugas kita adalah hanya taat dan menghadapinya dengan terus memohon kekuatan dan keridaan.

(Halaman 174)




❤❤❤


Ada beberapa surat lainnya, namun lebih baik baca sendiri saja ya. Sayangnya, surat-surat berharga itu tak sempat disampaikan langsung pada orang yang dituju. 


Saya sarikan saja kutipan atau quotes motivasi dan hikmah kehidupan dari surat-surat berharga tersebut.


Quotes Surat Berharga : 


Kalau kita tidak bersyukur dari yang sedikit, bagaimana Tuhan akan mempercayai kita dengan sesuatu yang banyak. 

Halaman 43


Perpisahan itu nyata adanya. Ia akan datang menghampiri setiap kita di waktu yang tak terduga. Maka jika hari ini masih bersama mereka tercinta, peganglah erat dan nikmatilah kebersamaan tersebut. Bahagiakan mereka sebelum perpisahan itu tiba. Dan jangan lupa berdoa, sebab doa menjadi penguat dalam keadaan apa pun.

Halaman 58


Kamu tak pernah tahu siapa yang ada di dalam hidupmu, tapi ketahuilah mereka pasti memiliki arti untuk mewarnai hitam putih perjalanan hidupmu.

Halaman 62


Nak, kelak berhentilah menjadi seseorang yang selalu membandingkan kehidupan kalian dengan orang lain karena kalian punya kisah istimewa tersendiri. 

Halaman 73


Kecilkan gengsi, besarkan hati. Berkasih sayanglah kamu, karena selamanya kita tidak akan pernah bisa hidup sendiri. 

Halaman 98


Tidak ada yang pernah menjanjikan bahwa hidup akan terus baik-baik saja tanpa adanya ujian dan masalah. Tapi, Allah menjanjikan bahwa siapa pun yang meminta pada-Nya, maka akan dikabulkan.

Halaman 174


Kasih sayang dan pengorbanan yang tulus akan dikenang sepanjang masa.

Halaman 254


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^