27 Juni 2022

[Resensi Buku] Fabel 34 Provinsi Jawa Timur - Pertarungan Sura dan Baya by Dian K

 


Judul Buku : Fabel 34 Provinsi Jawa Timur - Pertarungan Sura dan Baya

Penulis : Dian K.

Ilustrasi : InnerChild

Penerbit : BIP

Terbit : Cetakan pertama, 2019

Tebal: 36 halaman

Genre : pictorial book (buku anak)

ISBN : 978-623-216-496-3

Rating Buku : 4/5 🌟

Harga buku : Rp. 40.000

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital 

Dengarkan audiobook di aplikasi Storytel


❤❤❤


[Sinopsis Buku] Fabel 34 Provinsi Jawa Timur - Pertarungan Sura dan Baya by Dian K


Sura dan Baya tak pernah akur. Mereka selalu bertengkar memperebutkan mangsa. Suatu ketika, mereka membuat perjanjian untuk membagi wilayah kekuasan mereka. 

Apakah akhirnya mereka bisa hidup dengan tenang?

Fabel 34 Provinsi terdiri dari 34 judul dengan tokoh binatang endemik dari seluruh provinsi di Indonesia.

Terdapat fakta unik di masing-masing akhir cerita.


❤❤❤


[Resensi Buku] Fabel 34 Provinsi Jawa Timur - Pertarungan Sura dan Baya by Dian K


Setiap hari, para hewan mendengar pertengkaran Sura si hiu dan Baya si buaya. Mereka berdua bagaikan musuh abadi. 

Setiap kali Sura dan Baya  bertemu selalu berkelahi karena berebut mangsa. Hingga perkelahian terhenti dan mereka membuat kesepakatan bersama. 

"Aku akan menguasai air, sedangkan kamu menguasai daratan."


Hingga suatu hari, Sura dan Baya bertengkar lagi karena berebut wilayah kekuasaan. Menurut Sura, sungai adalah tempatnya bisa makan ikan sepuasnya. Namun, bagi Baya, sungai adalah wilayah daratan, jadi harusnya tidak boleh dikuasai oleh Sura. 


Mereka pun berkelahi kembali seperti dulu  duel terjadi hingga berjam-jam, namun tidak ada yang mau mengalah. Hingga akhirnya keduanya saling gigit ekor masing-masing. 


Inilah cikal bakal Sura dan Baya yang menjadi simbol kota Surabaya. Sejak Sura kalah, hingga kini sungai adalah wilayah kekuasaan Baya si buaya. 


Menurut saya:


Kisah Sura dan Baya dalam fabel 34 provinsi ini sangat seru dan menegangkan. Pembaca seolah ikut larut dalam cerita tersebut. Melihat Sura dan Baya yang berkelahi karena berebut mangsa. 

Banyak dongeng seru, tapi saya merasa di buku ini mbak Dian K sangat ekspresif menggambarkan bagaimana suasana pertarungan Sura dan Baya. Apalagi dikaitkan dengan kehidupan Sura dan Baya hingga kini di masa modern menjadi simbol kota Surabaya. 

Sura dan Baya pun menjadi hewan yang sangat dihormati dalam dongeng fabel ini, apalagi kini dianggap sebagai bagian dari sebuah kota yang metropolitan. 

Kelebihan buku anak selain pada dialognya yang ekspresif, juga karena ada tambahan fakta hewan di belakang halaman buku anak tersebut.

Buku anak versi audiobook ini juga dibacakan dengan asyik oleh narator bernama Ika Swastika dan tayang perdana tanggal 1 Mei 2022 di aplikasi Storytel. 

Durasi audiobook buku Pertarungan Sura dan Baya ini adalah 10 menit. Jadi, sangat singkat, kan? Buku anak ini bisa menjadi pengantar tidur bagi anak-anak. Saya juga merasa didongengin oleh naratornya. Hehe

Nah, selamat membaca ya!


❤❤❤



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^