Langsung ke konten utama

5 Rekomendasi Buku Anak Terbaik di Aplikasi Ipusnas

Download ebook gratis aplikasi ipusnas

Hallo teman-teman, gimana kabarnya? Kali ini aku akan membahas tentang rekomendasi buku anak terbaik di aplikasi Ipusnas


Di aplikasi Ipusnas ini, kamu bisa meminjam 10 buku dalam seminggu dan maksimal 5 judul/hari. Btw, pinjam buku di Ipusnas ini gratis ya, gais~


Kalau kamu mau pinjam ebook, kamu tinggal instal aplikasi Ipusnas dan search judul buku yang kamu ingin pinjam. 


Masa peminjaman buku selama 5 hari. Nah, jadi kamu bisa lebih leluasa baca bukunya. Hehe


Oiya, buku anak terbaik apa aja yang aku bahas nanti? Simak ya!


 ❤️❤️❤️


5 Rekomendasi Buku Anak Terbaik di Aplikasi Ipusnas 


1. Selusin Mangkuk Roti Asam - Ernita Dietjeria 


Buku anak Selusin Mangkuk Roti Asam ini berkisah tentang seorang gadis yang malas mencuci piring dan peralatan makan lainnya. 


Pasalnya, tamu yang akan datang ke rumah berjumlah 12 orang, sedangkan peralatan makan yang harus disediakan banyak sekali. Mulai dari mangkok, gelas, sendok, garpu, pisau, dll. Nah, gimana cara mengatasinya yaa?


Selusin Mangkuk Roti Asam


Ide ceritanya unik banget. Gadis ini sengaja membuat roti asam berbentuk bulat, lalu setelah matang, rotinya dikeruk sebagian isinya biar berbentuk mangkok. Lalu, sup dagingnya dihidangkan di dalam mangkok roti itu.


Nah, tamu pun bisa memakan mangkok dan supnya hingga habis. Jadi, nggak perlu ada mangkuk yang dicuci. Ahaha 😂


Idenya mengingatkanku dengan bakso gede yang dibikin mangkok gitu, trus jadi bisa dimakan. Haha. Unik, kan? Kapan lagi bisa makan mangkok sampe habis? 😂


2. Putri Vinifera dan Buah Anggur - Mulasih Tary 


Buku dongeng anak ini berkisah tentang Putri Vinifera yang senang makan anggur. Kerajaannya terkenal dengan ramuan awet muda yang dibuat dari buah anggur. 


Masalah muncul saat banyak kerajaan lain yang ingin mendapatkan ramuan awet muda itu juga, tapi stok anggur terbatas. Jadi, Putri Vinifera menawarkan agar mengadakam sayembara. 



Barangsiapa yang bisa menumbuhkan bibit buah anggur, maka akan mendapatkan ramuan awet muda. 


Nah, semua utusan kerajaan lain pun bersemangat menanam anggur di kerajaan mereka. Saat panen, mereka mengirim anggur ke kerajaan putri Vinifera. 


Pas udah pada nyampe kerajaan, Putri mengumumkan bahwa semua kerajaan memenangkan sayembara itu. 


Semua orang ikutan terkejut, karena ternyata itulah tujuan Putri menyuruh mereka menanam anggur. 


Biar apa? Biar nggak perlu minta stok anggur, karena bisa tumbuh di wilayah kerajaan mereka sendiri. 


Begini para raja, sebetulnya ramuan awet muda itu berasal dari buah anggur yang selama ini kalian tanam. Alasan kami mengadakan sayembara ini adalah salah satunya untuk membudidayakan ramuan awet muda itu tidak hanya di negeri kami, tetapi di negeri kalian.


Nah, serunya lagi... ternyata nama latin buah anggur di Eropa Tengah adalah Vitis Vinifera. 


Kalau menurutmu gimana? Ide ceritanya keren ya. Anak-anak jadi tahu bahwa anggur punya manfaat sebagai buah yang bisa bikin awet muda, bisa mengenal budidaya anggur, dan jadi tahu nama latin buah Anggur.


3. Ke Rumah Nenek Koki - Anee Rahman 


Buku anak ini berkisah tentang lebah kecil yang ingin pergi menggunakan mobil saat melakukan perjalanan jauh. 


Masalahnya, lebah kecil ini sering mabuk di perjalanan. Jadi, orang tuanya minta dia berdoa dan melakukan sesuatu agar tidak muntah di jalan. 


Apa yang dilakukan? Lebah ini makan ubi mentah yang katanya berkhasiat untuk mengatasi mabuk perjalanan. 



Btw, gara-gara baca buku anak ini, aku jadi penasaran apa benar info soal khasiat ubi mentah itu. Jadi, aku searching di google, dan ternyata.... jreng jreng.... nemu artikelnya dong! Haha


Eh, ternyata beneran lho... katanya makan ubi bisa bikin nggak mual pas perjalanan jauh pakai mobil. Serius ga ya? Haha


Jadi penasaran... tapi kok ubinya mentah ya. Padahal lebih enak kalau ubinya direbus atau dikukus kayak ubi cilembu gitu. 😂


Kalau menurutmu gimana?


4. What Happened When I Was In A Book - Arleen A


Buku anak ini unik. Aku suka banget dengan ide cerita anak ala mbak Arleen Amijaya. Soalnya ide ceritanya selalu out of the box dan penuh imajinasi. 


Nah, buku ini berkisah tentang seorang anak yang masuk ke dalam dunia kurcaci, melalui buku anak yang sedang dibacanya. 


Tokoh "aku" ini masuk ke dunia kerajaan yang dijaga para kurcaci. Dia dianggap sebagai Petarung Wanita Bijaksana dan dibekali baju zirah. 



Setelahnya, ia harus membuka gerbang kerajaan dengan memakan buah yang menjadi bahan baku pintu gerbang itu. Pintunya terbuat dari tomat, pisang, apel, dan nanas. Ia harus menghabiskannya. 


Lalu, tiba saatnya ia harus pulang dan keluar dari kerajaan. Sekarang, selain senang membaca buku, tokoh aku ini juga senang makan buah.


Sepiring apel masih ada di sebelah bukuku. Kali ini aku memandang irisan apel itu dengan rasa hormat yang baru. Aku mengambil sebuah dan memakannya. Sejak saat itu, aku punya dua hobi yang dibanggakan ibuku: membaca buku dan makan buah.


Menurutku ide ceritanya unik, imajinatif, dan bikin anak senang makan buah dan membaca buku. Hehe


Kalau menurutmu gimana?


5. Cerita Anak Gajah - Nabila Anwar 


Buku anak ini berkisah tentang seekor anak gajah yang imut dan menggemaskan. Anak gajah ini tinggal bersama keluarganya. 


Buku ini menggambarkan bagaimana kehidupan anak gajah pada umumnya, mulai dari bermain, menyusu dengan induk, hingga mendapatkan intimidasi manusia hingga kehilangan rumah.  


Dengan belalai, aku bisa bernapas. Memeluk. Bermain air. Mengangkat, dan mencium bau. Juga untuk... mengagetkan teman! Treeettt!


Buku ini mengingatkanku dengan gajah lucu di cerita majalah Bobo yang bernama "Bona". Hehe. Kalau yang ini gajahnya berwarna abu dan masih kecil. 


Doc : shopee


Buku anak ini juga disertai lembar aktivitas. Jadi anak-anak bisa belajar sambil bermain. Anak-anak jadi lebih mengenal gajah melalui fabel ini


Nah, selamat membaca ya! 🥰

Semoga bermanfaat! ❤️




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com