Quote of The Day

“The power of dream makes everything possible to reach” (inspired by Honda Motto)

19 December 2014

Resensi Buku : Mencari Anjing Hilang (Seri Secret Seven #5) - Enid Blyton


Judul : Mencari Anjing Hilang (Seri Secret Seven #5)
Pengarang : Enid Blyton
Penerbit : Gramedia
Terbit : Cetakan ke-6, September 2011
Tebal : 152 halm.
ISBN :978-979-22-7543-8
Genre : Novel Anak/Inggris

Secret Seven yang terdiri dari 7 anak bernama Peter, Jack, Janet, George, Pam, Colin, dan Barbara. Peter -sang ketua- kesal pada Susie yang mengetahui kata sandi Secret Seven. Padahal Susie bukan anggota. Ia bahkan meledek bahwa kata sandi itu sudah disebar ke seluruh anak di sekolahan agar semuanya bisa bergabung. Susie melakukan itu karena ia tak pernah bisa masuk dalam perkumpulan yang juga diikuti oleh kakaknya, Jack. Kata sandi “Jack Sprat” di kertas yang ditulis Jack, kini diacak-acak oleh Susie dengan menuliskan nama Jack yang lain, yang diambil dari tokoh di cerita dongeng.

Setelah kejadian itu, Peter segera mengumpulkan teman-temannya untuk rapat, setelah sekian lama tidak ada aksi yang melibatkan Secret Seven. Karena tak ada kasus, mereka berinisiatif untuk memecah tugas latihan yaitu : George dan Colin bertugas mengikuti jejak, Pam, Barbara dan Janet bertugas mengamati orang di stasiun maupun halte bus lalu mendeskripsikan ciri orang yang dilihat, dan Jack beserta Peter menjadi mata-mata dengan mengintai orang lewat semak-semak.

Sayang, George yang sedang mengikuti jejak seorang tua justru dihardik oleh seorang pemuda. Pemuda itu menuduh George membahayakan nyawa orang lain lewat kegiatan pengintaian yang dianggap latihan itu. Pemuda itu mengadukan George pada orangtuanya. George dimarahi ayahnya dan dilarang ikut Sapta Siaga lagi. Tak ada rapat, tak ada pengintaian.

Bagi George ini menyebalkan, karena ia ingat Susie yang sangat berambisi untuk masuk Secret Seven sebagai anggota. Jika George keluar, ia tak mau namanya digantikan orang lain. Demi membuat segalanya membaik, Peter memilih Skippy untuk menggantikan George sebagai anggota sementara, sampai George bisa bergabung kembali. Sebab Secret Seven memang hanya bertujuh, jika enam, apa perkumpulan rahasia itu harus ganti nama?

Orang yang diikuti Colin membawa anjing bull terrier. Orang yang diamati Peter dan Jack membawa anjing pudel. Bahkan pemuda yang menangkap George pun membawa tali anjing. Dan ternyata di koran memang banyak iklan anjing yang hilang. Clue itu mengarahkan pada pencurian anjing. Secret Seven bergerak untuk mengatasi masalah itu segera. Dapatkah Peter dkk menemukan siapa pelakunya? Bagaimana nasib George selanjutnya?

***

Secret Seven merupakan seri petualangan ala detektif cilik yang melibatkan 7 orang anak. Kemampuan analisa yang tajam dan juga gerak cepat yang dilakukan ketujuh anggota membuat mereka lebih gesit mengendus kejahatan dibandingkan polisi. Secret seven memiliki kata sandi yang digunakan agar setiap anggota bisa masuk ke ruang rapat mereka.

Salah satu yang saya suka dari seri ini adalah ketika penulisnya yaitu Enid Blyton hanya menunjukkan deskripsi si penjahat tanpa memberinya nama. Misalnya : si orang jangkung, pak tua dengan suara serak, pemuda di hotel jalak. Penjahat yang ada di buku ini, tak ada yang diberi nama satu pun. Mungkin ini salah satu cara agar anak-anak tidak paranoid terhadap satu nama.

Seperti di buku Enid Blyton yang lain, dalam buku ini pun penulis memberi sentuhan khasnya yaitu acara makan-makan yang lebih mirip piknik karena makanan yang tersedia banyak, juga ada pengenalan budaya yaitu di bagian budaya minum teh sore hari di Inggris.

Di seri ini pula, pembaca bisa tahu jenis-jenis anjing ras murni yang menjadi incaran penjahat seperti anjing bull terrier, pudel, alsatian maupun dalmatian. Anak-anak juga bisa belajar menyayangi binatang seperti yang dilakukan Secret Seven pada hewan yang mereka pelihara, Skippy. Overall, saya beri 4 bintang untuk buku ini, dengan ketegangan yang membuat pembaca penasaran hingga halaman terakhir.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^