Langsung ke konten utama

Resensi Buku : Phyllis Anak Desa - Marjorie Weatherly


Judul : Phyllis Anak Desa
Pengarang : Marjorie Weatherly
Penerjemah : Kartika Sufyan
Penerbit : Medium
Terbit : Maret 2012
Tebal : 100 halm.
ISBN : 978-602-8144-06-3
Genre : Fiksi Anak/Australia


Di sebuah peternakan, Phyllis sering bermain bersama Kak Eva, anak peternak bernama Pak Connelly. Ayah Phyllis bekerja pada Pak Connelly sebagai pengasuh hewan terutama kuda dan domba. Gadis kecil yang periang itu begitu bahagia hidup bersama keluarganya. Kuda, sapi, kebun dan rerumputan menjadi lingkungan tempatnya belajar memahami kehidupan.

Tingkah Phyllis yang energik dan gemar bertanya sering membuat orang terdekatnya tergelak. Karena pertanyaan yang dilontarkan Phyllis sungguh aneh-aneh. Seperti ini misalnya : Apa itu metode? Apa itu olok-olok? Apa yang membuat orang-orang meninggal? Apa kak Eva akan mewarisi semua hewan ternak ini? Menurutmu, makanan apa yang paling disukai sapi?

Suatu hari ada seorang pengemis datang meminta air teh dan makanan. Namun bertambah lagi permintaannya. Lelaki tua kumal itu bertanya pada Phyllis apa ia punya sepatu boot yang sudah tidak terpakai? Phyllis yang lugu justru meminta lelaki itu menemui ayah kak Eva untuk minta sepatu boot.

Bu Ray, sang ibu terhenyak. Ia semakin sadar, Phyllis berbeda dengan anak lainnya. Rasa ingin tahu anak itu tinggi. Ditambah sikap dermawannya yang tidak pandang bulu. Bu Ray mengingatkan Phyllis tentang sikapnya dengan kata-kata, “Jangan mempermalukan keluargamu.” Padahal Phyllis tidak tahu apa arti mempermalukan. Alih-alih marah, Pak Connelly justru meminta Phyllis datang untuk makan malam bersama ia dan putrinya. Phyllis mendapatkan makan malam yang lezat.

“Mamaku bilang agar aku tidak bicara kecuali Pak Connelly mengajakku bicara lebih dulu. Anak kecil yang terlalu banyak bicara bisa menggangu.” (halm. 42)

Bu Ray juga mengajarinya banyak nilai kehidupan. Seperti ini misalnya :
“Nak, kalau kau mau memakannya dengan tangan, jangan mengelapkannya ke bajumu.” (halm. 58)
“Maaf, mama sayang. Aku tidak sengaja.”
“Ucapkan selamat tinggal, sayang.”
“Maukah kau membantuku? Takut tumpah.” (halm. 43)

Phyllis juga suka membuat cerita dongeng karangannya sendiri. Ia sering bergumam pelan sembari mengoceh panjang tentang anak domba, awan, maupun hewan-hewan. Sampai suatu hari ayah sakit. Apa yang akan dilakukan Phyllis ketika ayah sakit? Temukan jawabannya di buku ini. ;)

Cerita ini sangat menakjubkan untuk anak-anak maupun orangtua yang sedang mengasuh anak. Dari buku ini pembaca bisa belajar bijaksana tentang kehidupan semesta. Belajar mencintai pekerjaan, hubungan yang baik antara anak dan memetik hikmah dari kehidupan sederhana. Selain mengasyikkan juga memberi pelajaran hidup.

Komentar

  1. jarang nih dakuw baca buku karya penulis aussie, jadi pengen baca..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Dedew. Aku juga baru pertama baca hehe. Suka sama tokoh anak kecilnya, criwis abis.
      Bagus bukunya, mba. Baca deh, :D

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital