4 January 2022

[Review Buku] All Around Science Vol. 5

Booktour buku all around science vol 5


Judul Buku : All Around Science Vol. 5

Penulis : Seo Bo-hyeon 

Ilustrasi : Cho Seung-yeon

Penerbit asli Korea : Woongjin Think Big Co. Ltd)

Penerbit Indonesia :  Gramedia

Terbit :  2019

Tebal : 112 halaman

ISBN : 978-602- 06-1883-8

Rating : 5 ⭐

Harga : Rp 110.000

Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku : 


Ih, Ada Larva!


Larva terlihat menjijikkan, ya? Tapi apakah kalian tahu kalau larva akan berubah menjadi serangga yang keren? Ayo kita pelajari proses perubahannya!


Kotoran dan Seluk-Beluknya


Setiap makhluk hidup mengeluarkan kotoran dari tubuhnya. Kotoran beberapa binatang malah punya fungsi tertentu. Binatang apa saja itu dan apa fungsi kotoran mereka?


Biji yang Berkembang


Biji dapat berkembang menjadi tumbuhan yang indah. Namun, perjuangan biji untuk tumbuh tidak mudah. Apa saja yang harus dilewati para biji ya?


Seri All Around Science membantu anak memahami ilmu pengetahuan yang ditemui setiap hari di sekitar mereka. Dengan ilustrasi menarik dan bahasa sederhana, anak-anak akan bisa memahaminya dengan baik!


❤️❤️❤️


Resensi Buku : 


Mengenalkan dunia sains pada anak-anak membutuhkan pendekatan atau cara belajar yang berbeda. Cara mengajar sains yang fun bisa membuat anak penasaran dan akan terus belajar setiap hal baru yang muncul dalam proses belajar tersebut. Hal itulah yang diajarkan dalam buku All Around Science volume 1-5. 


Dalam volume 5, penulis membahas larva, kotoran dan biji tanaman. 


Bagaimana bahasannya? Simak ya! ❤️


Bab 1 membahas tentang Larva. Apa itu larva? Bagaimana mereka berkembang biak? Jenis-jenis larva yang ada di alam, bahkan bagaimana cara larva berkembang biak hingga menjadi kepompong, lalu berubah jadi serangga?


🌼 Cara hidup serangga dan manusia sangat berbeda. Manusia akan terus menerus mengonsumsi nutrisi dari makanan agar bisa terus bertumbuh dan berkembang biak. Sedangkan saat menjadi larva, serangga akan banyak makan. 


Cara larva berkembang biak di alam liar


Namun, saat jadi dewasa, serangga hampir tak pernah makan mereka fokus untuk berkembang biak. 


Itu sebabnya kita sering melihat serangga berjumlah banyak membentuk koloni sendiri. Karena mereka fokus untuk berkembang biak hingga menjadi sangat banyak. 


Cara larva makan tanaman

🌼 Ada berbagai pertanyaan yang bisa kamu temukan jawabannya seputar siklus hidup larva dalam buku All Around Science Volume 5 ini. 


🌼 Misalnya : pertanyaan berapa kali larva ganti kulit? Bagaimana larva mengganti kulitnya? Apa yang terjadi pada kulit larva yang sudah terlepas?


🌼Pertanyaan dan jawaban dari fenomena hidup Larva ini bisa menambah wawasan anak-anak sehingga mereka bisa memahami ilmu sains di alam dengan lebih mudah.


🌼Oiya, ada quiz di akhir setiap bahasan tema di buku. Jadi, anak-anak bisa mengecek pengetahuan yang sudah mereka pelajari sebelumnya. 


Misalnya : kuis untuk mencocokkan bentuk larva dan imagonya. 


🌼Nah, dalam bab 2, penulis membahas tentang fenomena kotoran yang dapat didaur ulang menjadi biogas. Kotoran bisa difermentasi, lalu hasil gas itu bisa diolah menjadi biogas, sebagai pengganti bahan bakar.  Bahan bakar ini sangat hemat dan juga ramah lingkungan. 


🌼Selain itu, ada banyak hewan di alam liar yang menggunakan kotoran untuk melindungi dirinya. Misalnya : singa yang menggunakan kotoran gajah agar ia bisa mengelabui mangsanya. Mangsanya akan mengira singa tersebut adalah gajah, padahal bukan. 


🌼Ada juga hewan lain yang memakan kotoran dari induknya agar bisa mendapatkan kekebalan tubuh. Ada lagi hewan yang menandai jalan pulang dengan mengeluarkan kotoran, dan bahkan ada hewan yang memberi salam perkenalan menggunakan kotoran. Sungguh amazing! 😂


Ya... Memang gambarnya agak sedikit menjijikan, tapi bisa sangat membantu anak melihat kehidupan asal para hewan yang ada di sekitar kita. 😄


🌼Oiya, bab 3 membahas tentang serba-serbi biji tanaman. Tahu nggak sih tanaman juga mengalami siklus hidup yang sangat menakjubkan! Kalau dipikir-pikir tanaman akan terus berkembang biak selagi masih ada hewan yang ikut menyebarkan benihnya ke segala tempat. 


🌼Bab 3 ini menarik disimak karena ilustrasinya bikin mond blowing! 😍


Baca semua babnya di buku All Around Science Vol. 5 ya! ❤️


❤️❤️❤️


Menurut saya : 


🌼Book Tour - All Around Science Vol. 5 🌼

🌼Sejak dulu saya jarang baca buku science meski kuliah di Math. 😅 Salah satu kelemahan yang bikin agak jiper adalah belajar biologi. Wekeke. 

🌼Dulu tuh saya mikir biologi susah dipahami, karena ribet. Tapi pas baca buku series All Around Science ini, saya jadi tahu betapa menyenangkannya belajar sains dari ahlinya, tanpa perlu mengerutkan kening. Alias... gampang banget bahasanya! Lebih mudah dipahami dibanding harus ngubek-ngubek buku diktat. 😂

🌼 Dalam buku All Around Science Vol. 5 ini penulis membahas tentang seluk beluk larva, kotoran dan biji tanaman dalam buku setebal 112 halaman. 

🌼Di bab 1, ada kisah larva yang diadopsi oleh Ah-in, gadis kecil asli Korea Selatan yang senang mengamati hewan.  Serangga miliknya berkembang lambat karena proses tumbuh di dalam kepompong miliknya. 

Serangga seperti kumbang rusa yang dimiliki Ah-in berawal dari larva, lalu tumbuh dengan makan serat-serat kayu di pohon. Lalu, mereka tumbuh hingga bisa berkembang biak. Selama menjadi larva mereka terus makan hingga besar. 




🌼 Dalam bab 2, kita bisa belajar banyak tentang bagaimana kotoran bisa berpengaruh dalam siklus hidup hewan, tumbuhan, bahkan manusia. 

Siklus kotoran terus berputar karena saling mempengaruhi satu sama lain. Bahkan, ikan paus pun juga mengeluarkan kotoran yang dimakan oleh hewan-hewan di sekitarnya. 

Kotoran juga bisa diolah jadi bahan bakar biogas sebagai pengganti bahan bakar lho. 

Di Korea Selatan, ada toilet khusus yang dibuat di Universitas Ilmu Pengetahuan Teknologi Ulsan,  kotoran akan diolah jadi bahan bakar biogas di toilet itu. 

🌼Di bab 3, kita bisa belajar bagaimana biji tanaman melindungi dirinya agar bisa tumbuh dalam tanah dan tidak diganggu hewan lain. 

Selama proses penyebaran biji tanaman, ada bantuan hewan juga. Jadi ekosistem saling mempengaruhi, antara hewan, tumbuhan, dan manusia. 




🌼 Keunggulan buku All Around Science :


Ilustrasinya bagus, gaya bahasanya mudah dipahami. Bahasan temanya juga sesuatu yang baru kutahu. 

Saya baru tahu ada hewan yang memuja kotoran sebegitunya, karena kotoran juga membantu melindungi diri dari ganasnya alam liar. 😂

Overall, buku ini wajib banget dibaca sama anak-anak, biar lebih paham fenomena sains di sekitar kita. 



Review buku All Around Science Volume 1-4  bisa dibaca di instagram @molzania
@bacaanlendyagasshi
@nyibacabuku @alenaslibrary 😍

#Booktour

❤️❤️❤️

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^