7 January 2022

[Review Buku] Kitty dan Petualangan Taman Langit by Paula Harrison




Judul Buku : Kitty dan Petualangan Taman Langit

Pengarang : Paula Harrison

Ilustrator : Jenny Lovlie

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Terbit : Edisi Digital, 2021

Tebal : 128 halaman

ISBN : 978-623-04-0558-7

Genre buku : novel anak (U : 7+)

Rating : 5 ⭐

Harga buku : Rp. 67.000


Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital


❤️❤️❤️


Sinopsis Buku : 


Kitty, Pumpkin dan Katsumi menemukan sebuah taman langit rahasia di bumbung atap kota. 


Taman langit itu sangat indah, berisi berbagai tanaman eksotis dan dekorasi yang menawan. 


Pixie sangat senang telah menemukan taman langit itu hingga dia menceritakannya pada semua kucing. 


Namun, semakin banyak kucing yang tahu tentang taman langit itu, semakin kacau keadaannya. 


Kitty pun segera bertindak untuk menyelamatkan taman langit dan keindahannya dari para kucing yang ingin menghancurkan taman langit. 


Berhasilkah Kitty menyelamatkan keindahan taman langit itu? 


Yuk, simak kisahnya dan lengkapi serinya!


❤️❤️❤️


[Review Buku] Kitty dan Petualangan Taman Langit  by Paula Harrison


Buku ketiga dari seri petualangan Kitty Pahlawan Super ini berjudul Kitty dan Petualangan Taman Langit. 


Kalau melihat judulnya, penulis bakalan bahas tentang taman ya. Nah, taman apakah itu? 


Taman langit yang dimaksud adalah taman yang ada di rooftop alias atap gedung. Kalau di buku ini pakai istilah bubung atap. 


Nah, bubung atap ini ditanami berbagai macam tanaman lho. Saya juga kaget ada tanaman bisa tumbuh di atap gedung. Hehe. Soalnya selama ini saya nanem tanaman di halaman rumah, bukan di atap. 😁





Alkisah, Kitty mendapat tugas dari sekolah untuk ikut lomba desain taman sekolah. Karena bingung mau bikin apa, Kitty pun mencari ide dengan melihat taman lainnya. 


Suatu malam, saat berpetualang dengan menggunakan kostum kucingnya, Kitty melihat ada taman rahasia di bubung atap kota.  Taman ini dijaga oleh kucing tua yang galak, namanya Diggory.


Diggory sebenarnya baik, tapi dia tidak suka ada tamu asing yang datang ke tamannya. Ia khawatir manusia dan kucing lain akan merusak keindahan tanaman yang sudah susah payah ditanam oleh pemilik taman langit itu.


Nah... Itu sebabnya, saat Kitty datang ke taman itu, Diggory sangat marah karena melihat Kitty dan teman-teman kucingnya bermain-main di sana. 


Bahkan, di taman langit itu ada tanaman catnip yang jika dihirup oleh kucing akan membuatnya kehilangan kendali diri dan bertingkah konyol.


Kitty pun mencari cara agar ia diperbolehkan bermain di sana, dengan catatan tidak merusak taman langit itu. 


Sayangnya, keesokan harinya, saat malam tiba... Kitty, Pumpkin dan Pixie pergi ke sana dan melihat ada gerombolan kucing liar yang merusak taman.


Mereka sulit dikendalikan, bahkan pergi membawa lonceng kerang kesayangan pemilik taman. 




Gara-gara itu, Kitty harus mencari cara agar para kucing liar itu mau mengembalikan lonceng kerang tersebut. Karena bagaimana pun juga.... lonceng angin dari kerang itu yang membuat taman langit menjadi istimewa. 


Suara lonceng angin  terdengar nyaring hingga membuat suasana taman di malam menjadi sangat tentram dan damai. 


Bagaimana cara Kitty menyelesaikan masalah itu? Simak di novel ini ya! 


❤️❤️❤️


Menurut saya : 


Novel Petualangan Kitty Pahlawan Super series ini merupakan novel favorit saya. Sejak seri pertama dan kedua, saya sudah menunggu kehadiran novel lanjutan ini di aplikasi Gramedia Digital. 


Akhirnya, seri ketiga dan keempat muncul dan bisa didownload dengan gratis selama masa subscription masih ada.  Alhamdulillah. 😁


Btw, saya mengira novel judul yang ini seri keempat, ternyata malah yang ketiga. Hehe


Oiya, Kitty ini merupakan pahlawan super anak-anak yang menggunakan kostum manusia kucing. 


Kitty punya kekuatan super seperti kucing. Bisa bergerak lincah dengan kaki dan tangan yang gesit di malam hari.


Kitty juga punya pendengaran yang tajam. Itu sebabnya, ia bisa mendengar suara lonceng kerang taman langit yang dibawa para kucing liar.  


Bahkan Kitty jadi tahu di mana mereka bersembunyi di sudut kota, hanya dengan menggunakan kekuatan supernya. Pendengaran, penciuman, dan penglihatan Kitty yang sangat tajam, mirip seperti kucing.


Oiya, dalam novel ini penulis membahas tentang bagaimana cara membuat taman yang indah. Taman yang indah nggak harus menggunakan bahan-bahan terbaik, bisa juga menggunakan produk  atau bahan yang bisa didaur ulang. 


Saya salut dengan Paula Harrison yang membahas tema yang sangat hits ini. Jadi anak-anak bisa belajar daur ulang untuk membuat pot tanaman, seperti yang dilakukan Kitty dan sahabat kucingnya.


Lalu, anak-anak juga bisa berkenalan dengan berbagai jenis tanaman eksotis, yang bisa membuat taman jadi makin cantik. Seperti yang dialami oleh Kitty dan teman-teman kucingnya. 


Contohnya : ada tanaman sulur bunga honeysuckle, bunga matahari, bunga bintang musim semi, bunga mawar, bunga lavender ungu, bunga tulip kuning, dll


Trus, ada juga cara bernegosiasi ala Kitty. Menurutku ini adegan paling menarik di novel ini. Penbaca anak jadi tahu gimana caranya menyelesaikan masalah dengan win-win solution alias nego tipis.


"Dengar, aku tahu kalian semua marah saat aku usir dari taman langit. Sebenarnya, kalian semua bersalah karena mengacak-acak pohon dan rumpun bunga... tetapi mungkin kita bisa menemukan cara untuk menikmati taman langit bersama-sama."


"Teruskan, Kitty! Aku rasa mereka mendengarkan." (Hlm 98)


Kisah Kitty dengan kucing liar ini mengingatkanku dengan kucing liar dekat rumah. Tiap malam pasti mereka bertengkar bikin gaduh. Dari kejar-kejaran sampai rebutan makanan. Bahkan kadang para kucing kawin sampe suara mengeongnya terdengar berisik sekali.


Kisah Kitty ini juga mengajarkan anak-anak untuk berani meminta maaf untuk setiap kesalahan yang diperbuat. Seperti yang dilakukan para kucing saat bertemu dengan Diggory. 


Saya kira kucingnya cuma bakal ngasih kerang itu ke Kitty. Tapi ternyata sambil ngomong minta maaf ke Diggory dan mereka juga yang mengikatkan kerang itu ke talinya. Jadi, saya rasa ini juga win-win solution ya buat kucing liar itu. 


"Aku benar-benar minta maaf karena sudah merusak tamanmu. Aku sangat jahat dan egois. Aku berjanji tidak akan melakukan hal seperti itu lagi." (Hlm. 107)


Para kucing liar pun merasa ada andil juga untuk membuat taman langit menjadi indah kembali, dengan ikut membuat simpul tali untuk setiap kerang yang dipegang para kucing liar.


Novel anak ini sangat menarik. Bahkan menurut saya kisah Kitty dan teman-temannya ini bagus dan tetap related dengan pembaca anak. 


Overall, 5 bintang untuk novel anak ini. Selamat membaca ya! 😍


❤️❤️❤️


Postingan resensi buku ini masuk dalam Children's Literature Reading Project



No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^