18 Januari 2022

[Review Buku] Buya Hamka by A. Fuadi

 

Novel biografi buya hamka


❤️REVIEW BUKU BUYA HAMKA ❤️


Judul : Buya Hamka 

Penulis : A. Fuadi

Penerbit : Falcon Publishing 

Terbit : Cetakan pertama, Desember 2021

Tebal : 364 halaman

ISBN : 978-602-6714-73-2

Genre : novel biografi 

Harga : Rp 90.000


❤️❤️❤️


❤️Meneladani Semangat Juang Buya Hamka ❤️


"Pidato-pidato, lezing-lezing saja percuma. Cobalah isi dadamu dahulu dengan pengetahuan, baru ada artinya pidato itu. Kalau ilmu sudah ada, akan mengalir cerana datang menjemput, akan diambil orang menjadi menantu."


Malik kecewa dan sedih lantaran perjuangannya untuk berkembang di kampungnya justru menuai kritik dari ayahnya sendiri. 


Haji Rasul, ayahnya yang termasyur di Padang Panjang memintanya untuk belajar ilmu sebelum banyak berpidato dengan petitah petitih syair adat melayu. 


Ayahnya mempertanyakan keilmuannya, karena selama ini ia belum tuntas menuai ilmu dari guru-gurunya di thawalib. 


Malik pun sedih karena saat melamar kerja, ia ditolak sebab tak memiliki ijazah thawalib. Beban di pundaknya sangatlah berat. 


Kisah hidup buya hamka


Demi memenuhi hasratnya untuk berjuang dan diakui eksistensinya sebagai manusia yang berguna, ia pergi dari kampung halaman. Ia berpindah-pindah tempat. Dari Padang Panjang, ke Jawa, lalu ke Mekkah dan melaju ke Medan. 


Di sanalah ia mendedikasikan dirinya yang bekerja menjadi penulis dan guru agama. Ia ingin membagikan pengalaman saat haji. 


Tulisannya dimuat di Majalah Pelita Andalas, namanya berubah menjadi HAMKA. Tulisannya selalu dinanti, pendapatnya dikagumi. 


"Hamka benar-benar sedang di puncak karier. Majalah maju, buku karyanya laris, namanya tenar, dan di Muhammadiyah dia jadi pemimpin  yang didengar orang pula. Di usia semuda ini. Baru 30 tahun saja. Sedang gagah-gagahnya."


Hamka kini menjadi sorotan, dan ia mulai berkecimpung dalam pergerakan. Suaranya mulai dianggap berbahaya hingga diancam oleh penguasa yang saat itu dekat dengan petinggi negeri lain yang berideologi komunis. 


Hamka mengalami banyak ancaman dan tantangan dakwah. Ia mengalami banyak kejadian yang membahayakan nyawanya sekaligus menjadi titik penentu akan kemana karirnya berlanjut. 


Baca lanjutannya di novel ini. 😉


❤️Review Novel Buya Hamka by A. FUADI : 


Membaca Buya Hamka serasa masuk dalam mesin waktu. Saya ikut larut dalam kisah Malik kecil yang tumbuh di alam dengan keragaman adat Minang. Ia nakal, bandel, pintar, tapi tangguh. 


Malik terbiasa hidup berpindah-pindah karena permintaan ayahnya untuk mencari ilmu pada guru yang jauh lebih baik. Ia sempat mendapatkan pengalaman di Mekkah saat berhaji, dan bekerja di percetakan buku. 



Buku-buku dari berbagai disiplin ilmu dilahapnya, meskipun sesekali masih belum dipahaminya. Di Mekkah, ia mencari ilmu dan kebajikan dari pengalamannya merantau. 


Pengalamannya naik kapal juga dituangkannya dalam novel, bahkan kisah cintanya yang bertepuk sebelah tangan karena perjodohannya gagal pun menjadi novel. 


Hamka menuliskan banyak kisah hidupnya dalam surat kabar, majalah, buku-buku, baik novel, maupun nonfiksi. Segala pengalamannya dituangkan dalam berlembar-lembar tulisan. 


Novel Buya Hamka ini sangat menarik karena mengangkat kisah hidup Hamka sejak kecil hingga meninggal. 


Book quotes buya hamka karya ahmad fuadi


Jika selama ini saya hanya melihatnya dari naskah novel, dan adaptasi film, kini saya bisa tahu kenapa Hamka menulis semua tema itu. Sebab, pengalaman hidupnya pun sangat beragam dari hidup susah, kecewa, senang, sampai bisa berada di puncak karir. 


Bahasa novelnya sangat bagus dengan dihiasi berbagai adat minang juga. Narasinya memikat hati. Sebagai penulis, A Fuadi menuangkan kisah Hamka dengan manis dan hangat, selayaknya membaca kisah seorang kawan lama yang sedang merantau jauh. 


Hamka berjuang hingga nafas terakhirnya, sebagai seorang yang berada di jalan juang yang berbeda dari teman-temannya. Ia menulis, itu sebabnya namanya dikenang hingga kini, meski raganya sudah tiada. Karya-karya dan pemikirannya masih bisa dinikmati hingga sekarang. 


Overall, saya suka banget sama novel ini. Yang mau baca bisa langsung pesan bukunya di ig @falconpublishing ya 😍


Yang mau pesan bukunya bisa klik link ini ya : linktr.ee/falconpublishingofficial/

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^