Langsung ke konten utama

Review Buku: Perkumpulan Anak Luar Nikah Karya Grace Tioso


Review Buku: Perkumpulan Anak Luar Nikah Karya Grace Tioso


Sinopsis Buku Perkumpulan Anak Luar Nikah Karya Grace Tioso  : 


"Perkumpulan Anak Luar Nikah" mengisahkan perjalanan Martha, seorang perempuan keturunan Tionghoa-Indonesia yang tinggal di Singapura bersama suami dan dua anaknya. 


Martha membuat sebuah akun politik di Twitter bersama sepupunya, Yuni, dengan akun @duolion163 yang hobi ngespill kelakuan politikus Indonesia. 


Martha dan Yuni membuat akun anonim ini dengan tujuan memberi informasi tentang para calon legislatif dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat umum. Namun, rahasia masa lalunya yang kelam terbongkar, membawa dampak besar pada kehidupannya.


💜💜💜


Review Buku Perkumpulan Anak Luar Nikah Karya Grace Tioso :


Novel ini mengangkat tema serius dengan gaya tulisan yang ringan namun penuh makna. Kisah Martha memperlihatkan bagaimana perjuangan seorang minoritas dari kalangan Chindo alias China - Indonesia dalam mencari jati diri dan tempat mereka di tengah masyarakat. 


Gaya storytellingnya yang cepat dan memikat membuat pembaca terbawa dalam alur cerita yang penuh emosi dan refleksi. 


Novel ini berisi 39 bab alias thread yang ditulis dengan detail yang mendalam. Bahkan menguliti alasan kenapa Martha berjuang agar orang-orang tidak salah memilih calon anggota legislatif atau politikus yang kontroversial.  


Martha dan Yuni juga menganalisis semua data baik background keluarga, latar pendidikan, berita, maupun laporan keuangan yang bisa diakses secara publik. 


Melalui kisah Martha, pembaca dibawa untuk memahami rumitnya kehidupan seorang minoritas, terutama dalam konteks politik dan sosial. 


Bagaimana Martha harus berjuang untuk tetap hidup waras karena pernah mengalami trauma akibat kerusuhan 1998. 


Rumah orang tua Martha di Indonesia bahkan dilapisi dengan pintu baja yang bisa menjaga keluarganya, jika sewaktu-waktu ada serangan massa atau kerusuhan lagi. 


Martha juga pindah ke Singapura demi bisa melanjutkan sekolah. Ia berhemat sangat ketat agar bisa makan hari demi hari. Selain itu, ia juga membantu Ronny untuk urusan kampus. Kelak, Ronny lah yang menjadi suaminya. 


Alasan kenapa Martha terseret kasus karena ada jejak digital di blognya


Martha ketahuan memalsukan dokumen untuk mengajukan beasiswa. Masalahnya, ia menulis di blog pribadinya yang berisi aib masa lalu. 


Dari situ orang-orang jadi tahu bahwa Martha telah memalsukan dokumen. Padahal ia tinggal di Singapura. 


17. What is the wildest thing you've ever done when you're 17 years old?

I forged a legal document. Later, I used it to apply for a scholarship, and I got accepted!


Praktis, karena alasan itulah, Martha harus berurusan dengan hukum di Singapura. Ia mendapatkan surat berwarna pink (pink letters) berisi permintaan untuk datang ke kampus. 


Martha baru tahu bahwa pink letter itu berhubungan dengan pemalsuan dokumen yang dulu pernah dia lakukan.


Dokumen asli menunjukkan bahwa dia adalah seorang anak luar nikah alias stateless/ tidak memiliki kewarganegaraan karena konflik Chindo di Indonesia. 


Martha dulu melakukan pengajuan beasiswa ke University of Singapore. Dan ternyata ia dinyatakan lolos beasiswa.


Martha juga lulus dengan periode 3.5 tahun dengan nilai 4.9 (skala 5.0), ex-Dean's list recepient, TA awardee dan super organized project manager. 


Martha harus berjuang untuk keluar dari masalah ini karena akan menyeret dirinya dan orang-orang sekitarnya. 





Ronny, suami Martha sedang menunggu proses tenure dengan harap-harap cemas. Kariernya baru aman jika dia sudah mendapatkan posisi associate professor tenure track. 


Tenure track artinya dia mendapat jabatan seumur hidup dan bebas melakukan penelitian, serta mengajar tanpa perlu khawatir kontraknya tidak akan diperpanjang.


Ronny tak perlu lagi gelisah akan masa depan keluarganya, sekaligus bisa merencanakan program riset untuk 20 tahun ke depan. Ditambah, Ronny tahu akan selalu ada makanan di atas meja untuk anak-anaknya. Namun, kasus Martha menyeret nama Ronny sehingga ia mengalami kesulitan dalam karirnya.


Jika tenure-nya ditolak, jika Martha dideportasi karena terlibat kasus, ke mana dia harus melangkah? Bagaimana jika universitas lain juga menolak aplikasinya karena istrinya tersangkut kasus dokumen palsu?


Novel ini memberikan sudut pandang yang detail tentang realitas kehidupan minoritas di tengah masyarakat Indonesia. 


Mereka harus berjuang agar hidupnya tidak dipandang sebelah mata. Seperti Ronny yang pernah malu karena orang tuanya hanya berjualan beha dan pakaian dalam di sebuah toko di deretan gang Asemka. 


Ronny ingin memperjuangkan karirnya sebagai Professor dengan gaji 150 juta sebulan di kampus Singapura. Namun semua sia-sia saat berhadapan dengan konflik pemalsuan dokumen beasiswa yang menyeret nama Martha, istrinya dan keluarganya.


Novel "Perkumpulan Anak Luar Nikah" karya Grace Tioso tidak hanya sekadar sebuah kisah, tetapi juga menjadi cermin bagi banyak orang tentang perjuangan minoritas dalam mencari keadilan dan pengakuan. 


Melalui novel ini, pembaca diajak untuk merenungkan isu-isu sosial yang relevan dalam masyarakat kita saat ini.


Novel ini bukan hanya sekadar bacaan hiburan, tetapi juga sebuah pengalaman yang menginspirasi dan memberikan pelajaran berharga. 


Di ending, pembaca disuguhkan dengan potret bagaimana Martha memperbaiki hubungannya dengan orang lain, baik keluarga dan teman pasca konflik yang dialaminya. Ia juga mulai memperbaiki hubungan dengan suami dan anaknya yang sempat bermasalah. 


Kisah Martha mengajarkan kita tentang keberanian, kejujuran, dan pentingnya memperjuangkan hak dalam menghadapi ketidakadilan dan diskriminasi. 


Isu politik dan sosial yang kental juga menyentil pembaca bahwa ada kalangan minoritas dari Chindo yang berjuang demi kesetaraan di negaranya sendiri yang tidak menghargai kehadiran mereka. 


Bahkan, tak jarang mereka lebih memilih diam dan tidak mau berurusan dengan politik agar tidak ada persinggungan dengan kelompok yang lainnya. 


Selain itu, banyak juga kalangan Chindo yang akhirnya memilih pindah kewarganegaraan dan tinggal selamanya di Singapura, karena status stateless (tidak memiliki kewarganegaraan) atau dianggap anak luar nikah ini. 


Novel Perkumpulan Anak Luar Nikah karya Grace Tioso layak menjadi salah satu bacaan wajib bagi kamu yang peduli dengan isu-isu sosial dan keadilan. 


Yuk baca ebook novel Perkumpulan Anak Luar Nikah di aplikasi Rakata. ❤️


Rating Buku : 4,5/5 🌟

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Gadis Kretek by Ratih Kumala

  Judul Buku : Gadis Kretek Pengarang : Ratih Kumala Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Ketiga, Juli 2019 Tebal : 275 halaman ISBN : 978-979-22-8141-5re Rating : 5 bintang Genre : Novel Sastra Indonesia Harga Buku : Rp 75.000 Baca Ebook Gadis Kretek pdf di Gramedia Digital Beli novel Gadis Kretek di Shopee (klik di sini)

Resensi Buku Funiculi Funicula (Before The Coffee Gets Cold) by Toshikazu Kawaguchi

  Judul   Buku : Funiculi Funicula Judul Asli : Kohii No Samenai Uchi Ni (Before The Coffee Gets Cold) Pengarang : Toshikazu Kawaguchi Alih Bahasa : Dania Sakti Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan kedua, Mei 2021 Tebal : 224 halaman ISBN : 9786020651927 Genre : Novel Fantasi - Jepang Rating : 4/5 bintang Harga Buku : Rp 70.000 Baca via Gramedia Digital Beli buku Funiculi Funicula di Gramedia.com

[Resensi Buku] Sang Keris - Panji Sukma

  Sang keris Judul : Sang Keris  Pengarang : Panji Sukma Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Terbit : Cetakan Pertama, 17 Februari 2020  Tebal : 110 halaman Genre : novel sejarah & budaya ISBN : 9786020638560 Rating : 4/5 ⭐ Harga buku : Rp 65.000 Baca ebook di aplikasi Gramedia Digital ❤️❤️❤️