22 September 2020

[Resensi Buku] Diet Kenyang dengan Cooking Hypnotherapy by Dewi Hughes

 


Judul Buku : Diet Kenyang dengan Cooking Hypnotherapy

Penulis : Dewi Hughes, S.Pd., M.Si, CHt, CI

Penerbit : Grasindo

Terbit : Cetakan Pertama, 2017

Tebal : 80 halaman

ISBN : 978-602-375-870-8

Genre : Buku Kesehatan (Diet & Health)

Rating : 4/5 bintang

Baca via Gramedia Digital

 

 

Blurb Buku Diet Kenyang dengan Cooking Hypnotherapy :

Untuk kesekian kalinya dalam setahun, saya harus disuntik pain killer oleh dokter karena sakit pinggang yang membuat saya hampir lumpuh. Setelah disuntik, saya biasanya melenggang ringan keluar dari ruang praktik dokter sambil tersenyum lebar. Tapi kali ini, hal itu tidak terjadi! Saya tidak merasakan perubahan sama sekali, padahal obat yang harus diminum sudah ditambah.

Lalu, dari mana saya harus memulai?

#DietKenyang dengan Cooking Hypnotherapy ini ukan membahas masalah makan. Ini bukan hanya sebuah diet untuk tubuh. Tak kalah penting, pikiran juga harus diberi nutrisi dan dikuatkan dengan ilmu hypnotherapy. Diet menjadi jauh lebih ringan dan mudah ketika kita sudah mampu mengelola pikiran.

Saya sudah membuktikan keterampilan menanamkan sugesti melalui hypnotherapy dan telah berhasil memberi ‘big change to my life’. Mengubah dengan cara yang ringan, dan menyenangkan. Dalam sekejap, saya menjadi sehat dan bahagia. Langsing itu... bonus!

 

Resensi Buku Diet Kenyang dengan Cooking Hypnotherapy :

Dewi Hughes , siapa yang tak kenal perempuan bertalenta yang satu ini? Kalau kamu dulu termasuk anak generasi 90 an yang sering nonton acara talkshow televisi, kamu pasti sudah familiar dengan wajahnya ya. Karena dulu mba Hughes sering menjadi presenter talkshow di televisi. 


Dewi Hughes mengalami perubahan yang signifikan pada bentuk tubuhnya sejak menjalani diet. Diet kenyang Dewi Hughes yang dilakukannya bukan diet asal-asalan, melainkan diet dengan hypnotherapy. Kamu bisa menonton video youtube Diet Kenyang Dewi Hughes episode 1 sampai episode sekarang. Banyak tips diet kenyang yang dibagikan dalam video youtube Dewi Hughes.

 

Diet kenyang dengan cooking hypnotherapy ini membuat tubuhnya menjadi lebih langsing. Saat diet pertama kali, Dewi Hughes memiliki berat badan 150 kg. Sejak diet, ia mengalami penurunan berat badan hingga 75 kg. Wow, drastis banget ya?

 

Saat itu, Dewi Hughes mengalami fase penurunan berat badan sebanyak beberapa kali hingga sampai di berat badan sekarang. Mbak Hughes, tinggal dalam lingkungan yang tidak membuatnya berkecil hati karena berat badannya dan bentuk badannya yang besar. Ia tumbuh menjadi perempuan yang percaya diri dengan berat badannya saat itu, dan bahkan membuat motto ‘Big is Beautifull’.

 

“Pada saat itu, saya merasa bobot 150 kg itu identik dengan ‘Big is Beautiful’. Saya bebas makan apa saja dan kapan saja. Sungguh-sugguh bebas... Tanpa hambatan dan aturan. Saya merasa pikiran yng bahagia cukup untuk memelihara kesehatan saya. Namun, tanpa disadari, berat badan saya terus naik seperti tidak bisa dibendung.” (hlm. 2)

 

Keputusannya untuk diet sebetulnya disebabkan karena penyakit syaraf terjepit yang dideritanya. Ia harus minum obat pain killer saat sakitnya kambuh. Namun ibarat obat yang hanya meredakan, penyakit itu akan terus muncul jika penyebabnya tidak diobati. Itu sebabnya, saat itu mbak Hughes merasa sudah waktunya untuk diet agar penyakit perlahan menghilang. Tapi diet seperti apa yang akan membuat dietnya sukses dan berhasil?

 

“Pada awal tahun 2016, saya memutuskan untuk berhenti bersikap masa bodoh. Dan, saya berhasil! Perlahan tapi pasti, berat badan saya turun 10 kg dan semua sakit hilang tanpa obat apa pun.” (hlm. 3)

 

Dewi Hughes pun membuat diet yang asyik dan menyenangkan yaitu diet kenyang dengan cooking hypnotherapy. Mba Hughes dulu pernah belajar hypnotherapy, namun ia baru sadar mengapa ilmunya tidak digunakan untuk kepentingan pribadinya? Diet dengan hynotherapy baru pertama kali dilakukannya. Ia teringat dengan mamanya yang rutin membuat makanan dengan lezat. Lalu, ia terigat bagaimana jika ia menggunakan sugesti pada makanan yang dimasaknya. Dengan membaca doa dan sugesti positif pada makanan yang diolahnya sendiri, ia berusaha untuk mengubah pola makannya juga.

 

Hughes yang dulunya hobi makan, kini berubah menjadi tetap makan, namun kenyang dan menyenangkan. Makanan diet yang dikonsuminya adalah makanan dengan kategori real food atau makanan yang tumbuh dari bumi pertiwi, disinari matahari, dan tanpa olahan. Makanan itu bisa berupa sayur dan buah. Jika pun makan daging dalam porsi yang lebih sedikit.

 

Hughes menyukai makanan yang dimakan dalam kondisi segar, misalnya sayuran yang bisa dijadikan salad, pecel, gado-gado, maupun lalapan. Dengan mengonsumi makanan yang minim proses pengolahan, ia bisa mendapatkan enzom dan kandungan nutrisi terbaik dari makanan itu. Jadi, selain sehat dan mengenyangkan, juga bikin kulit lebih glowing lho. Karena tubuhnya mengalami regenerasi sell dengan baik, sebab makanan yang diolahnya adalah makanan kategori real food.


Dewi Hughes Diet Kenyang


 

Selain itu, Hughes juga rutin minum air putih dan air kelapa hijau untuk detoxsifikasi. Ia juga memberi sugesti pada air yang diminumnya setelah ia bangun tidur. Air putih maupun air kelapa hijau yang dikonsumsinya akan menetralisir kondisi tubuhnya sebelum beraktivitas di pagi hari. Hughes selalu meminum air itu dengan perlahan dan minful. Sembari berbisik pada diri sendiri, “Tuhan, terima kasih untuk air sejuk, bersih, dan menyehatkan ini. May the universe always be happy and peaceful. May I always be happy and well.”

 

“Semakin banyak air putih yang saya minum, maka semakin banyak hadiah kesehatan dan kebahagiaan yang saya terima. This is my morning joy. Saya telah berhasil mencintai diri saya sendiri pagi ini. Saya juga telah berhasil menghargai kehidupan yang diberikan-Nya kepada saya dengan tanggung jawab dan welas asih.” (hlm. 10)

 

Bagi Hughes menjaga kesehatan adalah prioritasnya. Itu sebabnya, saat tubuh mengirim sinyal seperti sakit flu, atau rasa tak nyaman di tenggorokan, ia rutin membuat minuman smoothies untuk memberikan vitamin bagi tubuhnya.

Pentingnya belajar pengelolaan pikiran dengan hypnotherapy ini agar ia tidak konsumsi makanan secara sembarangan lagi. Misalnya konsumsi junkfood yang jelas tidak bermanfaat bagi tubuhnya. Jadi, action, talk dan thinknya harus selaras. Jangan bilangnya pengin diet dan makan sehat tapi malah makan junkfood. Kan nggak nyambung, toh? :P

Ada mantra hypotherapy yang Hughes bubuhkan pada buah dan sayuran yang dijus. Ia memberi untaian doa cinta kasih pada air sehingga tubuh akan meresponnya dengan memberikan kesehatan pada tubuh kita.

Selain mengonsumsi real food, Hughes juga rutin melakukan hypnotherapy pada tubuhnya. Ia meracik makanan sembari membaca doa untuk kesehatan dan kesembuhan sakitnya saat itu. Ia juga rutin melakukan perenungan hidup, semacam silent moment atau kalau kita sebut dengan meditasi. Saat tubuh, pikiran, dan perasaan menyatu, saat itu ia bisa bersahabat dengan tubuh dan pikirannya sendiri. Saat merasakan sel-sel dalam tubuhnya di sesi silent moment, Hughes bisa merasakan efek mindfulness. Apa itu? Ia menjaga tubuhnya agar tetap selaras dengan keinginannya yaitu hidup sehat tanpa sakit lagi.

 

“Ubahlah cara Anda berpikir (think clean). Ucapkanlah doa dan kata-kata yang baik (say clean), bertemanlah ddan hiduplah dengan orang-orang yang mempunyai positive attitude (hear clean). Listen to your body, talk to your body. Tanyakan apa yang tubuh butuhkan. Tarik napas dalam-dalam. Mintalah pertolongan Tuhan dan tetapkan niat. Katakan, “Just like the lillte lotus. Saya mau menolong diri saya sendiri. Saya mau memulai hidup sehat sekarang! Bukan mulai Senin depan! Langsing itu bonus!” (hlm. 36)

 

Dewi hughes sesi workshop diet kenyang


Buat kamu yang penasaran seperti apa kalimat hypnotherapy untuk diet yang bisa digunakan dalam sesi cooking hypnotherapy, kamu bisa baca di buku Diet Kenyang ini ya! Hughes juga sudah menuliskan berbagai resep smoothies maupun olahan sayuran dan buah yang bisa kamu konsumsi dan olah dengan mudah. Tanpa perlu dimasak dengan heboh seperti menggunakan tepung ataupun bahan makanan lainnya. Ini memudahkan kita untuk bisa tetap mengonsumsi realfood agar tubuh dapat menyerap enzim dan vitamin dari makanan tersebut.

Jujur, dari semua resep yang diberikan Hughes, saya paling suka dengan resep Honesty yaitu resep bubur kacang hijau tanpa gula. Rasanya sama enaknya dengan yang dijual abang-abang. Apa saja bahan untuk resepnya?

Resep Bubur kacang hijau untuk diet :

Bahan :

Kacang hijau direbus setengah matang, buang airnya. (3 sdm)

Jahe (2 cm)

Nanas madu (1 buah)

Jeruk peras (10 buah)

Cara membuat : masukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan. Asukkan ke dalam gelas dan siap untuk disajikan.

Porsi : 250 ml

 

Nah, asyik kan menu makanan untuk dietnya. So, selamat mencoba ya! Kalau kamu gimana? Sudah baca buku #DietKenyang dengan Cooking Hypnotherapy ala Dewi Hughes ini? Atau sudah pernah atau pengin diet tapi metode dan cara diet itu belum berhasil? Share dong di komentar. See you next post ya!

 


Ucapan Sugesti Dewi Hughes untuk sesi Diet Kenyang dengan Cooking Hypnotherapy :

“Terima kasih untuk morning joy ini. Saya mengantarkan kebaikan dari zat hijau daun ke dalam tubuh saya. Semoga saya selalu sehat dan bahagia.”

“I change the way I look at myself. Saya adalah prioritas utama. Saya harus mulai dari diri saya sendii. I love myself.” (hlm. 13)

“Saya memasak dengan hati gembira dan syukur yang banyak.” (hlm. 15)

“Oh, dear God, Thank you. I’am celebrating my life now!” (hlm. 17)

“Saya mampu mengella pikiran, perasaan dan tubuh saya supaya kompak menuju ke satu tujuan : hidup sehat dan langsing sebagai bonusnya.” (hlm. 19)

“Yes, my darling... mengalirkah ke dalam tubuhku. Jadikan aku sehat dan langsing.” (hlm. 23)

“Enjoy forgiving, letakkan kecemasa, nikmati forgiveess, sayur urap kesenangan saya. Saya sehat, saya bahagia, saya langsing.” (hlm. 31)

 

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^