30 September 2020

[Resensi Buku Anak] First Space Book (Buku Pertamaku Antariksa) by Clive Gifford

 

antariksa kids book literature

Judul Buku : First Space Book – Buku Pertamaku : Antariksa

Pengarang : Clive Gifford

Ilustrasi : Tony Neal dan Genie Espinosa

Penerjemah : Jimmy Simanungkalit

Penerbit : Gramedia

Terbit : Cetakan pertama, 2020

Tebal : 50 halaman

Genre : Buku Anak (Usia 8-12 tahun)

ISBN : 978-602-06-4206-2

Rating : 5 bintang

Baca dan Download Ebook di Gramedia Digital

 

 

Sinopsis Buku Pertamaku Antariksa :
 

Mulailah petualangan menjelajahi Tata Surya dan sekitarnya, dan temukan apa saja isi antariksa! Tiap halaman dipenuhi informasi yang menakjubkan. Lihat juga berbagai planet di posternya.

 

Resensi Buku Pertamaku Antariksa :

 

Manusia sudah lama tinggal di bumi sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Namun, tahukah kamu bahwa bumi bukan satu-satunya planet di antariksa ini? Ada banyak benda angkasa yang menempati antariksa, namun  benda-benda angkasa itu bukan seperti bumi yang bisa dihuni, melainkan merupakan benda angkasa yang memiliki ciri-ciri tertentu yang berbeda satu sama lain.

 

Misalnya saja : karakteristik Bulan yang berukuran kecil dan berbatu-batu. Ada juga beberapa bintang yang ratusan kali lebih besar daripada matahari yang dekat dengan bumi kita. Matahari adalah bintang yang paling dekat dengan bumi. Bintang merupakan bola gas yang besar Biasanya suhu bintang sangat panas.

 

Lalu, apakah antariksa itu? Antariksa adalah alam semesta yang berada di luar planet kita yaitu bumi. Antariksa sangat luas dan menurut para ilmuwan, alam semesta sudah sangat tua berumur sekitar 13,8 miliar tahun.

 

Di dalam Antariksa ada benda-benda langit lainnya yaitu galaksi, komet, nebula, dll. Nebula akan melayang-layang di Antariksa. Nebula berukuran jauh lebih besar daripada matahari. Komet terdiri dari es dna debu. Berdesing saat bergerak cepat mengelilingi matahari. Selain itu, galaksi merupakan kumpulan besar bintang. Dan Venus merupakan planet yang paling dekat dengan bumi.

Ada beberapa fakta tentang antariksa dan benda-benda langit lainnya. Jujur, saya baru tahu tentang hal ini lho. Buku ini sangat mudah dipahami oleh anak-anak, apalagi oleh orang dewasa ya. Jadi saya sebagai orang dewasa pun mendapatkan pengetahuan setelah membaca buku Pertamaku Antariksa ini.

Buku Pertamaku Antariksa ini sangat mudah dipahami penjelasannya dengan analogi yang mudah dimengerti. Seperti perbandingan ukuran matahari, bumi dan Jupiter. Pilihan diksi yang digunakan di bumi ini juga termasuk cukup mudah dipahami oleh anak-anak usai sekolah dasar. Buku ini sama sekali nggak mirip buku text sekolah yang bahasanya kaku. Bahasa bukunya enak banget dibaca. Hehe

               

“Jika Matahari sebesar bola basket, maka Bumi sebesar kacang polong, sementara Jupiter sebesar bola pingpong.” (hlm. 9)

“Saat bergerak di antariksa, posisi bumi sedikit miring Kemiringan ini membantu terbentuknya musim.” (hlm. 12)

“Malam turun di bagian bumi yang gelap.” (hlm. 12)

“Siang hari terjadi di bumi yang menghadap matahari.” (hlm. 13)

“Rasi bintang akan tampak berbeda-beda, tergantung dari mana kau melihatnya. Rasi bintang yang dilihat di langit utara akan berbeda dengan rasi bintang yang dilihat di langit selatan.” (hlm. 32)

 

antariksa - buku anak pertamaku antariksa


Ada beberapa peringatan yang dibuat dalam buku ini untuk memudahkan pembaca anak mengetahui hal tersebut. Misalnya:

 

“Sinar matahari menyilaukan dan dapat merusak matamu lho. Jadi jangan pernah menatap langsung matahari meski kau memakai kacamata hitam ya.” (hlm. 11)

“Beberapa jenis sinar matahari berbahaya untuk kulit. Jadi sebaiknya kau memakai krim tabir surya ketika berada di luar ruangan saat terik ya.” (hlm. 10)

“Tekanan atmosfir Venus 90 kali lebih kuat daripada tekanan udara di Bumi. Jadi jika kau berdiri di permukaannya, tubuhmu akan ditekan sampai gepeng.” (hlm. 17)

 

Isi Buku Pertamaku Antariksa ini antara lain : Bab Antariksa amat luas?, Berkenalan dengan tetangga, Serba-serbi Matahari, Bumi planet kita, Bulan batu yang mengorbit Bumi, Planet terdekat dengan Matahari, Misi ke Mars, Ada apa lagi di Antariksa?, Jupiter yang perkasa, Planet terjauh dari Matahari, Super bintang, Ragam Bintang, Galaksi raksasa, Mengamati Bintang, Astronomi memang mengagumkan, Meluncur ke Antariksa Para Penjelajah, Para Astronaut yang luar biasa, Tinggal di Antariksa, dan Misteri di Antariksa. Selain itu ada glosarium di akhir buku dan ada lembaran berisi kuis untuk menguji ingatanmu.

 

Nah, untuk memudahkan anak-anak memahami antariksa, di bumi ini disertai ilustrasi yang menawan, selain itu juga ditulis penjelasan tentang berbagai bentuk benda langit yang ada di antariksa. Nah, di sebelah kanan halaman selalu ada kolom “Aku Bisa…” yang berisi penjelasan dan tugas aktivitas yang bisa dikerjakan anak-anak. Jadi, kolom “Aku Bisa…” ditulis sesuai judul bahasan saat itu. MIsalnya: “Aku Bisa Menemukan Rasi Bintang”, “Aku Bisa Menjadi Astronom”, “Aku Bisa Menjadi Membuat Pendaratan yang Mulus”,”Aku Bisa Bekerja Seperti Astrobaut”, dll . Nah, sudah tahu kan isi buku ini seperti apa? Kamu bisa membaca penjelasannya lebih detail di buku ini ya.

 

“Para astronaut mengenakan pakaian dalam berpendingin- air di bawah baju antariksa! Pipa-pipa air diselipkan di dalam baju antariksa agar suhunya tidak terlalu panas.” (hlm. 41)

“Di dalam stasiun antariksa, gravitasi sangat kecil. Artinya, benda dan astronaut seperti tidak memiliki bobot. Semua benda, mulai dari pena hingga makanan akan melayang-layang jika tidak ditahan.” (hlm. 42)

“Tinggi badan astronaut yang melakukan misi jangka panjang bisa bertambah 5 cm karena ketiadaan gravitasi.” (hlm.42)

 

Overall,  rating dari saya adalah 5 bintang untuk buku Pertamaku Antariksa ini. Buku ini sangat bagus dan bisa dinikmati oleh pembaca anak usia 8-12 tahun. Selain disertai dengan ilustrasi yang bagus juga ada tugasnya. Jadi makin paham ya bagaimana antariksa terbentuk selama ini. Nah, selamat membaca ya! ;)

 

 

No comments:

Post a comment

Silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung ya. ^_^